Perbedaan WorkSheet dan WorkBook di Microsoft Excel

Perbedaan WorkSheet dan WorkBook di Microsoft Excel

Seringkali orang salah mengartikan antara Worksheet dengan Workbook. Mereka berasumsi bahwa kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang sama. Namun faktanya, antara Worksheet dengan Workbook mempunyai pengertian yang berbeda.

Kalau kalian sering menggunakan Microsoft Excel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan dua istilah tersebut.

Sebagai pengguna yang hanya memfungsikan Excel cuma sebatas fungsinya saja, terkadang kurang begitu acuh seputar pengertian istilah-istilah di dalam aplikasi satu ini.

Bahkan saking sering kita mengabaikannya, pengertian umum seperti Worksheet dan Workbook pun tidak diketahui secara rinci.

Pada pembahasan ini, kita akan berikan pengertian seputar perbedaan Worksheet dan Workbook di Microsoft Excel.

Perbedaan WorkSheet dan WorkBook di Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki peran penting dalam dunia administrasi. Aplikasi ini seringkali digunakan dalam menginput data, angka, hingga hitungan statistik.

Kemudahan dalam Excel dibantu dengan adanya fungsi rumus, bahkan sekalipun kita memasukkan hitungan angka, kalian cukup mengetikan rumus yang sesuai dan hasilnya bakal muncul secara otomatis.

Tetapi sebelum jauh kita mendalami Excel, pertama apa itu perbedaan Worksheet dan Workbook di Microsoft Excel?

Kedua istilah ini termasuk bagian dasar dari Excel, bahkan termasuk bagian yang sering kalian kelola ketika membukanya.

WorksheetWorkbook
✅ Worksheet ini merupakan bagian dari Workbook.✅ Workbook sendiri merupakan buku kerja Microsoft Excel.
✅ Worksheet tidak memiliki batasan dalam satu workbook. Bahkan tersedia section Sheet untuk membuka lembar baru.✅ Workbook terdiri dari kumpulan worksheet, termasuk section Sheet.
✅ Worksheet yaitu tampilan lembar kerja dari workbook.✅ Sedangkan Workbook sendiri merupakan file Excel yang disimpan dalam bentuk xls, xlsx, dan sebagainya.
Tabel Perbedaan antara Worksheet dengan Workbook

Apa itu Worksheet ?

1 Tampilan Worksheet - Perbedaan WorkSheet dan WorkBook di Microsoft Excel

Secara singkat Worksheet adalah lembar kerja yang ada di dalam Microsoft Excel. Saat ketika kamu membuat atau membuka file Excel, tampilan yang terdiri dari grid kolom dan baris inilah yang disebut sebagai Worksheet.

Sehingga dapat kita sebut jika Worksheet merupakan bagian dari Workbook, disana tersedia baris serta kolom, dan ada juga fitur section Sheet.

Section Sheet ini dapat kalian temukan di bagian tampilan bawah Worksheet, tertulis Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3 dan seterusnya tergantung pengguna ingin menambahkan lembar Worksheet sampai seberapa.

Apapun yang kita kerjakan dalam Excel, seperti mengetikkan data, membuat tabel, memasukkan rumus dan sebagainya itu dilakukan pada lembar Worksheet.

Jumlah cell pada Worksheet walau terlihat tak terbatas, namun faktanya kalau dalam satu Sheet itu terdiri dari 1048576 baris dan 16384 kolom. Semua itu terkemas dalam bentuk tabel raksasa.

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa Worksheet terdiri atas dua bagian utama, yaitu Baris Excel dan Kolom Excel. Masing-masing diberi penanda dengan alfabet dan angka.

Jadi untuk Kolom merupakan kotak pada Excel yang menyamping, ditandai dengan simbol alfabet seperti A, B, C, D dan seterusnya.

Kalau Baris merupakan kotak pada Excel yang kebawah, ditandai dengan simbol angka dari mulai 1, 2, 3, 4 sampai bawah. Titik temu antara Baris dan Kolom akan ditandai dengan simbol kombinasi, seperti Sel C5, B4, A5 dan lain.

Baca Juga :

Mau bikin daftar hadir ? Lebih mudah menggunakan Excel. Ikuti panduan cara bikin presensi di Excel dengan cepat.

Apa itu Workbook ?

File Workbook - Perbedaan WorkSheet dan WorkBook di Microsoft Excel

Lalu penjelasan dari Workbook sendiri adalah file utuh yang kalian simpan dalam bentuk xls, xlsx dan dll. Istilahnya file penyimpanan Excel yang kamu sudah kerjakan itu namanya yaitu Workbook.

Dengan itu Workbook mencakup segala hal yang ada di dalam Excel, termasuk Worksheet, fitur, fungsi, rumus, tabel dan sebagainya. Istilah kata, Workbook termasuk tempat area dimana kita melakukan aktivitas di dalam Microsoft Excel.

Workbook bisa terdiri dari banyaknya Worksheet, tergantung kalian membuat section Sheet sebanyak apa pada satu file tersebut.

Baca Juga :

Bagaimana hitung umur dengan rumus di Excel ? Berikut tutorial cara hitung umur menggunakan Microsoft Excel.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang perbedaan Worksheet dan Workbook di Microsoft Excel. Selama ini memang kita kadang salah mengartikan, bahkan menyebut keduanya memiliki fungsi sama.

Setelah melihat perbedaan diatas, kini kalian sudah tahu istilah-istilah yang benar di dunia Microsoft Excel. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang