Rekomendasi 5 Emulator PS3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Rekomendasi Emulator PS 3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Dari beberapa jenis konsol game yang ada, PlayStation besutan Sony merupakan konsol yang sangat diminati banyak orang.

Sejak seri pertama yaitu PlayStation 1, hingga kini mereka mengeluarkan versi terbaru, banyak sekali pengguna yang masih tetap setia memainkan konsol PlayStation.

Oleh sebab itu eksistensi Sony dalam dunia game lebih mendominasi dibanding dengan beberapa kompetitornya, seperti XBOX maupun Nintendo.

Sekarang PlayStation 3 sudah menjadi barang yang sangat reasonable buat kalian beli, dari segi game pun grafiknya sudah mendekati PlayStation 4. Dan game yang dapat dimainkan pun juga sangat beragam. Walau demikian, sebagian lebih memilih mendownload emulator PS3 ketimbang mereka beli konsol secara terpisah.

Karena melalui emulator, kita sudah bisa bermain game PlayStation 3 di PC atau laptop. Tidak perlu lagi sambungan TV atau layar monitor tambahan.

Pada pembahasan kali ini kita akan berikan daftar rekomendasi emulator PS3 terbaik untuk PC dan laptop gratis dan bisa diunduh secara gampang.

Emulator PS 3 Terbaik Untuk PC dan Laptop

Salah satu alasan kenapa kita harus download emulator ini adalah bermain game jauh lebih fleksibel dan list permainan di PlayStation 3 banyak yang menarik apalagi kualitas grafiknya sudah mendekati ultra.

Bagaimana soal kontroler? Tentu akan merepotkan bila kita bermain game PlayStation tanpa joystick layaknya konsol PlayStation pada umumnya.

Tenang saja, sudah banyak produksi joypad terjual luas di pasaran. Tinggal kita pasangkan ke PC, kemudian install drivernya, dan terakhir atur konfigurasi controller di dalam emulator tersebut.

Dan berikut beberapa rekomendasi emulator PS3 terbaik untuk PC dan laptop paling populer dibawah ini.

1. RPCS3

RPCS3 Emulator PC - Rekomendasi Emulator PS 3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Banyak yang menyebut bahwa emulator PS3 itu cukup ribet. Fakta itu juga kita benarkan, sebab arsitektur mesin dalam PS 3 dinilai sulit untuk diterjemahkan dan pengembangannya pun membutuhkan waktu lama.

Tetapi tahun 2022 ini, semua emulator tersebut sudah berhasil disempurnakan, salah satunya adalah RPCS3.

Alat ini paling populer digunakan oleh sebagian gamer. Hasil dari testimoninya mengatakan kalau RPCS3 telah cukup stabil dalam memainkan game meskipun dalam durasi lama.

Bahkan di spesifikasi PC tertentu, kalian dapat mengatur hingga 60 FPS.

DetailRPCS3
OSWindows 7 or Higher
RAM4 GB
Kartu GrafisAMD Evergreen architecture, HD 5000 series or higher, NVIDIA Fermi architecture, GTX 400 series or higher
CPUCPUs without AVX2 and with less than 4 cores (Intel & AMD)

2. RetroArch

Emulator Retroarch - Rekomendasi Emulator PS 3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Emulator RetroArch termasuk salah satu aplikasi lawas. Kalau kebanyakan emulator PS 3 itu hanya khusus menjalankan game-game PlayStation 3 saja, tetapi disini kamu juga dapat memainkan game lain baik seperti SNES, Gameboy Advance, PlayStation 1, dan PlayStation 2.

Developer RetroArch masih sering melakukan development untuk menghasilkan rancangan aplikasi yang stabil. Karene kita tahu sendiri, kalau bermain game itu harus dalam kondisi yang nyaman, lancar, dan tidak ada kejadian-kejadian error maupun lag.

DetailRetroArch
Ukuran161 MB
OSWindows 2000 up
RAM515 MB
Kartu GrafisIntel: At least Intel HD 4K required for OpenGL, any compliant D3D11 GPU for Direct3D 11. Should support at least Shader Model 3.0 and/or 4.0.
CPUIntel atau AMD Series

3. ESX PS3

ESX Emulator PC - Rekomendasi Emulator PS 3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Rekomendasi emulator PS 3 terbaik untuk PC dan laptop yang berikutnya, silahkan download dan coba aplikasi ESX PS3.

Sama seperti diatas, developer masih terus memberikan perhatian guna mengembangkan emulator nya jauh lebih baik.

Alat ini terkenal stabil, di dalamnya banyak sekali fitur serta fungsi yang dapat kamu jalankan untuk mendukung pengalaman bermain game makin mengasyikkan.

Salah satu fiturnya yakni peningkatan FPS game, controller emulator, sampai menyediakan pengaturan program sesuai rekomendasi spec device.

DetailESX PS3
OSWindows 7 or Higher
RAM1 GB (32bit), 2 GB (64bit)
Kartu GrafisGPU AMD / NVIDIA / Intel Direct X 10 dengan Memori 1GB dan Pixel shader model 3.0
CPUProsesor Intel / AMD 2.5 GHz atau lebih tinggi dengan SSE3

Baca Juga :

Ingin bermain game PlayStation 2 di PC dan laptop ? Kamu bisa gunakan rekomendasi emulator PS2 yang ringan dan terbaik untuk PC dan laptop.

4. Nucleus

Nucleus Emulator PC - Rekomendasi Emulator PS 3 Terbaik untuk PC dan Laptop

Nucleus merupakan emulator hasil garapan AlexAlteas. Mereka membuat lalu membagikan rancangan emulator ini secara gratis.

Penggunaannya terbilang lumayan sulit, karena pada dasarnya Nucleus adalah sebuah program open source yang dibagikan kepada kalangan penggiat komputer.

Untuk menjajal sebuah game, perlu sedikit ketelitian agar kita bisa memainkan permainan yang diinginkan.


5. Mednafen Multisystem

Terakhir kita rekomendasikan kalian satu lagi emulator bernama Mednafen Multisystem. Dari segi tampilan, emulator berikut mempunyai interface yang cukup simpel. Kelebihan lainnya terasa dari performa saat bermain game sangat stabil.

Terbukti dengan kemampuan emulator menjalankan game besar seperti God of War 3, hingga game petualangan seperti Red Dead Redemption.

Ukuran aplikasi tidak terlalu berat, jadi buat spesifikasi PC yang tanggung kalian masih bisa menikmati game-game PS 3 walau ada beberapa settingan yang harus diatur sebelumnya.


Akhir Kata

Jadi diatas sudah kita berikan rekomendasi emulator PS 3 terbaik untuk PC dan laptop. Silahkan pilih salah satu yang menurut kalian efektif untuk bermain game-game di PlayStation 3. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang