Emulator PS1 Terbaik untuk PC & Laptop serta Android

Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Ada yang menjadikan game sebagai passion, hobi atau bahkan hanya untuk digunakan dalam mengisi waktu luang saja.

Banyak sekali game player yang sudah diproduksi sampai saat ini, dari mulai konsol PS, Xbox, Nintendo bahkan PC, dan dari masing-masing device player tersebut memiliki jenis game yang beragam.

Memang salah satu konsol yang populer bagi kalangan gamers adalah Playstation. Dari beberapa generasi, Playstation ini selalu setia menemani kita.

Buat generasi anak 9-0an tentu pernah merasakan saat PS1 mulai pertama kali dirilis. Walaupun pada saat itu jenis gamenya masih cukup sederhana, baik dari segi grafik maupun roleplay…namun pada eranya semua game PS1 terasa sangat mengasyikkan.

Banyak sekali kenangan yang bisa kita rasakan di sana, seperti nostalgia game jadul, rindu dengan suasana saat bermain game-game PS1, sampai ingat dimana masa rental PS masih berjaya di jamannya.

Pada pembahasan kali ini Tim Kompiwin akan membagikan beberapa rekomendasi emulator PS1 yang dapat dijalankan di PC dan laptop serta smartphone Android. Perkembangan teknologi saat ini dapat memungkinkan para pengguna bermain game konsol PS di perangkat selain konsol.

Melalui emulator kita dapat memutar semua jenis game PS1 dan akan lebih praktis saat kita memakai PC dan laptop ataupun Android dalam bermain game PS1 zaman dulu.

Kumpulan Emulator PS 1 Terbaik Di Android & PC

Ada banyak emulator yang support di beberapa jenis device baik itu PC dan laptop maupun Android. Karena PlayStation 1 termasuk pelopor game konsol, maka ukuran aplikasi emulator PS1 ini cenderung lebih kecil dibanding dengan emulator PS2 ataupun emulator PS3.

Jadi kalian gak perlu khawatir requirement spec device yang dipakai tidak harus berukuran besar. Bahkan minimal kami juga memberikan rekomendasi emulator PS1 untuk Android yang dapat dijalankan di Android 2.3 Gingerbread dengan prosesor serta RAM yang mencukupi.

Berikut adalah kumpulan beberapa dari emulator PS 1 terbaik untuk PC dan laptop serta kami juga berikan emulator PS1 untuk smartphone Android untuk nostalgia bermain game Playstation zaman dulu.

Emulator PS 1 untuk PC dan Laptop

Keberadaan emulator PS1 di PC dan laptop ini telah dikembangkan cukup lama. Mengingat umur konsol yang mereka copy sudah eksis sejak lama, maka banyak sekali rekomendasi aplikasi emulator PS1 yang bisa kita pakai pilih sesuai kebutuhan.

1. RetroArch

Emulator PC RetroARch - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Pertama ada dari RetroArch, aplikasi berikut tidak hanya digunakan untuk bermain game saja, tetapi pengguna juga bisa melakukan kustomisasi emulator mereka melalui menu setting.

Bahkan RetroArch memungkinan kita untuk membuat game atau bahkan emulator baru sesuai dengan versi kita sendiri. Kenapa bisa seperti itu?

Sebab aplikasi berikut memakai program bernama Liberto, dan fungsi dari Liberto ini bisa kita modifikasi dengan mudah serta mempunyai fitur beragam seperti OpenGL.

DetailRetroArch
Ukuran161 MB
OSWindows 2000 up
RAM515 MB
Kartu GrafisIntel: At least Intel HD 4K required for OpenGL, any compliant D3D11 GPU for Direct3D 11. Should support at least Shader Model 3.0 and/or 4.0.
CPUIntel atau AMD Series

2. PCSXR

Emulator PC PCSXR - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Rekomendasi emulator kedua ini ada dari PCSXR. Keberadaan emulator PS1 berikut ini tergolong sangat legendaris sebab dari mulai tahun 2010, PCSXR sudah dipopulerkan oleh beberapa gamer diluar sana.

Kelebihan dari PCSXR yakni dapat menghasilkan grafik yang bagus, bahkan respon emulator terasa jauh lebih responsif ketimbang emulator pendahulunya.

Serta satu lagi, ukuran yang kecil memudahkan setiap jenis device PC dan laptop sanggup menerima requirement dari aplikasi. Langsung saja kamu coba lewat link download dibawah ini.

DetailPCSXR
Ukuran5.98 MB
OSWindows 7 up
RAM1 GB
CPUIntel Pentium 4

3. Mednafen

Emulator PC Mednafen - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Cerita unik dibalik emulator PS1 yang bernama Mednafen, aplikasi ini dibuat atau dikembangkan oleh para development sukarela dan disebarkan di internet secara gratis.

Sampai saat ini mereka tetap terus mengembangkan Mednafen supaya tetap terus bisa dimainkan dengan lancar tanpa ada gangguan program. Selain PS1, ada beberapa jenis game lain seperti Game Boy dan NES.

4. ePSXe

Emulator PC ePSXe - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Berikutnya ePSXe merupakan emulator PC dan laptop serta juga tersedia untuk versi Android yang memiliki sistem kustomisasi sesuai preferensi kegunaan pengguna.

Melalui alat ini, kalian dapat bermain game dengan hasil gambar yang lebih tajam, lalu FPS jauh lebih stabil serta konfigurasi lainnya.

Ada juga opsional plug in dan BIOS yang kamu bisa download secara terpisah.

DetailePSXe
Ukuran1.3 MB
OSWindows XP SP3 up
RAM512 GB
CPUIntel Pentium 4
Kartu Grafis3D graphics card supporting OpenGL or DirectX With 32 MB VRAM
Baca Juga :

Mau bermain game Playstation 3 menggunakan PC atau laptop ? Silahkan ikuti langkah-langkah bermain game PS3 dengan PC dan laptop.


Emulator PS 1 untuk Android

Berikutnya daftar emulator PS 1 terbaik untuk Android, karena sekarang melalui smartphone kita juga bisa memainkan game-game Playstation 1 dimana saja dan kapan saja.

1. FPse

Emulaotor Android 1 - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Siapa sangka dari konsol PS1 kita bisa memainkan beberapa game list melalui Android. Walau sistem Qndroid ini terdengar sangat ringkas ketimbang versi PC dan laptop, tetapi kualitas yang dihasilkan gak kalah tajamnya.

Gameplay-nya pun jauh lebih stabil, tidak ada angka frame yang turun bahkan kamu bisa memainkannya dengan sensasi lebih nyata.

DetailFpse
Ukuran7.4 MB
OSAndroid 2.1 up
DeveloperSchtruck & Ldchen

2. EmuBox

Emulator Android 2 - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Kalau kamu ingin lebih kompleks, emulator PS1 yang bernama EmuBox ini akan jadi solusi terbaik. Pengguna bisa memainkan berbagai macam jenis game, dan tidak hanya PS1 saja, tetapi ada banyak game lain yang support seperti NDS, SNES dan GBA.

Sebanyak 500 ribu orang telah menilai aplikasi ini, dan mereka telah meninggalkan penilaian jika emubox cukup worth it.

Keunggulan dari Emubox salah satunya bisa berjalan di Android 4.1 Jelly Bean. Itu membuktikan bahwa emulator PS1 untuk Android ini, bisa berjalan walaupun spesifikasi Android versi lama.

DetailEmuBox
Ukuran32 MB
OSAndroid 4.1 up
DeveloperEmuBox JSC

3. ClassicBoy

Emulator Android 3 - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Kurang lebih fungsi dari aplikasi ClassicBoy ini sama dengan Emubox diatas. Kalian bisa memainkan beberapa jenis game sekaligus. Tidak hanya PS1 saja, tetapi game-game jadul seangkatan bisa kamu putar secara gratis.

Contoh konsol yang support dengan ClassicBoy ini adalah, GameBoy, Advance, Nintendo 64, Sega Genesis, Playstation dan lainnya. Game-game seperti dingdong pun juga dapat kamu mainkan disini.

DetailClassicBoy
Ukuran41 MB
OSAndroid 2.3 up
DeveloperPortableAndroid
Versi6.3.2

4. PS1 Emulator

Emulator Android 4 - Emulator PS 1 Terbaik Di Android Dan PC Untuk Nostalgia Bermain Game

Game yang dikembangkan oleh Intuitive Applications satu ini dapat kamu unduh melalui Play Store. Ukurannya pun sangat kecil hanya 13 MB saja, disana tersedia banyak sekali game yang dapat kamu mainkan secara gratis.

Jangan khawatir lagi soal kompabilitas aplikasi, sebab semua game telah mereka filter khusus berjalan di sistem operasio Android.

DetailPS1 Emulatoir
OSAndroid 4.0 up
Ukuran13 MB
DeveloperSkymob Technology
Versi1.4

Akhir Kata

Diatas sudah kita berikan rekomendasi emulator PS 1 terbaik untuk PC dan laptop serta untuk smartphone Android juga.

Silahkan pilih kalau kamu suka bermain game lewat PC dan laptop, silahkan download yang kita rekomendasikan khusus PC dan laptop. Sedangkan kalau emulator PS1 untuk Android, silahkan download sesuai list di bagian Android. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang