Excel Office

Cara Unprotect Excel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimana perasaan kalian jika ditugaskan untuk mengedit file Excel namun ternyata salah satu Sheet Excel tersebut rupanya diproteksi dan harus memasukkan password tertentu.

Tapi ketika meminta password ke sumber pengirim, parahnya mereka malah lupa dengan password yang sudah disetting di dalam sheet tersebut.

Tenang saja, jika kondisinya seperti ini kamu masih bisa membuka proteksi tersebut kok, sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu cara unprotect Excel akan menjawab keresahan pengguna diluar sana khususnya dalam bentuk proteksi sheet Excel.

Jalan satu-satunya untuk membuka proteksi tersebut adalah dengan memasukkan koding tertentu di program Excel bernama Microsoft Visual Basic.

Mungkin kedengarannya cukup rumit, namun kamu gak perlu khawatir karena di bawah akan kita sajikan kode yang tinggal bisa kamu copy dan paste pada program Module MVB.

Cara Unprotect Excel

Kamu akan mendapati kondisi Office Excel dalam proteksi ketika ingin mengedit di dalam sheet, kondisi ini tidak memunculkan akses apapun termasuk tools dalam Excel setelah pengguna dapat membuka proteksi password sheet tersebut.

Pengguna hanya akan melihat tampilan blank bahkan sell yang biasa kita lihat semuanya hilang alias kosong.

Jalan satu-satunya untuk membuka proteksi tersebut agar bisa diedit lagi yaitu dengan memasukkan script atau kode di di pengaturan ALT + F11. Silahkan dapatkan kode dengan download link berikut, kemudian ekstrak folder dan buka kodenya di dalam file Office Word.

Link Download Kode

  1. Buka file Microsoft Office Excel yang terproteksi.Buka Excel Yang Terproteksi
  2. Kemudian tekan tombol shortcut ALT + F11.Tekan Tombol ALT + F11 Untuk Membuka MVB
  3. Lalu tekan menu Insert -> Module untuk media memasukan kode yang sudah didownload diatas.Tekan Insert dan Buat Module
  4. Jika Module sudah keluar, silahkan copy kode yang ada di Word sebelumnya, lalu paste di kotak Module.Paste Code Yang Ada Di Module
  5. Selanjutnya klik Sheet yang ada di bagian kiri.Tekan Sheet Yang Terproteksi
  6. Bila sudah tekan menu Tools dan tekan tombol Macros.Buka Tab Tools Lalu Tekan Macros
  7. Klik sheet yang terproteksi di Macros, lalu pencet tombol Run.Tekan Tombol Run Untuk Memulai
  8. Tunggu beberapa saat sampai selesai.
  9. Terakhir close Excel-nya lalu bukan kembali.
  10. Selamat mencoba.
Bagaimana menyembunyikan baris/kolom di Excel ? Ikuti cara menyembunyikan baris dan kolom di Excel.

Akhir Kata

Kamu bisa melakukan cara ini di beberapa file Excel yang terproteksi, berbekal cara unprotect Excel diatas kamu sudah bisa membuka akses tanpa menggunakan password. Selanjutnya silahkan coba sendiri, dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar