Cara Update Windows 11 Tanpa Kehilangan Data Dan Install Ulang

Cara Update Windows 11 Tanpa Kehilangan Data Dan Install Ulang 7
Cara Update Windows 11 Tanpa Kehilangan Data Dan Install Ulang

Sistem operasi Windows 11 ini lagi viral di internet dan banyak dibincangkan oleh warganet. Rata-rata mereka lebih mengarah ke rasa penasaran gimana sih impresi ketika menggunakan Windows 11 baru ini.

Jika kalian ingin pasang dan ragu penyimpanan memori perangkat bakal tereset, kita akan sediakan tutorial cara update Windows 11 tanpa kehilangan data dan install ulang Windows 11.

Jadi semua file penyimpanan yang kamu letakkan di Disk D: maupun C: masih tetap utuh, lengkap beserta instalasi program yang terpasang di dalam sistem.

Tidak menutup kemungkinan juga, orang awam pasti punya pikiran kalau upgrade ke Windows 11 pasti semua file penyimpanan baka hilang.

Dan faktanya memang ada metode install ulang yang berdampak mereset penyimpanan memori serta ada juga metode update sistem tanpa menghilangkan semua data penyimpanannya.

Jadi pemasangan Windows 11 itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, pertama bisa lewat bootable flashdisk, yang kedua dengan menunggu updatean resmi dari pusat, dan yang ketiga lewat aplikasi setup di dalam file ISO.

Nah khusus untuk tutorial kali ini, kalian bisa gunakan cara yang ketiga karena step metode tersebut sebab dinilai aman dari hardisk yang terformat.

Cara Update Windows 11 Tanpa Kehilangan Data Dan Install Ulang

Menginstall Windows 11 dengan bootable memang jalan satu-satunya install ulang sistem dan mereset semua program di dalam penyimpanan hardisk.

Sebab step pemasangan file ISO Windows 11 tersebut butuh treatment format disk dari penyimpanan yang dijadikan lokasi install Windows.

Artinya mau tidak mau, kamu harus kehilangan semua data dalam hardisk utama tersebut karena proses format di tengah-tengah step tersebut.

Nah, untuk cara update Windows 11 tanpa kehilangan data dan install ulang paling aman yaitu bisa lewat aplikasi setup yang tersedia di dalam file ISO.

Kendala Pemasangan Windows 11

Tidak selamanya proses instalasi Windows 11 berjalan lancar, apalagi dengan metode setup update file ISO ini sering kali ditemui permasalahan misalnya muncul notifikasi error The PC Must Support TPM 2.0.

Solusi tersebut kemarin sudah kita pecahkan, dan jalan keluarnya cukup mudah sebab kalian hanya perlu mereplace file bernama appraiserres.dll ke dalam folder Sources yang tersedia di bootable Windows 11.

Silahkan buka ulasan artikel mengatasi The PC Must Support TPM 2.0 saat install Windows 11, sebagai bentuk langkah antisipasi atau opsi jalan keluar pemasangan Windows 11.


Persiapan Sebelum Update

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum mengupdate Windows ke versi terbaru.

  1. Silahkan download file ISO Windows 11, kita sudah sediakan link untuk download file yang masih aktif dan bisa digunakan.
  2. Kemudian download File appraiserres.dll diatas, sebab jika suatu saat muncul notifikasi The PC Must Support TPM 2.0, kalian bisa paste file tersebut kedalam sources ISO Windows 11.

Proses Pemasangan Windows 11

Selanjutnya masuk ke pembahasan utama yakni cara update Windows 11 tanpa kehilangan data dan install ulang.

Yang perlu dicatat, semua penyimpanan yang ada di dalam hardisk tidak akan hilang, termasuk aplikasi, file, driver bahkan lisensi Windows 10 masih aktif di versi Windows 11 terbaru.

  1. Silahkan kamu klik kanan file ISO Windows 11, tap Mount.Klik Kanan Dan Pilih Mount
  2. Jalankan Setup dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.Klik Kanan Setup Dan Pilih Run As Administrator
  3. Pertama kamu bisa klik tombol Next.Silahkan Pencet Tombol Next
  4. Jika muncul kesalahan dan keluar notifikasi The PC Must Support TPM 2.0 dan The PC Must Support Secure Boot, silahkan buka artikel kita sebelumnya tentang Cara Mengatasi The PC Must Support TPM 2.0 Saat Install Windows 11 untuk cari jalan keluarnya.Jika Error Akan Muncul Notifikasi Seperti Ini
  5. Sedangkan jika berhasil, langkah berikutnya kamu disuruh untuk menyetujui kebijakan Windows, tap saja Accept.Klik Tombol Accept Untuk Selanjutnya
  6. Tunggu beberapa saat sampai sistem menyelesaikan proses Update.
  7. Selanjutnya jika sudah akan keluar tampilan Ready to Install, sebelum menekan tombol Install, buka tulisan Change what to keep.Klik Change What To Keep
  8. Pilih Keep Personal Files And Apps lalu tap Next.Centang Keep Personal File And Apps Lalu Next
  9. Kemali ke tampilan Ready to install, klik tombol Install.Pencet Tombol Install
  10. Installing Windows 11 tunggu sampai 100%, jika sudah PC akan otomatis terestart dan berubah menjadi Windows 11.Tunggu Prosesnya Selesai
  11. Coba cek penyimpanan PC dan aplikasi yang terinstall.
Tutorial Windows 11 :

Ukuran Taskbar Windows 11 terlalu kecil ? Begini cara mengubah ukuran taskbar Windows 11 dengan mudah.


Akhir Kata

Nah, jadi seperti itulah cara update Windows 11 tanpa kehilangan data dan install ulang aplikasi.

Tips ini sangat berguna bagi mereka yang gak ingin semua file penyimpanan serta data dalam perangkat PC terset. Silahkan ikuti arahan diatas dan lakukan prosesnya sampai akhir. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.