Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di Windows 11

Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error

Pesan kesalahan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATHC Error, termasuk salah satu dari serangkaian problem yang terjadi saat mengakses internet.

Disini tim Kompiwin ingin memberikan solusi, bagaimana mengatasi permasalahan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error pada Windows 11.

Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, kami ingin kalian semua tahu pengertian dan penyebab pesan SSL Error di atas muncul.

Penjelasan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error

Pesan seperti ini akan terjadi saat kita gagal melakukan akses ke dalam browser. Terus apa arti dari ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error?

Singkatnya, browser yang kamu bukan tersebut, sedang menjalankan tugas untuk mengecek sertifikat SSL.

Aktivitas seperti ini lazim dilakukan browser untuk mencari tahu keaslian web yang diakses, apakah sudah sesuai dengan protokol yang benar serta mengamankan koneksi atau belum.

Jika browser mendeteksi ada yang tidak beres dari situs tersebut, kamu akan mendapatkan pesan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error.

Tujuan dari tugas browser ini cukup membantu, supaya website yang pengguna akses jadi lebih aman dari ancaman-ancaman kejahatan digital yang cukup merugikan.

Satu hal yang perlu diingat, peluang munculnya pesan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error, berlaku bagi situs yang memasang SSL dan enkripsi HTTPS. Kamu bisa menandainya dengan icon gembok yang ada di alamat url browser.

Penyebab ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di Windows 11

Penyebab pertama sama seperti penjelasan di atas, jika website yang kamu akses terdeteksi membahayakan, maka browser secara otomatis akan memutuskan koneksi.

Lalu penyebab selanjutnya pesan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error, terjadi saat versi protokol browser. Jika protokol yang terpasang masih versi lama, kemungkinan belum kompatibel dengan update versi protokol yang baru, sehingga sistem akan terus mendeteksi bahwa situs tersebut tidak aman.

Quick UDP Internet Connections (QUIC) bisa menjadi pemicu juga error SSL ini sering terjadi. Begitu dengan faktor lain, seperti cookies, riwayat browser, dan cache browser sudah menumpuk.

Setelah cukup mengerti atas pengertian dan penyebabnya, langsung saja kita masuk cara mengatasi pesan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di sebuah perangkat Windows 11.

Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di Windows 11

Ada beberapa cara mengatasi saat browser gagal akses seperti pesan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error. Tutorial ini juga bisa digunakan di Windows 11 dan Windows 10.

Silahkan ikuti langkah-langkah dalam memperbaiki ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di Windows 11 dibawah ini.

Aktifkan Dukungan TLS 1.3

Cara ini efektif dilakukan di versi Google Chrome versi lama, kalau kamu berada di versi 80.0.3987.1222, bisa ubah pencarian menjadi TLS 1.3 downgrade hardening. Setelah itu aktifkan modenya menjadi Default.

  1. Pertama buka Google Chrome.
  2. Setelah terbuka ketikkan di kolom URL, chrome://flags lalu Enter.1 Masuk ke Alamat - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  3. Kemudian ketik di kotak pencarian TLS.2 Ketikkan TLS - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  4. Nanti muncul beberapa pilihan, silahkan kamu cari TLS 1.3.
  5. Aktifkan dengan cara mengubah kotak yang ada di samping menjadi Enable.

Matikan Protokol QUIC

Fungsi dari QUIC (Quick UDP Internet Connections), adalah untuk mengiri package sederhana memakai User Datagram Protocol tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

QUIC selain lebih bagus dari beberapa layanan proteksi lain, tetapi protokol satu ini sering memicu peringatan konten campuran, seperti kasus ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Ketikkan di kolom URL dengan chrome://flags lalu Enter.1 Masuk ke Alamat - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  3. Setelah itu ketikkan di kotak pencarian QUIC.3 Ketikkan Quic - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  4. Cari pada bagian Experimental QUIC Protocol.
  5. Selanjutnya kamu ubah modenya menjadi Disable.4 Atur Jadi Disable - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  6. Selesai.

Hapus Histori Pencarian Web dan Cache yang Menumpuk

Bukan hanya memicu ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error saja, namun penumpukan cache ini juga berakibat menurunnya performa browser secara drastis.

Contohnya seperti akses yang lemot, membuka situs terasa berat, bahkan sering kali crash. File cache ini bisa berupa data, teks, gambar dan sebagainya.

Alangkah lebih baik, kalau kamu sering membersihkan riwayat browser secara rutin, agar performanya tetap optimal.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Pencet icon titik tiga di pojok kanan atas.5 Icon Titik tiga - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  3. Masuk ke dalam menu Settings.6 Pencet Settings - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  4. Disini kamu bisa klik tombol System di menu sisi kiri.7 Ketuk System - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  5. Dan ketuk menu Open Proxy Settings.8 Buka Proxy - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error
  6. Nanti akan muncul jendela baru, klik saja menu tab Content (Old Version).
  7. Selanjutnya pencet Clear SSL State. Dan ketuk OK (Old Version).
  8. Atau versi baru matikan semua aktivasi Proxy di jendela Settings.9 Matikan Semua - Cara Mengatasi ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang cara mengatasi salah satu isu persoalan ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Error di sebuah perangkat Windows 11.

kuti langkah-langkahnya, semoga dapat membantu jawab kebingungan kalian apa yang terjadi di browser PC masing-masing.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar