Kumpulan 5 Kata-Kata Penutup Presentasi

Kumpulan Kata-Kata Penutup Presentasi

Dalam menyampaikan materi presentasi, kita harus menyusun urutan bagan agar terlihat lebih profesional.

Idealnya, presentasi harus kita buka dengan kata-kata pembuka yang telah dirangkai dan disusun sesuai isi presentasi tersebut.

Setelah itu baru kita mulai menjelaskan isi penyampaian materi yang ada di dalam presentasi kita. Dan tidak lupa, sebagai akhir dari kegiatan presentasi, presenter juga harus menutup dengan kata-kata penutup yang sesuai.

Sehingga apa yang telah sudah disampaikan akan menjadi suatu hal yang mudah mereka kenang atau paling tidak audience mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

Oleh sebab itu, penyusunan kalimat penutup harus dibuat secara matang, lewat beberapa pola rangkaian yang telah tim Kompiwin terangkan dibawah ini.

Selain itu di bawah juga sudah disediakan kumpulan kata-kata penutup presentasi, yang bisa juga kalian jadikan referensi dalam membuat bagan penutup dari rangkaian presentasi profesional.

Pentingnya Penutupan Dalam Presentasi

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, pertama kalian harus pahami dulu mengapa kita perlu menyusun kalimat penutup saat presentasi berakhir?

Jadi untuk melengkapi satu susunan acara yang utuh, presenter atau host pembawa acara tersebut, harus mengerti apa saja yang perlu disampaikan agar materi acara ini terlihat profesional.

Contohnya membawakan materi pembuka, menyampaikan isi presentasinya dan terakhir yaitu melengkapi acara dengan salam penutup.

Pada bagian penutup, si pembawa acara harus pandai memberikan kesan kepada audience, supaya kehadiran mereka dalam acara presentasi kali ini bermanfaat.

Hal tersebut memaksa kita untuk menyusun segala bentuk kalimat yang menarik, dan diperlukan gestur tubuh tepat agar proses timing masuk ke bagian penutup tidak terlihat kaku.

Selain itu presenter juga harus dituntut untuk memahami situasi, misalnya mengisi acara di agenda sekolah, kampus, pekerjaan atau umum…tentunya kita harus mempersiapkan kondisi seperti apa yang akan terjadi ketika kita berada di sana nanti.

Dan pada ulasan kali ini, kita ingin membantu kalian dengan memberikan kumpulan kata-kata penutup presentasi beserta pola susunan dalam merancang kalimat penutup tersebut. Langsung saja silahkan ikuti penjelasan berikut ini.

Teknik Pembuatan Kalimat Penutup Presentasi

1 Presentasi Didepan - Kumpulan Kata-Kata Penutup Presentasi

Seperti yang telah kita sebutkan di atas, bagan penutup dari sebuah acara presentasi harus kalian susun secara matang agar menjadi kesan untuk para tamu atau audience.

Nah diketahui ada beberapa pola yang sering orang gunakan ketika mereka hendak menutup sebuah acara presentasi.

Silahkan ikuti penjelasan berikut, lalu susun sesuai dengan materi, kondisi, dan elemen-elemen pengaruh lainnya.

1. Gunakan Kode Gesture Ketika Presentasi Berakhir

Saat setelah isi materi tersebut sudah kalian sampaikan sepenuhnya, alangkah baiknya kalau kita memberikan semacam gesture atau kode yang mengisyaratkan kalau presentasi akan berakhir.

Tujuannya jelas, untuk memberitahu para audience bahwa penyampaian presentasi ini akan segera berakhir. Dan membuat audience untuk mempersilahkan waktunya memperhatikan kesimpulan dari presenter sampaikan.

Sematkan juga kalimat “ice breaker” karena terkadang sepanjang presentasi disampaikan audience merasa boring dan konsentrasinya sudah tidak ada di dalam pembahasan presentasi tersebut.

2. Menyampaikan Materi Ringkasan Presentasimu

2 Interaktif Dengan Penonton - Kumpulan Kata-Kata Penutup Presentasi

Kalimat penutup juga bisa diartikan sebagai kalimat simpulan. Oleh sebab itu, pada bagian ini merupakan waktu yang tepat dalam menyampaikan semua ringkasan presentasimu khususnya untuk poin-poin penting saja.

Sehingga buat audience dapat kembali mengingat semua pembahasan dalam presentasi, atau mungkin saja mereka melewatkan beberapa penjelasan ketika presentasi berlangsung.

Tetapi, perlu kamu ingat kalau dalam menyampaikan ringkasan presentasi ini harus benar-benar singkat dan jelas. Dikhawatirkan bila penyampaian terlalu panjang, audience akan kecewa dan tidak tertarik lagi dengan pembawaan kalian.

3. Power Closing

Dalam presentasi, dua hal yang mudah diingat audience adalah saat pembuka dan saat penutup. Bagaimana caranya kita harus membuat penutupan presentasi sangat berkesan, oleh sebab itu kamu harus bikin kalimat penutup yang sekiranya menjadi pusat perhatian dan mudah mereka ingat.

Satu hal bagian dari power closing yakni membangkitkan emosi kembali para tamu agar mereka notice bahwa kita telah menyudahi presentasi. Lakukan dengan cara menyampaikan pernyataan menarik, cerita, atau call to action kepada mereka.


Kumpulan Kata-Kata Penutup Presentasi

3 Penutup Presentasi - Kumpulan Kata-Kata Penutup Presentasi

Terakhir bila kamu menginginkan contoh kalimat penutup, di bawah sudah tersedia kumpulan kata-kata penutup presentasi yang dapat dicontoh. Gunakan sebagai referensi, atau silahkan ubah kalimatnya sebagai materi penutup di bahan presentasimu.

Contoh Kata Penutup 1

“Para tamu sekalian, kita sudah berada di penghujung acara dan apa yang kalian telah saksikan bahwa penguasaan Website Developer sangat berpengaruh terhadap dunia digital kedepannya. Saya pribadi telah membuktikan bahwa mengelola website secara profesional dapat terbukti menjadi suatu lahan yang menjanjikan, potensi perkembangan hidup lebih maju hingga pandai mengatur disiplin tanggung jawab. Jadi, sekarang giliran kamu yang membuktikannya.”

Contoh Kata Penutup 2

“Sebagaimana yang kita tahu bahwa banyak sekali manfaat dalam mempelajari dunia internet, seperti halnya yaitu memaksimalkan potensi website developer. Oleh sebab itu, saya mempersilahkan kepada kalian untuk lebih menekuni dunia teknologi karena sangat banyak potensi yang bisa kita petik dari sana, bahkan sanggup menjadikannya sebagai ladang usaha.”

Contoh Kata Penutup 3

“Masuk ke akhir pembahasan presentasi kali ini, tidak lupa saya ingin menyampaikan satu pernyataan dari seorang tokoh bernama Walt Disney. Ia mengatakan semua impian pasti bisa kamu wujudkan, jika kamu memiliki keberanian untuk mengejar mereka. Artinya, kalau kamu punya impian maka genggam impian tersebut, yakini dan kejar. Percayalah bahwa impian kamu pasti bisa diwujudkan.”

Contoh Kata Penutup 4

“Seperti yang kita ketahui bahwa dunia digital semakin berkembang pesat, maka dari itu pandailah kita menengok peluang bahwasannya media seperti internet ini juga dapat menjadi satu ladang usaha yang sangat menjanjikan. Saya harap mulai hari ini mari kita perdalam lagi potensi di bidang internet ini untuk mengetahui sisi positif yang bisa kita ambil dan manfaatkan.”

Contoh Kata Penutup 5

“Sebagai penutupan, izinkan saya untuk menyampaikan satu pantun sebelum mengakhiri presentasi ini. Nasi, goreng rasanya gurih, dimakan di Kota Batu. Kuucapkan terima kasih, atas semua kasih dan perhatianmu.”


Akhir Kata

Jadi seperti itu penjelasan kita mengenai bagan penutup materi presentasi kalian. Selain pola teknis menyusun rancangan penutup, kita juga berikan kumpulan kata-kata penutup presentasi diatas. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang