Perbandingan IPOT Dengan Stockbit Secara Lengkap

Perbandingan IPOT dengan Stockbit
Perbandingan IPOT dengan Stockbit

Belakangan makin banyak bermunculan para pemain saham alias trader yang makin menampilkan eksistensi mereka dalam segmen pangsa pasar trading serta cukup memotivasi banyak orang untuk ikut bergabung menjajal bisnis investasi ini.

Itulah alasan kenapa orang-orang sibuk mencari broker terpercaya untuk mengelola investasi mereka di dunia trading.

Paling tidak disini tim Kompiwin akan berikan dua opsi yakni perbandingan IPOT dengan Stockbit, dari dua pilihan ini silahkan nantinya kalian tentukan salah satu berdasarkan kemampuan dan fungsi masing-masing.

Sebab menentukan broker juga tidak asal sembarang pilih, banyak sekali kasus yang diangkat oleh media mengatakan bahwa banyak oknum broker terpaksa harus menjalani penyelidikan akibat ijin operasi masih ilegal.

Kalian tentu tidak mau dong kena scam oleh oknum broker tidak bertanggung jawab, pasalnya aktivitas saham ini memerlukan jaminan transaksi dana yang besar, jika kalian merasa dirugikan jumlahnya pun tidak bisa dikatakan sedikit.

Namun, bukan semata-mata kerugian yang kalian alami dalam trading adalah hasil scam pihak broker. Karena kembali lagi, trading memiliki potensi high risk, high return yang besar. Para pelaku selain tidak hanya memiliki modal banyak, mereka juga harus pintar membaca teknik pasar.

Banyak pertimbangan profil risiko saat memilih instrumen investasi, kalau kalian sudah siap menentukan masuk ke dunia trading, harusnya juga siap melakukan riset serta kajian lebih lanjut seputar saham.

Untuk itu itu kita akan berikan ulasan tentang perbandingan IPOT dengan Stockbit. Supaya kalian bisa antisipatif membaca segala resiko peluang demi menghasilkan cuan yang banyak.

Perbandingan IPOT Dengan Stockbit

Kita akan pisahkan keduanya dengan masing-masing ulasan agar kalian lebih mudah memahami satu per satu broker IPOT dengan Stockbit.

Lantas apa pilihan terbaik dalam memilih broker untuk pemnula di tahun 2022 ini? Semua tergantung keputusan masing-masing, paling tidak antara IPOT dengan Stockbit yang belakang termasuk mulai diminati banyak orang.

IPOT

IPOT merupakan kepanjangan dari (Indo Premier Online Technology) yang dirancang oleh PT. Indo Premier Sekuritas dalam bentuk kebutuhan investasi saham, reksadana dan ETF dengan layanan fitur serta tools cukup lengkap.

Mereka selalu menawarkan keunggulan dari aplikasi yaitu sistem mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator, dimana kedua alat ini sangat berfungsi baik dalam membantu kebutuhan trading baik memenuhi intruksi jual maupun beli.

Kalian bisa memasukkan ketentuan nominal harga tertentu, tujuannya adalah agar kalian tidak ketinggalan momen-momen tertentu, serta meminimalisir peluang terburuk sebab pengguna bisa mengatur jumlah uang yang ditentukan.

Dalam akun Indo Premier Sekuritas, memiliki beberapa layanan seperti IPOT biasa, IPOTGO, dan IPOT syariah, dan IPOT ultima. Untuk memahami aplikasi lebih dalam kita akan mulai dengan fitur milik IPOT berikut ini :

1. Investasi Berkala

Aktivitas Saham Di IPOT

Melalui fitur ini uang nasabah akan diputar dengan cara dibelikan instrumen investasi pilihan nasabah dalam waktu yang cenderung rutin.

Nasabah atau pelaku dapat mengatur jenis investasi seperti apa dan ketentuan waktu dalam jangka berapa lama dalam pembelian, maka sistem akan terus memutar modal nasabah di ketentuan yang ditetapkan.

Keberadaan fitur ini fungsinya untuk selalu mengaktifkan kegiatan investasi nasabah agar mereka tidak lupa memutar uangnya di bisnis trading.


2. Penarikan Berkala

Untuk menarik uang di IPOT kalian bisa melakukannya secara berkala dan rutin dalam waktu per bulan.

Atau lebih jelasnya nasabah bisa menarik uang setiap bulan dengan jumlah nominal yang mereka inginkan. Ketentuan ini khusus untuk reksa dana dan pasar uang.


3. Robo Trading

Tampilan Aplikasi IPOT 2

IPOT selalu mengunggulkan fitur Robo Trading mereka yang dapat melakukan kemampuan trading otomatis, serta menjalankan seluruh intruksi order jual beli saham yang sudah ditentukan oleh para nasabah sebelumnya.

Tujuan adanya Robo Trading adalah supaya pelaku tidak ketinggalan dalam momen-momen tertentu dan pastinya mereka juga harus membaca strategi agar berfungsi dalam memprediksi pasar.

Baca Juga:

Ingin melihat Moving Average di IPOT, kami berikan langkah-langkah lengkapnya di konten artikel ini.


4. High Yield

Chart Saham IPOT

Merupakan fitur yang berfungsi untuk mengalokasikan dana tidak terpakai milik nasabah di dalam RDN (Rekening Dana Nasabah) untuk melakukan pembelian otomatis di dalam laman Reksa Dana Pasar Uang.

Keuntungannya adalah mereka jadi akan mendapatkan imbal hasil lebih tinggi yakni bunga tabungan sebesar 8 hingga 10 %.


5. Instant Switching

Beli Saham Di IPOT

Ketika nasabah berhasil menjual Reksa Dana miliknya, nominal uang akan langsung turun pada saat itu juga dengan sistem IPOT mengganti sementara Reksa Dana tersebut tanpa nasabah perlu menunggu waktu hingga 4-5 hari uang tersebut turun.


6. Express Withdraw

Tampilan Aplikasi IPOT

Menarik uang dari hasil penjualan Reksa Dana juga dapat dilakukan pada hari yang sama, jadi tidak perlu kalian menunggu 4 sampai 5 hari kedepan baru bisa menarik uang tersebut.


Kelebihan Dan Kekurangan IPOT

KelebihanKekurangan
Memiliki tampilan aplikasi dengan kemasan yang jelas. Versi aplikasi dari IPOT ini dikemas sangat menarik dan jelas. Sehingga memudahkan para pemula dalam membaca skema IPOT tanpa kesulitan dalam memulai investasi.Akses trading terbatas. Sementar ini IPOT hanya mendukung transaksi saham melalui PC, browser dan juga aplikasi mobile.
Tersedia fasilitas gratis. IPOT telah mengemas aplikasinya dengan segudang fitur serta layanan gratis. Hal ini sengaja mereka tonjolkan agar tingkat kepuasan nasabah meningkat.Tampilan website kurang menarik. Walaupun versi mobile telah mereka kemas dengan tampilan yang simpel dan informatif, namun untuk versi web kurang begitu menarik.
Mempunyai High Yield yang dapat mengalokasikan dana nasabah tidak terpakai secara otomatis untuk pembelian Reksadana Pasar Uang.Nasabah akan dibebankan biaya tambahan bulanan untuk mendapatkan layanan informasi pasar modal secara langsung.

Mau gabung dengan IPOT?

Silahkan ikuti tutorial lengkap mengenai cara daftar akun IPOT secara tepat.


StockBit

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam pembahasan Stockbit. Namanya juga perbandingan IPOT dengan Stockbit, jadi pembahasan kita selanjutnya adalah mengupas tentang aplikasi bernama Stockbit ini.

Perusahaan tampaknya sedang gencar mempromosikan platform, sebab kalau kalian lihat di beberapa media sosial, kebanyakan Stockbit selalu hadir sebagai lahan promosi digital.

Tujuannya jelas untuk memperkenalkan produk ke calon nasabah baru, serta memperlihatkan keunggulan dari Stockbit seperti tersedia forum untuk tukar informasi antar sesama trader.

Menurut informasi, Stockbit juga menyediakan fasilitas jual beli saham dengan merangkul kerjasama bersama Sinarmas Sekuritas.

Tetapi faktanya bahwa Stockbit ini bukan sebuah broker, melainkan mereka menyebut branding dirinya sebagai aplikasi investasi saham yang dapat melakukan diskusi, alansisi pasar, trading di dalam satu aplikasi saja.

Langsung saja kita ulas apa saja fitur yang ada di dalam Stockbit ini.

1. Forum Diskusi Saham

Salah satu yang mereka unggulkan dari Stockbit adalah forum diskusi sebagai laman tukar informasi. Disini pemilik akun dapat melihat berita terbaru dan juga kegiatan perusahaan dalam update pengembangan aplikasi, sehingga pengguna akun tidak merasa ketinggalan dalam membaca strategi trading.


2. Aplikasi Timeline Personal

Karena terbukanya akses diskusi dengan banyak orang, sehingga menumbuhkan feel menjadi sebuah aplikasi sosial media yang sering kalian gunakan sehari-hari. Kelebihannya adalah Stockbit jadi tidak lebih kaku dari aplikasi trading lainnya.


3. Melihat Pergerakan Pemain

Chart Saham Stockbit

Stockbit memiliki akses yang sifatnya cukup terbuka karena antara pemain satu dengan pemain lain dapat saling melihat aktivitas trading mereka melalui satu fitur.

Sehingga besar kemungkinan untuk kalian mengikuti trik pemain lain dalam memutuskan membeli saham tertentu.


4. Chartbit

Chart Stockbit Aplikasi

Stockbit memiliki semacam fitur premium, salah satunya adalah teknologi penyimpanan Cloud. Disini pengguna dapat menyimpan semua analisis mereka lengkap dengan tambahan 100+ teknikal indikator contohnya seperti Foreign Flow.


5. Fundchart

Fitur Stockbit Berlimpah

Menunjukkan histori data dari ratusan rasio keuangan dalam mempelajari tren. Ada juga fitur populer seperti PE Standard Deviation Band, yang berfungsi untuk menentukan saham undervalued atau overvalued.


6. Keystats

Fitur premium lain di Stockbit ada yang nama Keystats. Alat ini dipakai untuk menganalisa melalui rasio-rasio penting demi mendapatkan gambaran tentang kinerja dan kesehatan emiten jauh lebih tepat. Khususnya ranking emiten di IHSG.


7. Financials

Website Stockbit

Terdapat laporan keuangan emiten dengan periode lengkap, seperti TTM dan Quarterly dan juga YoY Growth. Pengguna bahkan dapat memodifikasi sesuai kebutuhan berdasarkan tingkat ketelitian masing-masing.


8. Laman Berita

Berita Informasi Stockbit

Dalam aktivitas trading kita dituntut untuk memiliki kemampuan analisis tinggi. Dalam kebutuhan ini kalian perlu memantau update berita khususnya dalam bidang keuangan, bisnis, ekonomi, dan pasar modal yang kalian dalami.

IPOT sudah memberikan laman khusus bagi nasabah yang ingin memantau pergerakan pasar secara update.


Kekurangan dan Kelebihan Stockbit

KelebihanKekurangan
Memiliki tampilan lebih informatif. Pengguna bakal mendapatkan eksperien dalam investasi lebih detail sebab disana juga terdapat forum diskusi orang berpengalaman dari aplikasi Stockbit.Pada kebutuhan tertentu para pengguna harus upgrade ke versi Pro agar bisa menikmati fasilitas lebih  lengkap. Apalagi bagi pengguna PC, mereka mau tidak mau harus update ke Pro sebab versi free tidak bisa diakses.
Informasi tersebar cepat. Stockbit memiliki semacam laman berita dan update tentang segala apapun yang berhubungan dengan dunia trading untuk memfasilitasi literasi para penggunanya.Terlalu banyak lembar dokumen yang perlu diisi. Pendaftaran stockbit terbilang rumit. Bahkan total data yang perlu kalian isi mencapai 48 lembar lebih.
Aplikasi dikenal seru. Kenapa karena kalian bisa membagikan strategi investasi, saling melengkapi dan hasilnya bisa kalian nikmati bersama. Bahkan bagi para pengguna awam Stockbit cukup bersahabat.Proses cukup lama, tidak seperti IPOT yang memiliki sistem recovery cepat. Data yang kalian kirimkan perlu dievaluasi ke pusat terlebih dahulu dan memakan waktu kurang lebih satu dua mingguan.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah pembahasan kita kali ini seputar perbandingan IPOT dengan Stockbit. Bisa kalian lihat bahwa Stockbit memiliki penyebaran informasi yang lebih fleksibel karena disana telah tersedia laman untuk berdiskusi.

Namun, disisi lain kalian akan mendapatkan kepraktisan dalam mendaftar akun di IPOT sebab prosesnya lebih simpel dan mudah. Tidak seperti Stockbit yang harus mengisi formulir sebanyak puluhan lembar bahkan konfirmasi evaluasi data memakan waktu lebih dari satu hingga dua mingguan.

Di Stockbit cenderung banyak yang berbayar berbeda dengan IPOT yang berfasilitas gratis. Silahkan kalian simak pengertian diatas agar bisa lebih bijak memilih aplikasi trading untuk kalian masing masing. Serta bisa menyesuaikan kebutuhan berdasarkan fungsi dan toolsnya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.