Resetter Epson L3110

Resetter Epson L3110 1
Resetter Epson L3110

Berikutnya salah satu list yang kita hadirkan dalam ulasan artikel Resetter Epson lalu yakni seri L3110. Disini kita akan berikan ulasan yang mendalam dan spesifik tentang Resetter Epson L3110, selain mengupas hal tersebut kita juga akan sedikit mendalami tentang spesifikasi serta fitur dari printer ini.

Epson dikenal banyak orang sebagai perusahaan yang memproduksi alat cetak elektronik, dari berbagai jenis seri dan fungsi kebutuhannya. Ada banyak jenis seri yang dikeluarkan, untuk kelas midd-entry sudah disediakan yang namanya L Series.

Jenisnya macam-macam, kalau kamu cari printer yang hanya memiliki fungsi tunggal jelas ada, bahkan untuk printer yang berkemampuan all in one juga banyak.

Salah satunya yakni L3110. Printer jenis ini sudah dibekali dengan alat scan dan copy, untuk fitur lainnya, Epson telah menyediakan Eco Tank yang ada di sebelah body printer, tabung tinta eksternal itu memudahkan pengguna dalam melakukan pengisian secara refil.

Nah, untuk ulasan lengkapnya akan kita sajikan dibawah ini.

Review Singkat Epson L3110

Seperti yang sudah kita katakan di atas, Epson L3110 itu merupakan printer yang memiliki fungsi all in one. Model ini sebenarnya termasuk model baru pengganti dari suksesor sebelumnya Epson L360.

Kebutuhan dalam bidang cetak, scan dan memperbanyak lembar copy menggunakan printer ini akan sangat dilakukan dengan mudah. Karena di dalam L3110 terdapat fungsi yang jadi fitur utamanya yakni alat scan dan copy.

Epson menggunakan teknologi sensor 600 dpi x 1200 dpi pada alat inject tinta nya untuk menghasilkan gambar, foto atau tulisan yang sangat tajam.

Kecepatan dalam mengcopy suatu lembar itu hanya membutuhkan waktu yang singkat dan dari segi kecepatan lainnya printer ini sudah lebih improve dari model L360 sebelumnya, dimana kecepatan cetak warna bisa dilakukan 15 ppm.Fungsi Printer L3110

Layaknya seri L lainnya, disini pemilik akan mendapatkan tank eksternal di sisi samping printer. Dengan penggunaan tank ini tinta dijamin lebih aman dan praktis dalam pengisian ulang, sehingga tidak perlu repot pakai metode lama seperti suntik atau pasang cartridge baru.

Berdasarkan klaim yang diberikan oleh Epson, seri 3110 mampu mencetak hingga 4500 halaman dengan tinta hitam. Sedangkan kombinasi tinta warna dapat menghabiskan dokumen hingga 6500 halaman.

Diatas kita sudah sedikit singgung soal kecepatan printer L3110 dalam kebutuhan mencetak, untuk lebih detailnya kemampuan kecepatan cetak tersebut ternyata dibantu dengan teknologi bernama Micro Piezo. Alat ini bisa memungkinkan printer untuk mencetak kecepatan print 33 galam per menit untuk jenis tinta putih, sedangkan kecepatan tinta warna bisa menghasilkan kurang lebih 15 halaman per menit.

Bagi yang bertanya seberapa besar kapasitas dimensi bodi dari L3110, ternyata printer ini bisa dikatakan cukup ergonomis. Ukuran asli memiliki dimensi 22.2 cm x 47.2 cm x 13 cm, sedangkan beratnya mencapai 2.7 kg. Kalau ditaruh di meja kerja atau meja belajar, ukuran printer L3110 masih muat kok.

Setelah bahas kelebihan diatas, berikutnya kita singgung soal kekurangannya. Berdasarkan ulasan dari para pemakai L3110, printer ini memiliki permasalahan yang cukup sering terjadi yakni paper jam. Kondisi ini membuat printer tidak dapat menarik kertas dengan baik meskipun kondisi komponen internal baik-baik saja.

Lalu gear penarik kertas di dalam jeroan printer mudah rusak, artinya komponen di dalam printer L3110 cukup lemah untuk kebutuhan cetak yang sangat banyak.

Resetter Epson L3110Tampilan Epson L3110

Kelemahan diatas belum termasuk problem error seperti printer muncul warning indikator lampu merah, lalu chip program mengirimkan notifikasi ke layar PC atau laptop berisikan pesan jika printer sedang tidak dalam baik-baik saja.

Ada banyak jenis kerusakan yang umum terjadi di dalam sebuah printer, dan Resetter Epson L3110 termasuk ke dalam salah satunya. Berikut macam-macam jenis kerusakan di dalam printer Epson yang lazim ditemui :

  1. Main Board

Kerusakan paling parah ketika menyerang komponen printer yakni bagian mainboardnya. Bisa dibilang bagian ini merupakan bagian yang paling krusial sebab memiliki peran penting dalam mengatur semua perintah dan kerja setiap komponen. Jika terjadi kerusakan harganya juga tidak murah.

  1. Head and Cartridge

Pada bagian ini kerusakan yang ditimbulkan bisa seperti hasil cetakan yang bergaris-garis, bahkan ada beberapa kasus yang tintanya tidak keluar sama sekali. Nantinya printer akan memberikan sinyal kedipan merah dan notifikasi pesan.

  1. Roller Kertas

Setiap printer memiliki rol untuk menarik kertas, permasalahan umum yang terjadi adalah jika pemakaian sudah lama, sering kali roller mengalami penipisan dan mulai kehilangan daya cengkram untuk menarik kertas. Alhasil lembar kertas akan sulit masuk ke dalam printer.

  1. Ink Run Out Error

Berkaitan dengan pembahasan Resetter Epson L3110 kali ini, error tersebut dapat disebabkan oleh poin keempat Ink Run Out Error. Printer seakan memiliki siklus rutin yang sudah terprogram dari pusat, dimana ketika pemakaian berdasarkan pengaturan berapa jumlah tinta yang harus dikeluarkan atau sudah terpakai, printer dengan sendiri akan memerintahkan untuk di reset. Biasanya printer sudah digunakan untuk mencetak lebih dari 10.000 lembar.

Untuk mengatasi persoalan nomor 4 diatas, metode yang dapat digunakan yakni Resetter Epson L3110 alias printer minta untuk di reset. Dalam metodenya ada dua pilihan untuk mengatasi persoalan ini, pertama dengan cara manual dan kedua lewat perantara aplikasi di dalam PC.

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi bernama Epson Adjustment Program yang kamu bisa download di bawah ini untuk kemudian melakukan perintah program lewat tools bernama Waste ink counter pad.

โฌ‡๏ธ Download Resetter L110

Fitur Resetter Epson L3110

Menu Tools Adjustment Epson Adjustment Program sendiri memiliki beberapa menu tools, pertama ada menu Adjustment yang berisi program :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Lalu pada bagian menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Dan yang terakhir yakni menu Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Cara Reset Epson L3110

Apabila kamu sudah download resetter Epson L3110, sekarang untuk langkah-langkah melakukan reset. Silahkan ikuti cara reset Epson L3110 di bawah ini :

๐Ÿ‘‰ Klik untuk cara reset Epson L3110


Akhir Kata

Sudah banyak informasi yang kita sajikan diatas, beberapa diantaranya yakni review singkat soal printer Epson L3110, kemudian beragam jenis program error yang umum terjadi di dalam printer ini, dan terakhir program resetter Epson L3110. Silahkan klik untuk cara reset Epson L3110. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.