Resetter Epson L110

Resetter Epson L110 7
Resetter Epson L110

Melanjutkan ulasan artikel tentang resetter Epson kemarin, kali ini fokus pembahasan kita lebih mengarah ke model printer Epson L110.

[toc]

Tipe ini merupakan tipe baru untuk seri L, dan L110 merupakan wujud model dari suksesor generasi sebelumnya yakni Epson L100.

Sebelum kita mengupas lebih dalam soal Resetter Epson L110, gak ada salahnya jika kita sedikit menyinggung soal jeroan dari printer ini.

Dari kelas entry, ternyata Epson L110 dikenal sebagai printer yang cukup handal dalam melakukan tugasnya.

Pertama, kemampuan printer dalam mencetak sangat baik dan cepat, selain itu kualitas dari seri L110 juga diklaim cukup reliable.

Simak penjelasan dibawah ini untuk melihat ulasan lengkapnya.

Review Printer Epson L110

Epson telah melahirkan banyak jenis printer yang beredar di pasaran saat ini. Mereka menggolongkan produknya tersebut sesuai dengan segmentasi pasar dan kebutuhan berdasarkan kemampuan printernya masing-masing.

Namun, umumnya printer kelas midd-entry yang cukup terkenal di pasaran yakni seri L.

Pada model ini banyak terlahir jenis printer yang beragam, masing-masing dibedakan berdasarkan fungsi dan kemampuan setiap tipe.

Untuk jenis atau seri Epson L110 yang kita bahas berikut, termasuk salah satu printer kelas entry.

Dari jajaran lineup lainnya, seri ini tergolong termasuk kedalam model printer baru, posisinya menggantikan suksesor sebelumnya yakni Epson L100.Printer Epson L110

Sama-sama memiliki desain yang compact, L110 dikemas dalam bentuk bodi yang ramping dan tidak begitu memakan ruang.

Maka dari itu banyak pekerja kantoran atau pengguna rumahan memilih jenis printer ini karena tidak begitu ribet.

Nah kalau ngomongin soal fitur antara L100 dengan L110 ini sebenarnya hampir sama, Epson hanya sedikit melakukan sentuhan dalam mengupdate kualitas dari segi cetakan. Sehingga L110 jauh memiliki hasil print out yang tajam dan bagus.

Kecepatan dalam mencetak juga sangat baik, Epson sendiri mengklaim untuk mencetak 15 halaman plain paper berwarna hanya membutuhkan 1 menit.

Sedangkan untuk mencetak foto dalam mode Epson Premium Glossy hanya memakan waktu 69 second per 10×15 cm photo.

Bagi yang bertanya apakah L110 ada fitur scanner? Sayang banget kamu hanya mendapatkan basis printer only.

Artinya tidak ada scan, alat copy namun hanya tersedia alat cetak print saja.

Satu fitur yang diunggul-unggulkan dari Epson L110 adalah, sudah dibekali dengan Energy Star Qualified, efeknya hasil daya yang dihasilkan jauh lebih hemat dan membuat kebutuhan cetak jadi efisien.

Selain kelebihan pasti ada kekurangan, pertama printer ini belum didukung dengan fitur all in one, kemampuannya hanya sebatas perintah print tidak untuk scan atau copy.

Hanya tersedia 4 jenis warna tinta saja, sehingga kurang begitu kaya dalam pencampuran warna, lalu belum dilengkapi dengan teknologi koneksi wireless.

Resetter Epson L110Tampilan Printer L110

Sama seperti jenis printer Epson lainnya, jika suatu ketika alat cetak ini sudah melebihi masa penggunaan dari standar jumlah maksimal kertas yang di print, ada kalanya printer minta untuk di treat agar fungsi di dalamnya kembali tereset dan pulih lagi.

Namanya juga buatan manusia, tentu perangkat seperti printer ini tidak luput dari kendala atau sistem error.

Kegagalan fungsi yang terjadi di dalam printer Epson dapat disebabkan oleh program software internal, faktor-faktor kerusakan pada komponen printer, dan bisa karena pemakaian.

Munculnya gejala error di dalam printer itu biasanya ditandai dengan lampu indikator yang berkedip merah beberapa kali.

Kemudian software memerintahkan untuk mengirim pesan dalam bentuk notifikasi popup di layar PC atau komputer kamu.

Pesan tersebut bertuliskan “Ink pad is at the end of its service live“, “Ink waste is full“, “Service required“, “it is nearly time to reset the ink levels“, “it is time to reset the ink levels” dan masih ada beberapa pesan error lainnya.

Untuk meyakinkan kamu kembali dalam melakukan resetter Epson L110, sebaiknya kenali dulu faktor-faktor yang menyebabkan printer error atau bermasalah.Refil Tinta Printer

  1. Tabung Tinta kondisi kosong, tinta yang habis ini dapat mempengaruhi printer dalam melakukan perintah mencetak sesuatu, untung model L110 punya extended tank eksternal yang bisa kamu pantau dengan mudah. Silahkan isi jika habis.
  2. Catridge tersumbat oleh benda asing, biasanya cartridge yang tersumbat oleh kotoran atau tinta kering itu dapat menghambat penyemprotan. Silahkan lepas catridge dan bersihkan, pastikan dulu kondisinya sudah bersih lalu pasang kembali.
  3. Roller jangan ada kertas yang nyempil, istilah paper jam seringΒ dikaitkan dengan roller yang tersumbat oleh potongan-potongan kertas kecil. Silahkan lihat jeroan printer dan amati jika ada potongan kertas nyempil silahkan ambil lalu buang.
  4. Terakhir yakni kabel, jangan sampai ada kabel yang kondisinya kendur, sebelum kamu menggunakan print pastikan semua colokan berada di posisinya dan terhubung dengan sempurna.

Jika poin-poin diatas cenderung melihatkan gejala normal, sepertinya kamu harus melakukan metode Resetter Epson L110 untuk mengembalikan kondisi menjadi normal.

⬇️ Download Resetter Epson L110

Fitur Resetter Epson L110

Printer yang minta untuk di reset itu tanda-tandanya mulai memberikan sinyal seperti kedipan merah, lalu mengirimkan sinyal notifikasi ke software komputer. Kenapa hal ini bisa terjadi? Umumnya, printer sudah mencapai masa overload, jumlah pencetakan yang dibuat sudah melebihi batas.

Dan resetter printer itu sudah jadi hal umum, pengguna cukup melakukan beberapa metode untuk mengembalikan rekam program di dalam chip EEPROM di dalam mainboard printer kembali normal lagi.

Bukan tanpa alasan, pihak developer membuat siklus seperti ini agar menghindari printer dari kelebihan tinta, supaya tinta tidak lumer sampai tumpah ke dasar printer hingga bikin dasar busa print jadi basah.

Cara meresetnya ada dua metode, yang pertama bisa dengan cara manual dan yang kedua bisa dengan cara aplikasi. Aplikasi yang digunakan yaitu Epson Adjustment Program, silahkan download software tersebut dibawah.

Menu Tools Adjustment Setelah aplikasi terbuka, nanti kamu akan disediakan 3 menu pilihan, yang pertama menu Adjustment terdiri dari :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Di menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Dan yang terakhir yakni Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Nah, cara reset lewat aplikasi ini kamu bisa gunakan tools bernam Waste ink pad counter pada menu Maintenance. Untuk lebih detail silahkan klik Cara Reset Epson L110.

Cara Reset Epson L110

Apabila kamu sudah download resetter Epson L110, sekarang untuk langkah-langkah melakukan reset. Silahkan ikuti cara reset Epson L110 di bawah ini :

πŸ‘‰ Klik untuk cara reset Epson L110


Akhir Kata

Selain membahas tentang resetter Epson L110, diatas kita juga sedikit singgung tentang review printer dari sisi kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui cara reset Epson L110, silahkan klik link yang tersedia diatas.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.