Download Windows 10

Download Windows 10 10
Download Windows 10

Generasi penerus versi Operating System Windows 8.1 mulai diperkenalkan pada tahun 2015 silam.

Tepatnya pada tanggal 29 Juli 2015. Pertama kali dirilis, para pengguna sangat menyambut baik kehadirannya ini, alhasil banyak orang yang gak sabar ingin download Windows 10 dan memasang di perangkatnya masing-masing.

Dari segi ubahan, sistem terbaru berikut cukup memberikan kesan yang menarik dan fresh. Yang pertama yakni posisi menu start sekarang sudah di pindah pada posisi default.

Jika sebelumnya pada generasi Windows 8 kalian memunculkan tombol start harus menggeser kursor di bagian tepi kanan layar, sekarang akses navigasi tersebut sudah bisa kamu klik normal seperti versi Windows terdahulu.

Selain sistem user interface baru, Windows juga menambahkan fitur yang lebih efektif dan membantu dalam kebutuhan para pengguna.

Fitur Windows 10

Sebelum kalian download Windows 10, pertama kenali terlebih dahulu apa saja fitur yang telah disematkan pada sistem operating yang satu ini.

Karena kabarnya, ubahan yang disematkan sangat berlimpah, sehingga tingkat kepuasan pengguna dijamin akan lebih maksimal dari versi terdahulunya.

1. Dark Mode File Explorer

Jika pada tampilan jendela Windows versi Operating System sebelumnya selalu menggunakan warna template berlatar belakang putih.

Disini kalian bisa mendapatkan dark mode untuk mengubah style jendela Windows berubah menjadi Full Black alias hitam.

Zaman sekarang ini fitur dark mode sepertinya perlu diterapkan di berbagai bidang gadget elektronik, sebab hal ini bisa dikatakan sudah jadi trendsetter tersendiri.

2. Menu Start Baru

Jika Windows 8 mempunya style satu tampilan layar full oleh icon apps dan program dalam menu Start, disini Windows 10 memakai konsep lama seperti XP dan Windows 7 terdahulu.

Namun, kalian banyak mendapatkan penyegaran tile yang lebih keren dan elegan. Icon kotak-kotak tersebut tetap dipertahankan dari generasi Windows 8.

3. Pengaman PIN

Sepertinya tidak hanya Windows 10 saja yang mendapatkan penyegaran seperti ini. Microsoft memiliki kebiasaan jika sistem Operating Sytem mereka diperbarui mereka juga sekaligus mengupdate fitur safety termasuk penggunaan PIN, fingerprint, dan sejenisnya.

Hal ini sebagai bentuk peningkatan keamanan agar perangkat tidak mudah dijangkau oleh sembarang orang.

4. Search Preview

Fitur yang paling membantu berikutnya adalah Search Preview. Fitur ini dapat memudahkan kalian ketika mencari sesuatu di kolom pencarian atau menu start.

Preview program atau aplikasi bakal keluar di sisi tile menu Start. Jadi program dapat membantu mengisyaratkan deskripsi aplikasi atau sejenisnya.

5. Kemudahan Install Font

Sebagai pengguna Windows lama yang suka gonta ganti tampilan font, disini kamu akan lebih dipermudah.

Jika sebelumnya pemasangan front harus dari akun administrator, sekarang Windows 10 memberikan penyegaran dalam menerapkan font bisa di semua user account.

6. Konsumsi Baterai Di Task Manager

Meski tergolong sebagai tools minor, Task Manager sebenarnya memiliki peran besar dalam sebuah Operating System.

Pada updatean terbaru Windows 10, pengguna bakal mendapatkan menu tampilan Power Usage Trend yang artinya adalah jendela menu tab monitor penggunaan daya aplikasi terhadap baterai.

Sehingga kamu bisa mematikan aplikasi yang menurut sistem terlalu memakan banyak data.

7. HDR Support

Fitur baru ini akan berfungsi jika pengguna menggunakan layar monitor dengan resolusi besar, contohnya seperti 4K plus dukungan HDR.

Pengguna dapat menemukan tombol pengaturan fitur di menu Setting Display. Aktifkan Windows HD Color, setelah itu nikmati kualitas gambar yang jauh lebih hidup.

8. Tambahan Emoji

Buat yang suka pakai perangkat komputer atau laptop sebagai media komunikasi chat, Windows 10 telah memanjakan pengguna dengan memfasilitasi emoji berlimpah.

Kabarnya update terbaru di dalam OS ini memberikan tambah icon emoji dengan total 157 emoji.

Sebenarnya masih banyak update fitur lain, misalnya seperti :

  • Copy Paste Bash
  • Menu Linux Shell
  • Focus Assist Otomatis
  • Al Restart
  • Windows Security
  • Regedit Autocomplete
  • RIP Disk Cleanup
  • Ukuran Teks
  • Notepad Baru
  • Update Browser Edge
  • Swiftkey
  • Snip Dan Sketch
  • SMS PC
  • Clipboard History dan masih banyak lagi.
Tips Windows 10 :

Ingin lebih mudah menggunakan Windows 10 dengan touchpad ? Ikuti panduan cara menggunakan Touchpad di Windows 10 secara lengkap.


Download Windows 10

Ada dua cara dalam pemasangan Windows 10, yang pertama bisa lewat update jadwal otomatis, dan yang kedua menggunakan file ISO serta bantuan bootable flashdisk.

Namun, disini kita akan sediakan link unduh file ISO karena step pemasangan opsi bootable flashdisk jauh lebih fleksibel.

1. Melalui Media Creation Tool

  1. Pertama, silahkan download Media Creation Tool melalui tombol di atas.
  2. Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  3. Tunggu sampai keluar jendela Installation media, pastikan perangkat tetap terhubung dengan internet.
  4. Klik tombol Accept.Klik Tombol Accept
  5. Disini kamu bisa pilih Create installation media untuk mendapatkan file ISO, tetapi bagi pengguna yang ingin langsung update bisa centang yang Update this PC Now. Dan klik Next.Centang Create Installation Media
  6. Matikan centang Use the recommended option, lalu silahkan atur Language, Edition dan Architecture. Jika sudah Next.Matikan Centang Use The Recommended Option Dan Atur Download
  7. Centang pilihan ISO file, dan tap Next.Centang ISO File Dan Next
  8. Pilih penyimpanan file ISO.Silahkan Save Folder
  9. Tunggu proses download sampai selesai.
Tutorial Selanjutnya :

Setelah berhasil mendownload file ISO Windows 10. Silahkan lanjutkan ke tutorial cara membuat bootable Windows 10 dengan Rufus.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah ulasan kita seputar Download Windows 10, silahkan download file ISO dan lakukan pemasangan di perangkat masing-masing. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.