15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat

Emulator Andorid PC

Kamu ingin coba menggunakan aplikasi Android di PC atau laptop? Caranya mudah, kamu bisa menggunakan emulator Android PC. Seperti namanya, emulator tersebut memiliki fungsi yang membuat PC dapat menjalankan aplikasi Android.

Biasanya orang-orang menggunakan emulator Andorid PC ini untuk bermain game mobile dan membuka aplikasi-aplikasi khusus Android lainnya di PC dan laptop.

Banyak alasan kenapa pengguna PC dan laptop ingin menginstall aplikasi Android di PC dan laptop. Seperti untuk gamer, mereka lebih suka bermain game mobile di PC dan laptop karena memiliki layar yang lebih besar.

Tidak hanya itu, saat ini ada banyak aplikasi game Android yang memiliki spesifikasi tinggi yang membutuhkan spesifikasi perangkat HP Android yang tinggi pula dan jika ingin membeli harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari alternatif dengan menginstall emulator Android di PC atau laptop mereka. Dan pada artikel kali ini, kita akan embahas rekomendasi emulator Andorid PC dimulai dari yang paling ringan untuk kamu gunakan.

Mau tahu apa aja emulator Android yang paling ringan sampai yang menurut kami paling berat? Yuk, langsung kita simak rekomendasinya dari Tim Kompiwin.

1. MEmu

Satu dari beberapa emulator Android yang cukup bagus dan ringan. MEmu software yang bisa digunakan untuk memainkan dan mengemulasikan beragam aplikasi Android secara bersamaan.

Hebatnya lagi, emulator ini juga memiliki support AMD dan Intel CPU sehingga memiliki kualitas sangat baik untuk memainkan game apapun tanpa kendala.

Emulator ini memiliki software Android Nougat secara defaultnya, tetapi juga bisa menggunakan versi KitKat dan Lolipop secara bersamaan.


2. LDPlayer

Hadir dengan menggunakan sistem Android Nougat 7.1.2. Emulator Android LDPlayer memungkinkan kamu untuk memainkan beragam game Android dengan spesifikasi tinggi full dengan full 60FPS.

Tak mengherankan bukan, jika Emulator ini menjadi salah satu rekomendasi emulator Android PC terbaik dan ringan.


3. NOX Player

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 16

NoxPlayer menjadi salah satu emulator Android PC cukup baru yang bisa digunakan untuk memainkan game Android di PC.

Dibandingkan emulator pada umumnya, NoxPlayer menyusung sistem Android 5.1 dan 7.1 yang compatible dengan x86 atau AMD.


4. BlueStack

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 17

Emulator Android Blue Stack memiliki fitur yang unik, serta kumpulan game yang compatible yang bisa dijalankan tanpa lag.

Terlebih lagi setelah update beberapa saat yang lalu, emulator ini semakin stabil untuk menjalankan aplikasi dan game-game Android lainnya.


5. Gameloop

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 18

Bagi yang suka bermain game PUBG Mobile di PC dan laptop pasti tahu emulator ini. Yap benar, Gameloop.

Gameloop merupakan salah satu emulator Android PC yang secara umum digunakan untuk memainkan game-game Android seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire, dan game-game keren lainnya.

Beberapa game yang tersedia di emulator sudah compatible dengan game yang dikembangkan oleh Tencent. Dimana sebelumnya, emulator ini bernama Tencent Gaming Buddy yang merupakan emulator resmi untuk game-game Tencent.

Selain itu, ada beberapa game seperti Fortnite yang bisa dimainkan di emulator tersebut dengan frame rate yang tentunya stabil tanpa gangguan.


6. Andy

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 19

Andy atau Andyroid merupakan salah satu emulator di Android yang memberikan kustomisasi yang cukup keren untuk penggunanya.

Pengguna bisa menggunakan smartphone sebagai controller di Andy dengan menghubungkannya secara langsung melalui koneksi bluetooth ataupun Wi-Fi.


7. MuMu Player

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 20

MuMu merupakan emulator Android PC yang dibuat oleh NetEase yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memainkan game Android dengan fitur yang sama dengan kompetitornya.

Emulator ini menggunakan sistem Android 6.0 ataupun dibawahnya dengan boot time serta fitur yang cukup banyak untuk memainkan game – game yang tersedia di pasaran.


8. Phoenix OS

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 21

Phoenix OS merupakan emulator Android PC yang tergolong cukup baru di PC dan laptop. Seperti kebanyakan emulator tersebut, mereka membanggakan stabilitas untuk pemain game tersebut.

Namun, mereka juga mengedepankan desktop like experience untuk meningkatkan produktifitas yang ada dan kemudahan penggunaan emulator di PC. 


9. PrimeOS

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 22

PrimeOS bisa disebut emulator karena mensimulasikan sistem operasi Android di PC. Namun, mekanisme yang digunakan PrimeOS cukup berbeda dari kebanyakan emulator lainnya.

PrimeOS sendiri akan mengganti sistem operasi PC kalian menjadi PrimeOS sehingga tampilan serta cara kerjanya akan menyerupai Android.

PrimeOS sendiri sangat cocok buat kalian yang membutuhkan produktifitas serta yang suka bermain game terutama game Android yang berbasis FPS (First Person Shooter).

Karena pada emulator ini menyediakan fitur krusial seperti gaming center yang dapat compatible dengan mouse dan keyboard yang terhubung di PC.


10. GenyMotion

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 23

Rekomendasi emulator Andorid PC selanjutnya adalah Genymotion  yang mampu memberikan kemudahan bagi developer Android untuk menguji aplikasi atau game dengan beberapa perangkat sekaligus.

Sejauh ini, Genymotion bisa menjalankan emulator smartphone seperti Nexus One dengan Android 4.2 atau Nexus 6 dengan Android 6.0.


11. Bliss ROM

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 24

Emulator Bliss ini cukup berbeda dengan emulator lainnya. Kamu dapat secara langsung menggunakan emulator ini hanya dengan menggunakan USB saja. Namun, tentu step-step untuk menjalankan emulator tersebut dengan USB perlu kalian pelajari lagi.

Bliss sendiri juga sudah support dual Boot jadi jika kalian ingin kembali menggunakan windows kalian tinggal men-switchnya kembali ke sistem operasi Windows.


12. Droid4x

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 25

Emulator Android PC selanjutnya adalah Droid4x. Droid4x merupakan emulator yang masih bisa digunakan sampai tahun 2020.

Emulator ini menjadi salah satu emulator favorit pada jamannya. Banyak sekali game – game simple yang bisa dimainkan disini. Walaupun begitu, Droid4x sudah dilepas dan sudah tidak memiliki update lagi.


13. AMIduOS

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 26

AMIDuOS adalah emulator Android ringan terbaik yang dapat bekerja dengan baik untuk segala kebutuhan, mulai dari developer dan game. Kamu bisa mengunduh dan menikmatinya gratis selama 30 hari.

Selanjutnya, bakal ada 2 pilihan yakni : Android versi Jelly Bean seharga US$10 (sekitar Rp 140 ribuan) atau Lollipop seharga US$15 (sekitar Rp 200 ribuan).


14. KOPlayer

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 27

KOPlayer adalah salah satu pemain baru dalam dunia emulator aplikasi mobile untuk PC. Aplikasi emulator Android PC ini sangat cocok buat kamu para gamer mobile di PC.

Emulator ini tentu bisa menjalankan aplikasi Android di PC dan bisa mengubah keyboard menjadi controller untuk beberapa game Andorid.


15. Xamarin

15 Emulator Android PC Mulai Paling Ringan Sampai Terberat 28

Xamarin adalah emulator Android PC yang memiliki kualitas sangat baik dan cocok untuk bermain game Android di PC. Xamarin dapat menjalankan emulator untuk Android 4.2 atau  Android 6.0.


Penutup

Itulah beberapa rekomendasi emulator Android PC yang dapat kamu gunakan. Emulator Android PC mana yang ingin kamu coba? Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu pembaca.

Inda Putri
Sebuah anomali dunia. Terobsesi dengan film dan buku. Menulis adalah hobi bukan pekerjaan.