Resetter Epson L455

Resetter Epson L455 1
Resetter Epson L455

Masuk ke lineup printer Epson seri L berikutnya, disini kita akan mengupas lebih dalam soal resetter Epson L455. Tapi seperti biasa, sebelum masuk ke pembahasan inti, gak ada salahnya kalau kita kenalkan kepada kalian mengenai spesifikasi dan sedikit ulasan review tentang printer yang satu ini.

Dari berbagai jenis L Series yang ditawarkan Epson, model tipe L455 ini termasuk kedalam printer yang memiliki banyak sekali fitur. Dan tidak sedikit yang bilang jika printer berikut merupakan salah satu yang terbaik dijamannya.

Bisa dibilang L455 adalah printer lawas yang dikeluarkan Epson, pertama dirilis tahun 2015, pabrikan sudah membekalinya dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Nah untuk lebih lengkapnya akan kita bedah di bawah ini.

Review Singkat Epson L455

Sabar dulu, sebelum kita singgung inti pembahasan yakni Resetter Epson L455, kita awali terlebih dahulu dengan ulasan printer berikut agar lebih kenal dengan jeroan serta spesifikasinya.

Pertama dimensi ukuran L455 terbilang cukup ergonomis, untuk detailnya 482 x 300 x 145 mm dan beratnya sendiri mencapai 4,5kg.

Seperti yang sudah kita katakan di atas, Epson pertama kali merilisnya pada tahun 2015 silam, dan di tahun itu L455 termasuk jadi salah satu printer yang canggih.

Selain memang memiliki fungsi sebagai printer all in one, tetapi printilan lain yang dapat pengguna rasakan adalah sudah terdapat sambungan wireless dan direct Wifi. Dengan teknologi ini, mereka bisa mengoperasikan perintah tanpa perlu mencolokan kabel distribusi seperti kabel LAN atau USB.

Nah kemampuan perangkat wireless tersebut sanggup menambahkan hingga lebih dari 4 device tanpa sambungan router. Jadi perintah cetak dapat dilakukan lewat jarak jauh, tinggal sambungkan Wifi direct dari PC ke printer, setelah dipastikan terhubung langsung kamu tekan tombol print entah itu untuk mencetak dokumen ataupun foto.

Cara menghubungkannya sangat mudah, tinggal download driver jarak jauh khusus seperti iPrint, Creative Print, Email Print dan masih banyak lainnya. Lewat aplikasi tersebut bahkan perangkat seperti smartphone bisa menjangkaunya. Kurang praktis apa coba?Fitur Layar LCD Depan

Lalu yang sudah bisa dipastikan, perintah dapat mencakup berbagai kebutuhan sebab perannya sebagai printer multifungsi yaitu meliputi scan, copy, print dan wifi. Kecanggihan L455 lainnya bisa dilihat pada bagian panel instrument cluster yang mana sudah dibekali dengan layar tambahan LCD 1.44 inci.

Disamping layar LCD tersebut ternyata sudah disediakan slot untuk memori, fungsinya jelas bisa menjadi shortcut untuk mempermudah dalam mencetak foto dengan langsung.

Bagaimana soal kebutuhan tinta? apakah bisa dikatakan irit? Menurut klaim pabrikan, printer bisa melakukan perintah cetak hingga 4000 lembar monokrom, dan 6500 lembar berwarna dalam satu kali isi. Lebih praktis lagi karena Epson memberikan akses Eco Tank yang posisinya ada di luar bodi, sehingga memungkinkan pengguna dalam refil tinta jadi lebih praktis.

Berikutnya soal spesifikasi perangkat printer, jeroannya sudah disematkan dengan Nozzle Resolusi cetak ukuran tetesan tinta terkecil atau Epson bilang dengan teknologi Micro Piezo, sedangkan resolusinya sendiri bisa mencapai 5760 x 1440 dpi. Bisa dipastikan dengan spesifikasi tersebut, hasil cetak berupa foto akan terlihat lebih tajam dan detail.

Terakhir ada satu poin minus yang menurut admin menjadi kekurangan utama pada seri printer Epson L455 ini. Meski teknologi yang dibekali sudah sangat canggih di jamannya, tetapi eksistensi L455 tidak begitu bagus, kenapa? Itu karena harga jual yang dipatok Epson pada saat itu terbilang kurang reasonable, harga barunya itu dijual di angka Rp 3,7 jutaan dan harga tersebutlah yang membuat orang-orang enggan membelinya.

Resetter Epson L455

Kembali lagi, secanggih-canggihnya printer itu pasti gak akan jauh dari yang namanya error. Ada saatnya ketika sudah mencapai batas waktu yang telah diprogram, printer akan mengalami gejala atau tanda-tanda tidak normal.

Biasanya perangkat akan memberikan sinyal seperti kedipan blinking warna merah setelah itu diikuti dengan pesan notifikasi seperti  “It is nearly time to reset the ink levels“, “It is time to reset the ink levels“, “Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life“, “Ink pad is at the end of its service live” dan lainnya.

Nah permasalahan umum tersebut biasanya kalau tidak Ink Waste Is Full, Service Required atau General Error. Biasanya Penyebab utama ada di bagian cartridge, dimana terdapat tinta yang luber atau kotor, tinta didalam tabung eco tank habis, paper jam dan cetakan sudah mencapai batas maksimal yang diprogram oleh pabrik.Printer Epson L455

Jadi bagi yang belum tahu printer itu seperti memiliki masa life time dari pertama kali beroperasi hingga batas kemampuan printer tersebut dalam mencetak dokumen atau foto. Program tersebut disebut dengan main pad counter, dan tiap printer mempunyai settingan masing-masing, tetapi umumnya sebuah printer memiliki main pad counter 10.000 lembar.

Jika sudah melebihi batas maka printer akan memberikan sinyal untuk melakukan reset. Dan disinilah kamu akan membutuhkan aplikasi resetter Epson L455 digunakan. Jika membutuhkan resetter untuk seri lain, silahkan cek postingan resetter Epson semua seri.

Ada dua metode dalam resetter Epson L455, pertama lewat cara manual dimana pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol yang ada di cluster printernya. Kemudian yang kedua pengguna bisa memakai bantuan aplikasi.

Untuk aplikasinya bernama Epson Adjustment Program, dan dibawah ini kita sudah berikan link yang bisa kamu download software resetter secara gratis.

⬇️ Download Resetter Epson L455

Fitur Resetter Epson L455

Menu Tools Adjustment Setelah di download, ekstrak filenya kemudian jalankan aplikasi bernama AdjProg, di dalamnya akan tersedia 3 fitur utama, untuk fitur pertama yakni Adjustment dimana menu ini terdiri dari beberapa tools perintah seperti berikut.

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Pada fitur Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Kemudian yang terakhir ada menu Appendix, disini terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Cara Reset Epson L455

Lalu bagaimana cara untuk melakukan reset Epson L455 ini ? Tenang saja, kita akan ulas langkah melakukan resetnya juga. Tapi jangan lupa untuk mendownload aplikasi resetter printer Epson L455 melalui link yang sudah disediakan oleh tim Kompiwin di atas.

Berikut adalah langkah-langkah untuk reset Epson L455 secara lengkap.

👉 Klik untuk cara reset Epson L455


Akhir Kata

Diatas kita sudah sediakan ulasan tentang printer Epson L455, setelah itu lanjut ke pembahasan inti yakni resetter Epson L455, bagi yang ingin tahu bagaimana cara reset printer Epson L455 silahkan klik link di atas. Semoga bermanfaat 😃😃😃

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.