Cara Setting APN Personal Hotspot di iPhone

Cara Setting APN Personal Hotspot di iPhone
Cara Setting APN Personal Hotspot di iPhone

Saat ini internet sudah menjadi suatu kebutuhan penting bagi sebagian pengguna ponsel. Terutama untuk smartphone yang mana alat ini dapat mencakup segala respon kebutuhan pemilik.

Hampir semua hal dapat dilakukan oleh smartphone, baik dalam penggunaan internet, chatting, media sosial, mengerjakan tugas hingga untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan koneksi jaringan.

Salah satu bentuk sistem dari jaringan internet sebuah ponsel adalah APN (Access Point Network). Setiap provider memiliki pengaturan APN masing-masing, fungsinya jelas untuk mengatur komunikasi data antara ponsel dengan server jaringan.

Dan pada konten artikel ini, kami akan membagikan panduan tentang tata cara setting APN Personal Hotspot di HP iPhone.

Selain mengatur koneksi jaringan, pengaturan APN di iPhone juga berpengaruh dalam membuka settingan hotspot pribadi di setiap masing-masing device.

Fungsi APN di iPhone

Access Point Network atau yang disingkat dengan APN adalah sebuah gerbang masuk ke dalam koneksi internet, dari mulai GPRS, GSM, 3G dan 4G. APN digunakan di sebuah perangkat ponsel, karena jika tidak operator tidak mengetahui layanan yang digunakan oleh setiap masing-masing user.

APN ini memiliki beberapa informasi penting guna diterjemahkan oleh operator penyedia jaringan. APN akan memberikan IP Address dan dari IP Address tersebut informasi akan tergali dari mulai username, password, otentikasi, dan sebagainya.

Terdapat dua tugas penting yang dikendalikan oleh APN, pertama identifikasi jaringan dan yang kedua identifikasi operator.

Keduanya berperan dalam mendeteksi koneksi jaringan mana dan operator apa milik provider yang kita pasang. Sehingga sistem akan berjalan otomatis tanpa perlu pengguna setting manual secara berulang.

Di HP iPhone sendiri APN juga berfungsi dalam membagikan koneksi internet dari iPhone milik kita ke perangkat lain. Fitur hotspot tidak dapat langsung kalian gunakan jika kita belum meregistrasikan APN di awal.

Oleh sebab itu kami akan membuatkan tutorial cara setting APN untuk membuat Personal Hotspot di HP iPhone agar kalian bisa leluasa dalam membagikan jaringan ke pengguna lain.


Cara Setting APN untuk Personal Hotspot di iPhone

Karena jarang sekali orang membuka pengaturan hanya untuk mengatur settingan data seluler, sebagian mengaku bingung bagaimana menemukan tombol APN untuk mengatur koneksi ke server.

Disini kita contohkan sebagai pengguna XL, setiap provider memiliki registrasi yang berbeda-beda, dan tim Kompiwin bakal rangkum semuanya dibawah.

  1. Silahkan masuk ke Pengaturan HP.
  2. Setelah itu kalian buka menu Seluler.Masuk Ke Menu Seluler
  3. Berikutnya masuk ke dalam kotak Jaringan Data Seluler.Ketuk JAringan Data Seluler
  4. Nanti akan muncul 4 jenis pilihan settingan APN, karena fokus kita untuk kebutuhan hotspot device iphone, maka scroll kebawah dan isi bagian APN Hotspot saja. Tetapi disini kita akan isikan semua settingan APN dan kalian bisa ikuti registrasi dibawah ini.Atur Data SelulerAtur LTE OpsionalAtur Bagian MMSAtur Bagian Hotspot Pribadi
  5. Jika semua sudah terisi, langkah terakhir tinggal kalian tap tombol Seluler atau tombol kembali.
  6. Secara otomatis pengaturan APN telah tersetting di perangkat kalian.
  7. Lalu aktifkan hotspot.
  8. Selesai.

Daftar APN Hotspot iPhone dari Beberapa Provider

Seperti yang sudah kita katakan diatas bahwa setiap masing masing provider memiliki pengaturan registrasi APN yang berbeda-beda.

Sebagian ada yang sama namun sebagian untuk registrasi nama APN-nya berbeda, tergantung dari mana jenis provider yang kalian gunakan.

Berikut adalah list atau daftar untuk APN Hotspot iPhone sesuai jenis provider masing-masing.

Registrasi APN Hotspot iPhone Provider XL

DetailKeterangan
APNinternet
usernamekosongkan saja
password kosongkan saja

Registrasi APN Hotspot iPhone Provider Axis

DetailKeterangan
APNinternet
usernamekosongkan saja
password kosongkan saja

Registrasi APN Hotspot iPhone untuk Provider Telkomsel

DetailKeterangan
APNinternet
usernamekosongkan saja
password kosongkan saja

Registrasi APN Hotspot iPhone untuk Provider by.U

DetailKeterangan
APNinternet
usernamekosongkan saja
password kosongkan saja

Registrasi APN Hotspot iPhone untuk Provider Indosat

DetailKeterangan
APNindosatgprs
usernamekosongkan saja
password kosongkan saja

Registrasi APN Hotspot iPhone untuk Provider Tri (3)

DetailKeterangan
APN3data
username 3data
password 3data

Registrasi APN Hotspot iPhone untuk Provider Smartfren

DetailKeterangan
APNsmartfren
username kosongkan saja
password kosongkan saja

Akhir Kata

Jadi kurang lebih seperti itulah cara setting APN personal hotspot di HPiPhone milik kalian. Jadi penyebab kenapa hotspot tidak bisa digunakan secara tiba-tiba adalah salah satunya dari pengaturan APN yang belum di setting. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.