Resetter Epson L360

Resetter Epson L360

Printer merupakan sebuah alat atau media yang dapat digunakan untuk mencetak file digital dalam bentuk print out dan alat ini bisa menerima perintah berupa transfer data yang dikirim dari software PC ke sistem di dalam printer.

Berbagai vendor dan produsen telah banyak yang menawarkan jenis-jenis alat cetak elektronik ini, dari mulai merk A sampai B semua tersedia lengkap dengan masing-masing fitur yang mereka unggulkan.

Termasuk salah satunya yaitu Epson. Merk ini cukup terkenal dalam dunia digital printing. Perusahaan telah menawarkan banyak sekali tipe yang beragam dan mereka membagi semua tipe tersebut berdasarkan segmentasi pasar serta kemampuan masing-masing printernya.

Jenis printer yang umum beredar di pasaran yakni seri L, dan seri L ini sendiri tersedia dengan berbagai pilihan tipe. Namun fokus pembahasan kita kali ini khusus untuk printer Epson L360, dengan harga yang cukup terjangkau L360 sudah dibekali dengan fitur yang cukup berlimpah.

Spesifikasi Epson L360

Epson L360 termasuk printer yang multifungsi, pengguna sering mengandalkan printer ini untuk kebutuhan mencetak segala jenis kerja, blangko, glossy dan juga kertas HVS.

L360 telah dibekali dengan fitur all-in-one, karena printer berikut sudah include dengan print, scanner dan copy dalam satu perangkat sekaligus.

Kemudian yang jadi kelebihan dari seri ini adalah sudah memiliki tabung tinta eksternal. Dengan itu memungkinkan kalian untuk melakukan infus secara manual tanpa perlu memodifikasi dengan extend ink tank lagi.

Dan kamu bisa mengisi tank tersebut dengan tinta art, sehingga ketika dibutuhkan dalam mencetak suatu gambar atau sejenis surat undangan, tinta tersebut memiliki karakter yang susah luntur.Printer Epson L360

Kualitas Epson L360 juga terkenal sangat tajam, ditambah dengan harganya yang lumayan terjangkau…gak heran kenapa banyak pelaku usaha diluar sana yang suka merekomendasikan printer seri ini.

Tetapi namanya juga penilaian seseorang, dimana ada kelebihan pasti disitu ada kekurangannya juga. Dan printer ini memiliki kekurangan yang pertama yaitu dalam fungsi copy, kemampuan dari L360 hanya dapat mencetak sebanyak 20 copy dalam 1 kali perintah.

Belum mengandalkan teknologi wireless printing, dan koneksi antar device ke komputer masih dihubungkan dengan USB biasa.

Meski memiliki karakter yang jelas dan tajam, tetapi kekurangan dari Epson L360 adalah kecepatan print untuk warna hitam putih itu lebih lambat. Dan terakhir alat scannernya maksimal hanya muat untuk kapasitas ukuran kertas A4.

Resetter Epson L360

Tidak selamanya printer dapat berfungsi dengan mulus, kemarin kita sempat menyinggung soal Resetter Epson yang mana kita disana telah menjelaskan jika suatu printer itu memiliki masa pakai yang setiap mencapai kapasitas tersebut maka program memerintahkan untuk melakukan reset.

Untuk seri Epson L360 ini permasalahan yang sering muncul adalah yang pertama hasil cetakan bergaris, kondisi ini menandakan jika printer minta untuk di cleaning.

Lalu hasil print tidak keluar tinta alias kosong, kasus tersebut disebabkan karena tinta kering yang menyebabkan catridge tertutup oleh tinta tersebut.Printer Epon L360 Tampak Depan

Kemudian printer dalam kondisi ready namun tidak dapat melakukan perintah print, hal ini dapat disebabkan karena kabel yang kendor atau bisa juga karena malware yang menyerang aplikasi printer Epson L360.

Dan yang terakhir indikator printer berkedip merah, kondisi seperti inilah yang mengharuskan pengguna melakukan treatment Resetter Epson L360.

Fungsi reset berikut bertujuan untuk mengembalikan sistem chip yang ada di printer kembali normal dengan program yang sudah kita atur lewat aplikasi di dalam PC.

Aplikasi Resetter Epson L360 bernama Epson Adjustment Program, nanti kamu bisa download aplikasi tersebut lewat link yang kita berikan dibawah ini.

⬇️ Download Resetter L360

Fitur Resetter Epson L360

Di dalam aplikasinya pengguna bisa mengatur jenis printer yang akan diperbaiki. Setelah jenis print di setting, tekan tombol bernama Particular adjustment mode untuk membuka semua tipe perbaikan.Menu Tools Adjustment

Nanti akan terbuka beberapa pilihan yang terbagi dengan 3 menu, pertama ada menu Adjustment. Di dalam menu ini tersedia untuk melakukan perintah perbaikan :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Dalam menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Sedangkan untuk menu yang terakhir yakni Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Kenali tanda-tanda Resetter Epson L360 harus dilakukan, yang pertama counter pad printer sudah mulai tinggi, biasanya sudah digunakan untuk mencetak 4000 keras lebih, maka printer tidak bisa digunakan sementara dan memunculkan sinyal error untuk mengantisipasi tinta tidak luber.

Sinyal error ini berupa lampu indikator merah yang berkedip beberapa kali, kemudian jika printer kamu colokkan ke laptop maka akan memunculkan notifikasi pesan “Ink pad is at the end of its service live”, “Its is nearly time to reset the ink levels”, “ink waste is full”, “it is time to reset the ink levels” dan “Service required”.

Meski kamu paksa untuk melakukan perintah print, tetap saja ujung-ujungnya sistem akan memberikan sinyal kepada user dan tidak mau melakukan perintah print tersebut.

Jika pesan di atas terjadi di printer Epson L360 kamu, langkah yang tepat dalam mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan resetter Epson L360. Untuk menekan biaya tanpa perlu kamu bawa ke tukang service, mengatasi masalah seperti ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah.

Download saja Resetter Epson L360, setelah berhasil kamu bisa ekstrak file hasil download tersebut dan buka aplikasi Epson Adjustment Program.

Cara Reset Epson L360

Jika aplikasi resetter Epson L360 diatas sudah kamu download. Kamu tinggal klik link di bawah ini untuk mengikuti cara reset Epson L360.

👉 Klik untuk cara reset Epson L360


Akhir Kata

Diatas kita sudah jelaskan banyak hal, yang pertama tentang ulasan singkat seputar Epson L360. Di Dalam ulasan tersebut juga kita jelaskan kelebihan serta kekurangan pemakaian printer ini.

Selanjutnya kekurangan printer Epson L360 sering muncul dikarenakan masalah ink waste is full. Solusinya silahkan simak cara resetter Epson L360 diatas.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.