Fitur Pesan Menghilang (Disappearing) Signal

Cara Menggunakan Fitur Pesan Menghilang (Disappearing) Signal

Agar lebih dalam mengenal aplikasi messenger bernama Signal, selanjutnya kita akan berikan ulasan tentang cara menggunakan fitur pesan menghilang (disappearing) Signal.

Kalau kalian gak asing, sistem dari fitur pesan disappearing ini sama seperti pesan waktu yang ada di film detektif James Bond, pesan tersebut memiliki jangka waktu tertentu yang dapat menghilang jika sudah jatuh tempo.


Tujuan Signal memberikan fitur seperti ini jelas, yakni untuk meningkatkan keamanan privasi sesama pengguna.

Sifat pesan disappearing yang sering digunakan itu terkadang isinya cukup rahasia, sehingga informan hanya perlu mengirimkan satu kali saja, dan tidak berlaku pengulangan sebab dikhawatirkan pesan tersebut dapat disalahgunakan.

Bagi user baru aplikasi Signal dan yang belum tahu, jadi setelah WhatsApp beberapa waktu lalu digemparkan dengan kebijakan anyar yang dinilai sangat merugikan penggunanya, banyak orang-orang yang kemudian berpaling untuk pindah memakai aplikasi messenger lainnya.

Mayoritas pilihan mereka jatuh kepada aplikasi bernama Signal, kenapa harus Signal?

Yang pertama aplikasi berikut banyak memiliki kemiripan dengan WhatsApp, dari segi pengoperasian keduanya sama-sama ringkas dan simpel, jenis percakapan chat juga termasuk enkripsi end-to-end.

Dan umumnya media komunikasi digital jaman now, Signal sudah mendukung obrolan dalam bentuk pesan multimedia, seperti mengirim gambar, foto, video, file, audio dan voice note. Untuk memperluas jangkauan interaksi, kamu juga akan mendapatkan fitur telepon dan video call.

Lantas bagaimana soal keamanan privasi di dalam aplikasi Signal?

Banyak yang membandingkan jika Signal lebih aman ketimbang WhatsApp, bahkan developer pun terus meningkatkan pelayanan tersebut sebagai bentuk wujud loyalitas kepada penggunanya.

Salah satu fitur itu mereka tuangkan dalam tools Pesan Menghilang atau Disappearing. Berikut cara menggunakan fitur pesan menghilang (disappearing) signal.

Cara Menggunakan Fitur Pesan Menghilang (disappearing) Singal

Total ada dua jenis pesan menghilang yang bisa kamu manfaatkan di dalam obrolan chat Signal. Pertama pengguna dapat mengaktifkan tools 1 kali baca, dan yang kedua pesan tersebut diatur batas waktu tempo tertentu sampai benar-benar pesan akan hilang.

Cara mengaktifkannya sangat gampang, silahkan ikuti langkah dibawah ini, dimulai dari pesan 1x baca.

Cara Menggunakan Fitur Pesan Menghilang (Disappearing) Signal 1X

Untuk yang pertama khusus berlaku hanya model pesan multimedia, contohnya seperti foto dan video. Nantinya setelah kamu sisipkan pesan tersebut, sebelum dikirim silahkan tekan icon berbentuk lambang infiniti atau angka 8 terbalik di sisi pojok kanan bawah, untuk lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Signal.
  2. Silahkan masuk ke dalam obrolan chat yang ingin kamu kirim pesan.
  3. Pencet tombol berbentuk icon + di pojok kanan bawah.Klik Tombol Plus Di Pojok Kanan Bawah
  4. Nanti akan muncul tampilan recent foto atau video di bawah kolom chat, untuk lebih lengkap silahkan ketuk folder Galeri.Pilih File Media Lewat Folder Galeri
  5. Pilih salah satu gambar atau video yang ingin kamu kirim.Pilih Salah Satu Foto Kemudian Lanjutkan
  6. Setelah terpilih, pencet fitur pesan 1 kali baca di sisi pojok kiri bawah di samping kolom chat. Ketuk sampai logonya berubah menjadi 1X.Tekan Icon Infiniti Atau Angka 8 Terbalik
    Tekan Tombol 1X Lalu Kirim
  7. Setelah itu tinggal kamu kirim.
  8. Selamat mencoba.
Bosan menggunakan aplikasi WhatsApp ? Kamu bisa pindah ke Signal. Lalu grup WAnya bagaimana ? Tenang kami bisa pindahkan grup WhatsApp ke Signal.

Cara Menggunakan Fitur Pesan Menghilang (Disappearing) Signal Periode Waktu

Berikutnya pesan menghilang dapat disetting berdasarkan tempo atau periode waktu tertentu. Umumnya pesan tersebut sifatnya sangat rahasia, jadi setelah jangka waktu pesan dibaca si penerima, akan hilang dengan sendirinya supaya tidak diketahui oleh orang lain.

Kamu bebas mengatur ingin berapa lama pesan diterima, Signal menyediakan pilihan dari 5 detik hingga 7 hari. Silahkan ikuti cara dibawah ini untuk mengaturnya.

  1. Buka aplikasi Signal.
  2. Masuk ke dalam obrolan chat target yang ingin kamu pasang fitur pesan menghilang.
  3. Setelah jendela chat terbuka, ketuk nama kontak sampai terbuka informasi.Ketuk Nama Untuk Membuka Profil
  4. Pencet menu Penghilang Pesan.Pencet Menu Penghilangan Pesan
  5. Silahkan scroll kebawah untuk menentukan periode waktu pesan akan menghilang.
  6. Terakhir pencet OK.Tentukan Waktu Lalu Pilih OK
  7. Kemudian kembali ke obrolan Chat untuk menyimpan pengaturan.
  8. Selamat mencoba.
Baru saja install Signal ? Coba simak panduan cara menggunakan aplikasi Signal, biar kamu gak bingung saat menggunakannya.

Akhir Kata

Bagaimana cara menggunakan fitur pesan menghilang (disappearing) Signal sangat mudah bukan?

Sekarang kamu gak perlu khawatir lagi soal keamanan privasi di dalam aplikasi messenger berikut, dijamin jika fitur diatas sudah diaktifkan, maka isi pesan kamu bakal aman. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.