7 Emulator PS2 Ringan & Terbaik Untuk PC dan Android

Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

PlayStation 2 merupakan game konsol penerus dan pengembangan dari PlayStation 1. Secara fungsi, fitur dan game-nya, sudah lebih membaik disini. Kalian akan mendapatkan pengalamanbermain yang jauh lebih nyata, dari segi grafik pun terlihat lebih luwes lalu lebih detail dan smooth.

Meskipun jika kita bandingkan dengan konsol game versi keluaran terbaru, jelas spesifikasinya masih belum ada apa-apanya, tetapi di jamannya, PlayStation 2 termasuk yang bisa jadi penggebrak evolusi perkembangan game sangat signifikan.

Buat kamu yang dulnyau suka menghabiskan waktu untuk bermain PlayStation 2, apa kalian masih ingat game favorit yang sering kalian mainkan saat itu?

Atau ada kenangan lain seputar PlayStation 2, misalnya main bareng temen-temen di rumah, atau main di rental PS, dan yang sering terjadi pada jaman dulu yaitu anak-anak sering diberi aturan main oleh orang tuanya hanya saat weekend atau hari libur saja…Apakah kamu termasuk salah satunya?

Untuk mengobati rasa kangen tersebut, Tim Kompiwin akan berikan kamu beberapa rekomendasi emulator PS2 yang ringan dan terbaik untuk mainkan game PlayStation 2. Beberapa list rekomendasi emulator PS2 dibawah, bisa kamu gunakan untuk memainkan game PS2 di PC dan laptop ataupun smartphone Android.

Emulator PS2 Ringan & Terbaik Untuk Bermain Game PlayStation 2 di PC dan Android

Pada saat zaman PlayStation 2 dulu game yang paling populer pada saat itu adalah GTA San Andreas. Pertama kali game open world yang mengadopsi POV sebuah karakter manusia, dan dijalankan dalam game secara nyata beserta elemen lainnya.

Dan rata-rata dari segi grafis semua game yang ada di PlayStation 2 meningkat jauh terlihat lebih HD. Karena itu, banyak komponen yang disesuaikan termasuk prosesor konsol, kartu grafis, RAM dan lainnya. Alhasil spesifikasi PS 2 jauh lebih tinggi dibanding PlayStation 1.

Hal ini juga berlaku di sistem program emulatornya. Dibanding dengan emulator PS1, perbandingannya cukup terasa, dari ukuran file belasan MB menjadi puluhan MB.

Tetapi itu bukan perkara yang serius, kita masih tetap bisa menjalankan game dengan mudah sekalipun lewat Android.

Emulator PS2 untuk PC dan Laptop

Emulator PS 2 ringan dan terbaik untuk mainkan Game PlayStation 2 yang pertama kita mulai dari versi PC dan laptop.

Ada beberapa rekomendasi emulator terbaik yang bisa kamu mainkan disini, kelebihan lainnya yaitu kita dapat bermain dengan bantuan Joypad/Joystick. Sehingga sensasinya kurang lebih sama saat bermain konsol PlayStation.

1. PCSX2

PC Emulaotor PCSX2 - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

Emulator PS 2 terbaik yang sering direkomendasikan adalah PCSX2. Bisa dibilang kalau aplikasi emulator berikut yang paling mendekati sempurna, dimana mempunyai settingan cukup kompleks, seperti pengaturan grafis, kontroler, speed hack dan lainnya.

Sehingga kalian bisa menyesuaikan antara spesifikasi hardware dengan program emulatornya. Tujuannya jelas untuk meringankan kerja sistem agar jauh lebih kompatibel.

DetailPCSX2
Ukuran6.1 MB
OSWindows 8.1 or Higher
RAM4 GB
Kartu GrafisDirectX 10 or OpenGL 3.x supported GPU and 2 GB VRAM.
CPUIntel Core 2 Duo 3.2 GHz or Core i3/i5/i7 2,8 GHz or higher | AMD Phenom II 3,2 GHz or higher

2. PPSSPP

(PC) Emulator PPSSPP - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

Berikutnya ada juga emulator lain bernama PPSSPP khusus untuk bermain game-game di PS2. Aplikasi cukup populer dikalangan pengguna emulator PS2, karena banyak sekali jenis game yang bisa kamu mainkan disana.

PPSSPP tersedia juga di versi perangkat mobile, ada juga untuk Windows dan terakhir Linux. Tampilannya mudah dimengerti, jadi orang awam pun tidak akan tersesat saat mengoperasikannya.

Kabar baiknya kalau PPSSPP sanggup berjalan sekalipun di dalam perangkat yang memiliki spesifikasi rendah.

DetailPPSSPP
Ukuran22.66 MB
OSWindows Vista, XP or Higher
RAM2 GB
Kartu GrafisVGA 256MB VRAM stand alone graphics card
CPUProcessor Dual-Core CPU or Single-Core CPU processor 2.0GHz

3. RetroArch

(PC) Emulator Retroarch - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

RestroArch termasuk salah satu emulator PS2 yang sudah cukup lama di kalangan penikmat game PS2. Kalian dapat memainkan beragam jenis game PS 2 bahkan aplikasi ini juga kompatibel untuk memainkan game-game PlayStation 1 zaman dulu. Walau eksistensi RetroArch terbilang senior, namun emulator masih dapat berjalan stabil serta minim hambatan.

Tampilan interface dari emulator RetroArch terkesan sangat rapi dan simpel. Sehingga memudahkan setiap pengguna mencari file game yang ingin mereka mainkan.

DetailRetroArch
Ukuran161 MB
OSWindows 2000 up
RAM515 MB
Kartu GrafisIntel: At least Intel HD 4K required for OpenGL, any compliant D3D11 GPU for Direct3D 11. Should support at least Shader Model 3.0 and/or 4.0.
CPUIntel atau AMD Series

Emulator PS 2 (Android)

Ada beberapa rekomendasi emulator PS2 khusus untuk Android, tetapi kalian harus selektif sebab tidak semua emulator tersebut ramah di perangkat.

Maksudnya ramah adalah berjalan tanpa lag, dapat membaca file ISO dengan baik, dan spesifikasi aplikasi ringan.

1. Play! PS 2 Emulator

(Android) Emulator Play - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

Play! Ini sebetulnya juga tersedia untuk versi PC atau laptop dan sudah banyak yang bilang kalau hampir semua file ISO game di PS2 sanggup berjalan secara mulus.

Sebagian player yang mengaku suka memakai emulator berikut, itu karena tampilan interface yang sederhana, mudah dipahami, dan spesifikasinya pun cenderung ringan.

Minimal Play! Bisa berjalan di versi sistem operasi Android Honeycomb 3.0 keatas. Ukurannya pun ringan hanya 8.2 MB saja. jadi jangan khawatir memori kalain bakal penuh.

DetailPlay! PS 2 Emulator
Ukuran8.2 MB
RAM2 GB or More
OSAndroid 3 Or Higher
DeveloperInfinoxDev

2. Pro PPSS2 Golden

(Android) Emulator PPSS Gold - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

Emulator PS2 untuk Adroid selanjutnya ada Pro PPSS2 Golden. Aplikasi ini cenderung ringan dan bisa kamu coba secara gratis.

Hampir 90% game yang berjalan di PS2, dapat kita mainkan melalui emulator ini. Ditambah dengan kontroler yang nyaman dan personalisasi interface, membuat orang makin betah memakainya.

Kalau untuk emulator PC atau laptop kita perlu install BIOS, namun disini tidak ada lain aktivitas tersebut tinggal dimainkan saja.

DetailPro PPSS2 Golden
Ukuran7.8 MB
RAM2 GB or More
OSAndroid 4.2 Or Higher
DeveloperPS2 Emulator Team

3. Aether SX2

(Android) Emulator Aether SX2 - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

Siapa dulu yang suka bermain Gran Turismo 4, God of War 2, Tekken 5, Bloody Roar 3, Persona 4, dan Ratchet & Clank.

Kabar baik bahwa emulator PS2 yang bernama Aether SX2 dapat menjalankan semua game tersebut bahkan masih banyak lainnya. Aplikasi ini dirancang oleh developer bernama Tahlreth.

DetailAetherSX2
Ukuran14 MB
OSAndroid 8.0 Or Higher
DeveloperTahlreth

4. PPSSPP Android

(Android) Emulator PPSSPP Android - Emulator PS 2 Ringan Dan Terbaik Untuk Mainkan Game Playstation 2

PPSSPP juga kita rekomendasikan sebagai emulator PS2 untuk PC dan laptop. Tetapi faktanya mereka juga menawarkan untuk versi Android. Tampilannya sangat baik, kualitas game terasa sangat tajam, dan kontrolnya mudah user friendly.

Performa PPSSPP versi Android sudah tidak kita ragukan lagi, soal kecepatan load data sangat bagus, jadi player tidak perlu menunggu lama-lama saat membuka game disana. Selain itu banyak yang menyebutkan kalau emulator ini anti bug dan juga lag.

DetailPPSSPP
RAM5 GB
OSAndroid 2.3 Or Higher
RAM2 GB or Higher
DeveloperHenrik Rydgard

Akhir Kata

Jadi seperti itulah daftar rekomendasi emulator PS 2 ringan dan terbaik untuk memainkan game PlayStation 2.

Silahkan pilih antara versi PC dan laptop ataupun untuk Android, sesuaikan dengan kebutuhan kalian maupun kenyamanan pemain. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang