Penyebab Layar Laptop Hitam

Penyebab Layar Laptop Hitam 7
Penyebab Layar Laptop Hitam

Penyebab layar laptop hitam atau istilahnya sering disebut dengan Black Screen adalah permasalahan yang cukup umum terjadi dalam dunia perlaptopan.

Black Screen memang suka muncul secara tiba-tiba, sehingga kesalahan berikut termasuk yang ditakuti karena gejalanya tidak terdeteksi dan cenderung spontan.

Kondisi layar laptop yang mendadak hitam seperti ini tentu sangat merugikan pengguna, disaat mereka sedang membutuhkan respon yang cepat alhasil beberapa perintah atau tugas terkait pekerjaan jadi sementara terganggu.

Tanda-tanda laptop kalian mengalami Black Screen adalah, pertama bisa dilihat ketika kamu menyalakan laptop dari kondisi mati, mulai booting hingga masuk ke dalam tampilan desktop, layar laptop tersebut tidak memberikan respon apapun dan cenderung tampilannya gelap.

Tak sedikit orang kemudian banyak yang mengira layar laptop mereka bermasalah…gak ada salahnya juga, karena penyebab layar laptop hitam itu salah satunya bisa dari faktor kerusakan komponen hardware LCD.

Karena kerusakan muncul tanpa gejala yang jelas, kuncinya hanya satu jika itu permasalahan timbul dari pengaturan sistem, coba kamu ingat-ingat terakhir penggunaan laptop kegiatan apa saja yang kamu lakukan. Siapa tahu tanpa sengaja mengaktifkan fitur tertentu yang membuat layar laptopmu menjadi hitam seperti ini :

Penyebab Layar Laptop Hitam

Berdasarkan diagnosa timbulnya permasalahan Black Screen, kita dapat simpulkan bahwa penyebab layar laptop hitam itu bisa dikarenakan beberapa hal.

Beda penyebab tentu beda juga cara mengatasinya, dan persoalan umum antara faktor kerusakan internal sistem dengan hardware itu seimbang.

1. Virus

Laptop Terkena Virus

Penyebab pertama yang sangat sering terjadi adalah karena perangkat laptop sedang terinfeksi virus.

Ancaman virus termasuk hal yang ditakuti oleh para pengguna, karena banyaknya jenis virus tersebut kadang ada yang didesain untuk membobol sistem internal dan mencuri data penting di perangkat kita.

Virus yang masuk ke dalam sistem akan mempengaruhi kinerja laptop hingga efeknya bisa memicu gangguan fungsi sampai terjadi yang namanya Black Screen.

Mau install ulang Windows ?

2. Update Sistem Tidak Selesai

Bagi pengguna Windows 10, biasanya developer rutin melakukan pembaruan tiap jadwalnya update, pengguna akan diberikan akses kemudahan sebab proses update yang dilakukan sudah terprogram secara otomatis.

Jadi penyebab layar laptop hitam itu bisa karena proses update tidak berjalan dengan sempurna.

Bisa saja seperti waktu update baterai laptop tiba-tiba habis dan mati, artinya ada sistem yang belum selesai terbarui hingga menyebabkan jaringan dalam Windows menjadi pincang.

3. Konektor Kabel LCD Bermasalah

Kabel Fleksibel Lepas

Selain dari faktor internal sistem, kemunculan masalah Black Screen bisa juga dari koneksi kabel yang menghubungkan ke perangkat LCD bermasalah.

Jika kabel yang tersambung ke mainboard lepas, maka komponen utama terhambat mengirimkan perintah ke layar dan timbul gangguan seperti layar laptop hitam gak mau nyala.

Lalu kenapa bisa lepas ? Pertama mungkin laptopmu pernah terbanting atau terbentur benda keras, lalu yang kedua percobaan bongkar pasang yang kurang teliti sehingga meninggalkan kabel khusus jalur LCD tercabut, dan terakhir karena usia komponen yang usang.

4. Masalah Pada Kartu Grafis

Graphic Card Bermasalah

Graphic Card adalah komponen yang bertugas dalam menampilkan atau menghasilkan gambar di sebuah layar monitor.

Fungsi utamanya jelas yakni melakukan rendering gambar dengan mengkonversi data menjadi sinyal yang bisa terkomunikasikan oleh layar monitor.

Jika part yang satu ini bermasalah, maka gambar yang akan ditampilkan dalam layar pun akan kacau. Seperti salah satunya adalah layar laptop Black Screen.

5. Overheat

Laptop Overheat

Beberapa ada yang mempercayai jika penyebab Black Screen itu salah satunya bisa karena overheat.

Jika sebuah laptop dipacu dalam kondisi yang ekstrim maka tugas perangkat secara otomatis akan lebih terbebani.

Hal tersebut membuat munculnya kerusakan jika dioperasikan dalam waktu yang lama.

Side effect-nya adalah menyebabkan kerusakan berbagai komponen lain karena dampak dari suhu panas overheat.

6. Driver Usang Atau Error

Jika file instalan drive khusus graphic sebuah laptop itu error atau corrupt, alhasil sistem tidak dapat melakukan komunikasi dengan perangkat keras karena perantara program yang terinstall sendiri tidak memadai.

Hal inilah yang bisa jadi penyebab layar laptop hitam seketika.

7. Aplikasi Yang Terinstall

Coba deh kamu ingat-ingat terakhir pasang aplikasi apa di dalam laptopmu. Jika benar ada aplikasi yang terinstall sebelum permasalahan ini muncul, bisa dicurigai program tersebut bermasalah.

Mungkin saja sistem terpasang tidak kompatibel dengan versi laptop, hingga pada akhirnya membuat beberapa fungsi gagal bekerja.


Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam

Setelah kalian sudah membaca penyebab layar laptop hitam diatas, selanjutnya kita berikan solusi dalam mengatasi persoalan yang satu ini.

  1. Bersihkan RAM, coba lepaskan RAM dari slot, dan bersihkan dari debu.
  2. Mengganti layar jika perangkat LCD terkena damage.
  3. Restart graphic driver atau silahkan install ulang graphic drivernya.
  4. Gunakan monitor eksternal lain.
  5. Reset laptop jika itu membantu.
  6. Update sistem Windows dari awal.
  7. Silahkan atur ulang CMOS laptop.
  8. Hapus aplikasi atau program yang mencurigakan.
Baca Juga :

Laptop kamu tiba-tiba mati ? Ikuti panduan cara mengatasi laptop tiba-tiba mati beserta penyebabnya.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah pembahasan kita seputar penyebab layar laptop hitam secara tiba-tiba. Sekarang tinggal kamu pahami gejalanya dan ambil sikap jalan keluar agar kondisi laptop milikmu kembali normal lagi. Semoga Bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.