Enam Perbedaan Antara Wordpad dan Notepad di Windows

Tips, 7 Cara Mempercepat Kinerja Windows 11 (100% Berhasil) 7
Perbedaan Wordpad dan Notepad

Wordpad dan Notepad hampir ada di setiap komputer dan laptop yang menggunakan Windows. Ketika kalian menginstall sistem oeprasi Windows, kedua aplikasi sudah menjadi aplikasi bawaan dari Windows.

Meski sering dibanding apa perbedaan Wordpad dengan Notepad, namun kedua aplikasi ini tidak sah kalau kita bandingkan dengan Microsoft Word.

Masing-masing mempunyai peran dan fungsi yang berbeda, Microsoft Word lebih mengarah ke sistem kompleks file editing.

Sedangkan Notepad dan Wordpad mempunyai tampilan dan sistem lebih ringkas. kedua alat ini lebih cocok digunakan seperti menyimpan note atau catatan yang bersifat tidak formal.

Sehingga pengguna tinggal buka aplikasi, dan ketik apa saja mereka ingin tuliskan, lalu simpan sebagai catatan.

Walau demikian sebenarnya ada perbedaan Wordpad dan Notepad yang paling utama sebagai fungsi perbandingan sesama produk Microsoft Office.

Sekilas saja, bahwa Notepad itu memiliki fungsi utama sebagai editor teks, dimana alat ini hanya berfungsi sebagai entri teks biasa bahkan termasuk basic.

Sedangkan Wordpad yaitu pengolah kata yang berfungsi untuk memformat dan mencetak dokumen seperti Microsoft Word (termasuk juga editing).

Perbedaan Wordpad dan Notepad

Antara aplikasi Wordpad dengan Notepad sebetulnya masih satu pengembang yakni Microsoft Office.

Gak heran bagi komputer dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, mereka pasti sudah mendapatkan dua paket instalasi Wordpad dan Notepad.

Banyak yang masih bingung perbedaan Wordpad dan Notepad. Selama ini eksistensi Wordpad memang kurang dikenal Notepad, sehingga sebagian pengguna masih merasa kebingungan antara kedua sistem tersebut.

1. Perbedaan Pertama : Fungsi Teks

Perbedaan Tampilan Notepad Dan Wordpad

Notepad merupakan aplikasi editor teks paling basic. Aplikasi ini hanya dapat berfungsi sebagai input teks dan tidak menyediakan format apapun termasuk mengubah jenis font.

Sedangkan Wordpad hampir mirip dengan Notepad, hanya saja sistem dalam aplikasi Wordpad sedikit lebih advance karena dibekali dengan pemformatan lebih lengkap. Tidak sedikit yang menyebut bahwa Wordpad merupakan versi ringan dari Microsoft Word.


2. Perbedaan Kedua : Asal Usul Aplikasi

Aplikasi Notepad dengan Wordpad merupakan produk dari Microsoft Office. Bagi perangkat komputer dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, mereka akan mendapatkan seperangkat paket pemasangan tanpa perlu kalian install ulang keduanya.

Notepad sudah dimasukkan ke dalam Windows sejak pada versi Windows 1.0 di tahun 1985.

Sedangkan Wordpad baru dimasukkan pada versi Windows 95 dimana posisinya menggantikan aplikasi pendahulu yakni Microsoft Write.


3. Perbedaan Ketiga : Editor Teks

Perbedaan Tulisan Wordpad Dan Notepad

Notepad mempunyai sistem editor teks yang sangat sederhana, kalian tidak bisa merubah format teks apapun termasuk mengganti font, merubah warna maupun menyesuaikan ukuran. Jika pengguna menempelkan teks lain di dalam Notepad, secara otomatis sistem akan mensetting ke default format teks seminimal mungkin.

Kalau di Wordpad, kalian masih diberi kesempatan dalam mengubah format teks, seperti menyesuaikan ukuran, mengubah font, memilih warna teks, menginsert gambar, mengatur paragraph, numbering dan masih banyak lainnya. Wordpad adalah Word versi menu Ribbon Home dan View saja.


4. Perbedaan Keempat : Fitur Menu

Tampilan Menu Notepad Dan Wordpad

Perbedaan Wordpad dan notepad yang berikutnya adalah dari segi fungsi. Notepad dapat digunakan sebagai editor teks pemrograman yang lebih kuat. Sering kali Notepad dipakai untuk mengisi script command untuk menjalankan program.

Sementara Wordpad memilih untuk menjadi alat pemformatan yang lebih kompleks. Fungsinya yakni untuk mengedit teks, membaca surat, menyimpan data, dan memeriksa ejaan.


5. Perbedaan Kelima : Jenis Format File

Format penyimpanan keduanya berbeda, dalam notepad kita kenal dengan penyimpanan .txt sedangkan di dalam Wordpad penyimpanan dasar memakai format .rft.

Kalian bisa saja membuka format txt di Wordpad, tetapi jika file Wordpad kalian buka di Notepad, hasil akan menyesuaikan teks standar tidak dengan format yang sudah di simpan dalam Wordpad sebelumnya.


6. Perbedaan Keenam : Pengembangan Aplikasi

Notepad ++ dan Office Word

Masing-masing aplikasi mempunyai versi alternatif yang berbeda. Misalnya Notepad mempunyai versi lain yakni Notepad ++ dan Notepad +.

Alat ini sering digunakan dalam kebutuhan programmer. Disana tersedia fitur indikator garis, serangkaian bilah alat, makro dan penyelesaian otomatis.

Notepad ++ ini dapat digunakan dalam kebutuhan kode komputer, seperti Atom, SublimeText, dan Emacs.

Sedangkan Wordpad tersedia aplikasi alternatif yakni Microsoft Word. Seperti yang kalian kenali, Microsoft Word adalah aplikasi sangat berpengaruh dalam proses pengolahan data.

Word adalah versi penyempurnaan dari Wordpad, sehingga fasilitas fitur yang kalian dapatkan sangat berlimpah.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah perbedaan Wordpad dan Notepad. Silahkan simak penjelasan diatas agar kalian gak kebingungan membedakan antara keduanya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.