Perbedaan iPhone iBox / TAM, Inter, dan Distributor secara Lengkap

Perbedaan iPhone Ibox Inter dan Distributor

Belakangan eksistensi iPhone makin dikenal sangat pesat. Karena permintaan konsumen yang tinggi, mendorong store menyediakan barang dan harga yang bersaing agar mereka bisa mendominasi di pasaran.

Beberapa jenis store Apple menjual iPhone yang memiliki arti dan ketersediaan barang berbeda-beda. Misalnya store iBox, TAM, Inter dan distributor, semuanya menyediakan layanan dan produk yang berbeda-beda.

Jika kita kenal penjualan HP jenis Android kalau bukan di store resmi, bisa melalui konter HP. Walaupun iBox, TAM, inter, dan distributor secara teknis adalah sebuah konter HP.

Tetapi masing-masing punya perbedaan khususnya terhadap barang yang mereka jual. Untuk itu kita akan memberikan edukasi tentang perbedaan iPhone iBox, inter, dan distributor agar kalian tidak salah beli.

Sebab aktivitas perdagangan iPhone itu cukup rancu, sebagian oknum pedagang yang kurang baik yang menyebut produk mereka original, namun faktanya iPhone tersebut merupakan ex inter termasuk dalam barang black market.

Perbedaan iPhone iBox, Inter, dan Distributor

Sejauh ini ada tiga jenis store yang masing-masing memiliki perbedaan soal barang yang mereka jual, yakni iPhone iBox atau iPhone TAM, lalu inter, dan terakhir distributor.

Masing-masing sebetulnya menjelaskan dari mana iPhone tersebut berasal, dan sekaligus mengetahui apakah kondisi iPhone yang ingin kita beli layak atau tidak.

Adapun secara lengkap mengenai perbedaan iPhone iBox, Inter, serta Distributor akan kami jelaskan pada kontan artikel di bawah ini.

iPhone iBox / TAM

Beli iPhone Di iBox

Perbedaan yang pertama adalah iPhone iBox alias TAM. Bisa dibilang jika kalian beli iPhone disini, maka produk yang akan mereka tawarkan semuanya adalah produk asli dan di garansi resmi oleh perusahaan Indonesia.

iBox adalah perusahaan resmi yang menjual produk-produk di Indonesia, antara iBox dengan TAM faktanya masih satu saudara, sehingga kalian jangan bingung jika dalam dus iPhone yang kalian beli di iBox tertulis logo TAM.

Sudah bisa dipastikan produk yang dijual di iBox ini termasuk produk resmi semua, karena masing-masing telah diregistrasikan oleh perusahaan agar meminimalisir kekurangan dan kerugian oleh pembeli.

KelebihanKekurangan
Produk yang kamu beli dijamin asli dan bergaransi.Sudah dipastikan harga yang dipatok lebih tinggi dari store inter dan distributor.
Kemudahan klaim garansi di iBox seluruh Indonesia.iPhone baru lebih lama datangnya.
Tidak akan terblokir IMEI karena sudah diregistrasi.
Kualitas produk iPhone terjamin baik.
Baca Juga:

Ingin tahu berapa ukuran file foto yang tersimpan di HP iPhone kamu? Ikuti panduan lengkapnya di cara melihat ukuran foto di iPhone.


iPhone Inter

Colokan Masih Tiga

Jenis produk iPhone inter ini masuk ke dalam Indonesia tidak melalui jalur resmi. Produk dibawa melalui perorangan atau diimport tanpa layanan purna jual.

Kalian bisa memastikan bahwa produk ini merupakan iPhone inter adalah dari dusnya tidak ada stiker kode produksi, tidak tersedia stiker Apple, chargernya berbentuk colokan kaki tiga, buku panduan tidak ada tulisan terjemahan Indonesia.

KelebihanKekurangan
Garansi resmi internasional.Jika ingin klaim garansi gratis hanya berlaku di negara asalnya. Dan memakan waktu sangat lama.
Harganya cenderung lebih mudah dari iBox.Kalau produk masuk secara black market, IMEI dipastikan akan bermasalah.
Versi iPhone terbaru biasanya akan lebih cepat masuk Indonesia ketimbang iBox.Tidak memiliki layanan resmi.
Aksesoris yang diberikan original semua.

iPhone Distributor

Perbedaan iBox Dengan Inter

Perbedaan yang terakhir adalah versi distributor. Pengertiannya yakni iPhone dibawa masuk ke Indonesia oleh distributor namun secara resmi.

Oleh karena itu distributor yang akan menjamin garansi iPhone milikmu dalam jangka waktu yang mereka tentukan.

Bisa dilihat jika iPhone distributor memiliki garansi Apple kadaluarsa, menggunakan aksesori KW atau OEM, terkadang ada cacat di iPhone seperti refurbished.

KelebihanKekurangan
Harga cenderung lebih murah dari produk yang dijual di store lainnya.Pengguna akan mendapatkan garansi Apple yang sudah hangus.
Hampir sama seperti inter, produk iPhone baru akan lebih cepat masuk di Indonesia.Kebanyakan distributor nakal tidak bertanggung jawab jika ada masalah. Artinya klaim garansi agak sedikit susah.
Garansi tidak resmi, bisa saja mereka yang memperbaiki.
Banyak sekali produk refurbished dan replacement.
Baca Juga:

Mau tahu arti kode dari HP iPhone kamu? Kami sudah merangkum arti kode negara iPhone beserta cara melihat kodenya.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah perbedaan iPhone iBox, inter, dan distributor. Jadi sebelum membeli HP iPhone, pastikan terlebih dahulu iPhone yang akan kamu beli termasuk dalam jenis apa. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan kita jumpa lagi di konten artikel berikutnya. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang