Cara Translate Aksara Jawa

Cara Translate Aksara Jawa
Cara Translate Aksara Jawa

Translate Aksara Jawa akan sangat membantu bagi mereka yang sedang belajar atau sedang menulis sebuah tulisan Aksara Jawa.

Beragam macam budaya yang ada di Indonesia dapat melahirkan banyak jenis bahasa serta tulisan yang memiliki keunikan di setiap masing-masing daerahnya.

Dan salah satu budaya yang harus kita lestarikan yaitu Aksara Jawa.

Oleh karena itu kita disini akan membahas seputar cara translate aksara jawa agar masyarakat luar sana jadi lebih terbuka serat mudah mengerti budaya Jawa lewat kecanggihan teknologi yang sudah berkembang seperti saat ini.

Dulu orang mempelajari aksara jawa hanya dilakukan menggunakan buku, namun seiring berkembangnya teknologi, aksara jawa bahkan sudah bisa dibuat melalui media aplikasi atau internet.

Dan kebutuhan menulis aksara pun dari semula hanya digunakan dalam bahasa Jawa saja, namun dalam perkembangannya aksara sudah digunakan untuk menulis beragam banyak bahasa.

Jika kamu ingin melakukan translate aksara jawa, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari aksara ini dengan mudah.

Cara Mudah Translate Aksara Jawa Ke Latin / Sebaliknya

Seiring berkembangnya zaman dan kemudahan teknologi, proses pembelajaran dan pengenalan budaya seperti yang kita bahasa kali ini jadi makin terjembatani.

Cara translate aksara jawa bisa dilakukan dengan dua metode, yang pertama dengan menggunakan aplikasi translator Aksara Jawa berbasis website dan untuk cara kedua adalah dengan mendownload aplikasi di Android.

Cara 1 : Menggunakan Situs Online

Pada cara pertama ini, kamu bisa melakukan translate aksara Jawa menggunakan beberapa website khusus. Pada tutorial ini kami merekomendasikan 2 website untuk melakukan translate. Berikut adalah langkah-langkahnya :

a. Translate Aksara dari Kompiwin.com

Salah satu aplikasi website yang kami rekomendasikan sebagai translator berbagai aksara yaitu Translate Aksara dari Kompiwin.com.

Aplikasi ini kami buat untuk membantu melakukan translate baik dari Latin ke Aksara Jawa ataupun sebaliknya. Silahkan kamu ikuti langkah penggunaannya di bawah ini:

  1. Pertama-tama, silahkan akses aplikasi Translator Aksara Jawa.
  2. Kemudian klik “Mulai Translate“. Klik Mulai Translate - Cara Translate Aksara Jawa
  3. Selanjutnya silahkan kamu pilih “Mode” terlebih dahulu (biarkan saja default).Pilih Mode - Cara Translate Aksara Jawa
  4. Lalu silahkan kamu pilih ingin translate dari Latin ke Aksara Jawa atau Aksara Jawa ke Latin.Pilih Bahasa - Cara Translate Aksara Jawa
  5. Masukkan teks yang ingin ditranslate ke dalam kolom yang sudah disediakan.Tulis Teks Yang Akan Ditranslate - Cara Translate Aksara Jawa
  6. Sekarang tinggal kamu klik “Translate Sekarang“.Klik Translate Sekarang - Cara Translate Aksara Jawa
  7. Maka hasil akan muncul pada kolom kedua. Dan untuk mengcopy hasil translate, silahkan kamu klik tombol “Copy“.Klik Copy untuk Mengcopy Hasil Translate Aksara Jawa - Cara Translate Aksara Jawa
  8. Sekarang tinggal kamu paste ke dalam dokumen Word atau aplikasi editor teks lainnya.
  9. Selesai.
Baca Juga :

Sekarang mau translate kamu tidak perlu mikirin kuota. Coba install dan gunakan aplikasi translate offline tanpa kuota ini.


b. Sastra Jawa

Untuk aplikasi website translate aksara yang kedua adalah sastra.org. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat menulis aksara jawa sesuai dengan keinginan.

  1. Silahkan masuk ke website berikut https://www.sastra.org/huruf-jawaBuka Website Aksara Jawa
  2. Kamu bisa membukanya lewat laptop ataupun HP.
  3. Langsung saja ketik aksara yang ingin kamu tulis.Silahkan Translate Aksara Jawa
  4. Website ini lumayan lengkap, karena ada juga aksara angka dan juga pasangan.
  5. Disini bahkan tersedia informasi tentang aksara jawa tersebut, selain translate kamu juga bisa belajar sejarahnya.
  6. Selesai.

Cara 2 : Menggunakan Aplikasi Android

Hampir rata-rata semua orang memiliki ponsel pintar dan dibekali dengan akses internet, proses translate akan lebih mudah karena pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini lewat layanan PlayStore.

  1. Buka Play Store, kemudian download aplikasi bernama Nulis Aksara Jawa (Hanya tersedia untuk Android)

    Buka Playstore dan Instal Nulis Aksara Jawa
  2. Jika sudah terinstall, silahkan buka aplikasinya, biasanya pada menu awal ini kamu akan diberikan tampilan konfirmasi izin akses ke beberapa media di dalam HP.
  3. Pada tampilan awal pengguna disuguhkan dengan kotak translate dari bahasa ke aksara jawa.Silahkan Translate Bahasa Menjadi Aksara
  4. Jika ingin translate bahasa ke aksara jawa atau sebaliknya bisa tekan tombol Mengetik di bagian bawah.Ketuk Mengetik Untuk Mengubah Mode Translate
  5. Disini juga terdapat aksara swara, aksara murda, aksara rekan, aksara angka, sandangan, dan pasangan aksara murda. Ketik Tulisan Di Mode Translate
  6. Selamat mencoba.
Baca Juga :

Mau nulis bahasa Arab lewat dokumen Word ? Ikuti panduan dan tutorial cara menulis huruf Arab di Word.


Akhir Kata

Itulah panduan tentang cara melakukan translate aksara jawa ke latin atau sebaliknya. Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan baik menggunakan aplikasi Android ataupun melalui situs translate aksara Jawa.

Semoga tutorial di atas bermanfaat dan sampai jumpa di tips-tips teknologi lainnya. Terima kasih~

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.