Cara Share Screen Zoom

Cara Share Screen Zoom 1
Cara Share Screen Zoom

Di era pandemi seperti saat ini, ada beberapa sektor kegiatan yang dilakukan dengan metode digital. Diantaranya yaitu mencakup sektor pendidikan dan keperluan pekerjaan.

Pemerintah mulai menerapkan kegiatan seperti WFH dan belajar online ini guna untuk menekan angka penyebaran covid dan meminimalisir resiko terjangkit virus dari kegiatan interaksi secara langsung.

Dengan itu muncul banyak solusi yang kemudian jadi alternatif untuk tetap menjalankan kegiatan seperti layaknya kehidupan normal. Contohnya yaitu melakukan aktifitas pertemuan dengan sarana video call.

Metode tersebut sangat efektif untuk menghindari kontak langsung dengan beberapa orang yang terlibat, cukup gunakan koneksi penghubung digital dalam bentuk kamera visual, lalu aplikasi akan memfasilitasi dengan slot audience yang ikut serta dalam kegiatan.

Aplikasi yang sering digunakan salah satunya adalah Zoom. Video Conference ini memiliki sejumlah fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan aktivitas pertemuan online menggunakan media video audio visual.

Jika pada tutorial sebelumnya kita membahas mengenai cara menghubungkan OBS dengan Zoom. Sekarang kita akan bahas mengenai salah satu fitur yang Zoom tawarkan yaitu Share Screen.

Dengan fitur ini ini, pengguna yang bersangkutan dapat membagikan tampilan screen mereka entah itu lewat desktop atau layar HP, untuk ditunjukkan kepada pengguna lain.

Cara Share Screen Zoom untuk Komputer / Laptop dan HP

Share Screen Zoom sangat berguna dalam proses kegiatan presentasi. Host akan dimudahkan dengan share screen karena mereka dapat menunjukkan bahan secara mudah tanpa menampilkan sebuah ilustrasi gambar yang dibuat secara manual.

1. Untuk Komputer / Laptop

Bagi yang ingin menggunakan fitur Share Screen Zoom, berikut kami akan berikan tutorial cara share screen Zoom baik dari laptop ataupun HP. Yang pertama akan kita mulai dengan metode share screen di Laptop.

  1. Untuk lebih mudah pengoperasiannya, kamu bisa gunakan aplikasi Zoom di laptop, atau jika belum silahkan download disini.
  2. Setelah kamu install, kemudian buka aplikasinya.
  3. Sebelum menekan tombol New Meeting, silahkan persiakan beberapa bahan yang ingin digunakan presentasi, misalnya kamu ingin menunjukkan kepada audiens soal dokumen Word, atau kamu ingin membuka bahan presentasi di PowerPoint, atau yang lainnya silahkan dibuka dulu.Buka Aplikasi Yang Ingin Dijadikan Bahan Presentasi
  4. Jika sudah baru tekan tombol New Meeting untuk memulai.Tekan Tombol New Meeting Untuk Memulai
  5. Tunggu sampai terkoneksi, pada bagian menu bar di bawah, kamu bisa tekan tombol Share Screen.Tekan Tombol Share Screen Tekan Tombol Share Screen
  6. Nantinya akan muncul beberapa pilih aplikasi yang sudah kamu buka, silahkan pilih salah satu yang ingin dijadikan sebagai bahan utama materi. Dan klik tombol Share.Pilih Salah Satu Aplikasi Yang Ingin Dibuat Presentasi Lalu Tekan Share
  7. Secara otomatis tampilan tersebut akan muncul di layar Audience.
  8. Bila presentasi telah selesai, tekan tombol Stop Sharing yang akan muncul diatas layar laptop.Tekan Stop Sharing Untuk Berhenti
  9. Selesai.
Kena limit saat mendownload di Mega.nz ? Ikuti tutorial cara mengatasi limit download di situs Mega.nz

2. Untuk HP

Tidak semuanya pengguna mengandalkan laptop untuk kegiatan sharing screen kepada audience. Ada beberapa juga yang menggunakan seperti smartphone sebagai media utamanya.

Untuk cara share screen Zoom di HP kamu bisa lakukan langkah dibawah ini :

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Zoom di HP.
    Untuk Android:
    ZOOM Cloud Meetings
    ZOOM Cloud Meetings
    Developer: zoom.us
    Price: Free
    Untuk iOS:
  2. Login dengan akun kamu, jika sudah tekan kembali.Login Ke Akun Zoom
  3. Buka beberapa bahan yang ingin dijadikan presentasi.
  4. Lalu kembali lagi ke aplikasi Zoom dan tekan tombol Now Meeting.Pencet Tombol Start Meeting Untuk Memulai
  5. Jika sudah terhubung, silahkan ketuk kotak Share Screen.
  6. Disana akan disediakan beberapa pilihan, namun disini kita kana gunakan metode Screen. Ingat jika kamu menekan tombol Screen ini, maka seluruh tampilan yang akan di layar HP kamu saat itu akan muncul ke tampilan visual para audience, sehingga untuk mengantisipasi kebocoran privasi, kamu perlu hati-hati dalam melakukan share screen ini.Tekan Sharing Screen Lalu Pilih Mode Screen
  7. Berikutnya kamu bisa tekan tombol Recent App, atau layar multitasking ketika kita ingin memindah aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Tujuan menekan Recent App ini, kita dapat langsung lompat ke bahan presentasi yang sudah dibuka tadi.Tekan Tombol Recent App Untuk Membuka Aplikasi Presentasi
  8. Kemudian ketuk aplikasi misalnya presentasi, dan lanjutkan sesuai kebutuhan meeting kamu.
  9. Jika ingin berhenti, ketuk tombol Recent App, lalu kembali ke aplikasi Zoom.
  10. Klik tombol Stop Share untuk menghentikan sharing screen.Pencet Tombol Stop Sharing Untuk Berhenti
  11. Selamat mencoba.
Sebel dengan iklan Adf.ly ? Ikuti cara melewati allow notifikasi adf.ly dengan mudah dan cepat.

Akhir Kata

Sekarang proses kegiatan presentasi kamu sudah makin termudahkan, bahkan kamu dapat menggunakan fitur mode Share Whiteboard untuk menggambar atau sketsa coretan sementara.

Gimana cara share screen Zoom sangat mudah bukan? sekarang tinggal kamu aplikasikan dengan kebutuhan meeting masing-masing.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.