Resetter Epson L210

Resetter Epson L210 1
Resetter Epson L210

Seri printer L tidak berhenti sampai disitu, lineup resetter Epson yang akan kita bahas berikutnya adalah resetter Epson L210. Alat ini didesain untuk menunjang segala kebutuhan yang multifungsi, sehingga peran Epson L210 dinilai lebih praktis dan efisien.

Nah sebelum kita masuk ke pembahasan inti, tidak ada salahnya kalau kita kenali dulu jeroan atau spesifikasi dari Epson L210 lebih dalam, agar pembahasan lebih banyak manfaatnya.

Mungkin siapa tahu diantara kalian ada yang ingin tertarik membeli tipe printer ini, dan ingin mempertimbangkan berdasarkan spek serta harganya, berikut akan kami ulas dalam segmen review Epson L210.

Untuk lebih detailnya, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Review Singkat Printer Epson L210

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Epson merupakan perusahaan perangkat hardware terkenal yang eksis karena produknya di kelas printer. Mereka telah menawarkan puluhan tipe printer berdasarkan kemampuan, spesifikasi dan permintaan pasar.

Saking banyaknya tipe yang sudah Epson keluarkan, dan agar lebih gampang dalam penggolongan segmentasinya, maka dari itu Epson juga punya model lineup yang beragam. Dan kelas yang bisa dibilang midd-entry ini sangat cocok digunakan oleh banyak orang karena yang pertama selain harganya ergonomis, fitur dan kemampuannya sudah terbilang sangat OK.

Bahkan ada satu tipe model printer yang menjadi top of the line dari seri L yaitu Epson L1800, dimana printer ini memiliki kemampuan cetak yang maksimal sampai-sampai bisa digunakan untuk mencetak sablon kaos loh.Epson L210

Nah kembali ke pembahasan kita tentang review Epson L210, dimana printer ini juga sudah dibekali dengan fitur yang lengkap, karena fungsinya sebagai alat cetak all in one, maka artinya Epson L210 sudah tersedia yang namanya alat scan dan copy.

Dinilai dari bentuk desain bodinya, ukuran printer berikut juga tidak begitu intimidatif. Bisa dibilang ukurannya justru sangat compact dengan detail dimensi 472 x 300 x 145 mm. Sedangkan untuk bobot, bisa dibilang cukup wajar untuk sekelas printer all in one, dimana Epson mengakali jika L210 mempunya berat bodi mencapai 4.4 kg.

Tenang saja ukuran tersebut masih masuk kedalam meja kantor atau meja belajar kamu kok.

Potensi lainnya yang bisa dikeluarkan oleh Epson L210 yaitu memiliki kecepatan cetak handal. Berdasarkan spesifikasinya, perangkat dapat memproduksi 27 lembar per menit untuk mencetak dokumen biasa, sedangkan untuk kebutuhan mencetak foto membutuhkan waktu 69 detik per foto.

Soal ketajaman kualitas cetak sudah jangan diragukan lagi, karena Epson membekalinya dengan resolusi yang cukup besar yaitu 5760 x 1440 dpi, dan sudah didukung dengan teknologi bi-directional printing serta unidirectional printing.

Untuk kertas yang bisa dicetak yaitu memiliki ukuran maksimal 8.5 x 44 inci (lebar x tinggi).

Bagaimana dengan kemampuan scannya? Sama seperti seri L lainnya, disini kamu akan mendapatkan scanner jenis flatbed color image scanner dengan tipe sensor CIS, resolusi yang bisa dihasilkan alat scan tersebut mencapai 600 x 1200 dpi. Sedangkan alat scan mampu menampung kertas berukuran maksimal 216 x 297 mm.

Masih seputar fitur scan, diman salah fungsi alat ini juga dapat digunakan untuk fotocopy. Pengguna bisa mengandalkan fitur copy baik itu tinta warna atau hitam putih. Untu kecepatannya bisa mencapai 5 detik per halaman, itu khusus warna hitam putih. Sedangkan copy warna bisa menyalin halaman selama 10 detik.

Suatu penilaian jika disitu ada kelebihan pasti ada juga kekurangan, dan printer berikut memiliki beberapa poin kekurangan yang jadi nilai minus untuk Epson L210. Yang pertama kualitas cetak printer kurang begitu maksimal, di kisaran harga Rp 1,2 jutaan pembeli akan dihadapkan dengan beberapa kompetitornya yang memiliki kemampuan lebih unggul.

Lalu perawatan printer ini ternyata cukup ribet. Bahkan ada yang bilang sampai mengikuti buku panduan pun masih belum bisa memperbaiki masalahnya.

Resetter Epson L210

Jika kamu membaca ulasan resetter Epson kita yang lainnya, hampir disetiap pembahasan kita selalu katakan jika seri printer L ini akan sering-sering menemui kendala error seperti indikator tiba-tiba blinking merah dan printer memberikan pesan notifikasi di layar PC.

Jangan kaget, sebenarnya kegiatan seperti itu sudah sangat umum kita temui di kelas Epson L Series. Kurang lebih ada 3 faktor penyebab utama kenapa printer dapat mengalami kondisi seperti ini, yang pertama itu karena Ink Run Out Error, End OF Service Life/Ink Absorber Is Full dan General Error.Pengisian Eco Tank Epson L210

Nah Ink Run Out Error itu disebabkan karena printer tidak dapat mendeteksi tinta didalam cartridge, padahal fakta yang sebenarnya tinta di dalam cartridge masih dalam kondisi normal. Ini bukan berarti ada kerusakan pada sensor, tetapi printer memang memiliki program yang jika sudah saatnya main pad counter itu mencapai batas maksimal cetak, maka printer akan memunculkan indikator error dan minta untuk di reset.

Dan Ink Absorber Is Full dapat dikarenakan tempat pembuangan tinta sisa print itu penuh, biasanya ada model printer yang menggunakan penampungan seperti busa berdaya serap tinggi. Jika sudah penuh dan maksimal silahkan diganti.

Tetapi ada juga yang menggunakan tank pembuangan eksternal, dan model tank inilah yang suka bikin sistem gagal membaca sampai-sampai muncul indikator error.

Dan terakhir yaitu General Error, dimana penyebab permasalahan ini bisa karena komponen yang rusak, dan rata-rata komponen yang diserang merupakan komponen utama, seperti motherboard, sensor dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal diatas bisa dengan cara resetter, dan resetter Epson L210 itu ada dua pilihan. Pengguna bisa menggunakan metode reset manual dan yang berikutnya bisa menggunakan bantuan aplikasi.

Untuk aplikasi yang digunakan bernama Epson Adjustment Program. Silahkan download link dibawah ini.

⬇️ Download resetter Epson L210

Fitur Menu di Resetter Epson L210

Menu Tools AdjustmentNantinya kamu akan mendapat beberapa menu dan tools lengkap sebagai alat untuk repair segala permasalahan pada printer Epson kamu. Pertama ada menu Adjustment, disini terdapat tools :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Lalu di menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti berikut :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Dan yang terakhir yakni menu Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Cara Reset Epson L210

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk melakukan reset Epson L210 ? Untuk reset printer Epson seri tersebut, kamu dapat melakukannya secara manual atau menggunakan resetter. Silahkan kamu klik tombol di bawah ini untuk mengetahuinya :

👉 Klik untuk cara reset Epson L210


Akhir Kata

Diatas kita sudah berikan sedikit ulasan tentang printer Epson L210, dan dibawahnya diikuti dengan pembahasan utama yakni resetter epson L210 lengkap dengan faktor-faktor penyebab munculnya error.

Jika kamu ingin tahu lebih dalam cara reset Epson L210, silahkan klik link yang sudah disediakan untuk panduan lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.