Cara Reset Epson L360

Cara Reset Epson L360 4
Cara Reset Epson L360

Printer yang gagal fungsi melakukan perintah cetak itu bukan hanya disebabkan oleh tinta habis atau kertas nyangkut. Terlepas dari itu, permasalahan yang muncul di dalam perangkat printer itu sangat kompleks, bahkan hardware ini juga ada masa reset ketika digunakan secara berlebihan.

Jika printer terlalu banyak melakukan aktivitas mencetak atau print out, biasanya akan muncul masalah dan harus segera untuk di reset.

Kenali tanda-tanda Epson L360 jika sudah waktunya minta di reset. Yang pertama printer akan memberikan sinyal berupa kedipan lampu indikator warna berwarna merah.

Selain itu program di dalam hardware printer ini akan memberikan sinyal dialog berisikan pesan “it is time to reset the ink levels“, “it is nearly time to reset the ink levels“, “Ink waste is full“, “service required“, dan “Ink pad is at the end of its service live” di layar PC/laptop pengguna.

Jika printer kamu gagal melakukan perintah untuk mencetak dan malah muncul seperti tanda-tanda di atas, artinya printer harus segera di reset agar kembali normal lagi.

Sebelum Reset Epson L360

Perhatikan beberapa detail terlebih dahulu sebelum kamu melakukan cara reset Epson L360. Bisa saja penyebab utama munculnya indikator sinyal di atas bukan dari printer yang sudah saatnya minta di reset, tetapi masalah yang timbul dari point-point dibawah ini :

  1. Periksa tank tinta , apakah masih atau sudah habis.
  2. Intip bagian cartridge printer, pastikan bagian ini berada pada posisi yang benar dan tidak tersumbat oleh tinta kering.
  3. Intip lagi bagian dalam printer, lihat apakah ada kertas yang menyelip atau tidak. Sebab terkadang ada sobekan kertas yang nyangkut di antara roller printer, dan jika dibiarkan printilan kecil tersebut akan mengganggu jalannya print out.
  4. Terakhir pastikan kabel-kabel yang terhubung tidak ada yang kendor.

Bila semua aman dan sudah dipastikan point-point diatas tidak ada masalah, sepertinya memang kamu harus melakukan reset Epson L360.

Cara Reset Epson L360

Cara reset Epson L360 itu ada dua pilihan, pertama dengan cara manual dan yang kedua menggunakan aplikasi resetter Epson yang bernama Epson Adjustment Program. Silahkan simak penjelasan dibawah ini untuk mereset Epson L360.

1. Cara Reset Epson L360 Manual

Metode ini bisa kamu lakukan dengan cara mengkombinasi tombol printer, termasuk tombol power dan juga tombol resume. Kelebihan dari metode ini yaitu jauh lebih praktis karena tidak perlu lagi download file aplikasi khusus untuk melakukan perintah reset.

Silahkan simak langkah-langkahnya.

  1. Cabut tombol power, tunggu kurang lebih sampai 5 menit, dan colokkan lagi.
  2. Nyalakan printer Epson L360 sampai printer dalam keadaan standby.
  3. Setelah itu pencet tombol resume, jika di Epson tombol ini iconnya seperti logo tinta. Ketuk dan tahan kurang lebih selama 5 detik, setelah itu lepas.Tombol Resume Nyala Merah
  4. Tekan tombol resume lagi, kali ini tahan selama 3 detik lalu lepaskan.
  5. Secara otomatis printer akan melakukan reset dengan sendiri, dan tunggu sampai proses ini selesai.
  6. Bila berhasil, lampu indikator merah sudah tidak nyala lagi, artinya printer sudah kembali normal.Printer Sudah Kembali Normal
  7. Selamat mencoba.

2. Cara Reset Epson L360 Menggunakan Aplikasi

Jika cara diatas gagal, masih ada satu metode lagi yang bisa kamu gunakan. Cara ini sangat ampuh mengatasi masalah dalam printer, karena selain untuk program resetter, didalam software tersebut tersedia beberapa tools yang bisa membantu segala penyelesaian masalah pada printer Epson.

Nama aplikasi resetter L360 yakni Epson Adjustment Program atau disingkat AdjProg. Ikuti langkah dibawah ini untuk reset Epson L360.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya lewat link dibawah ini :

โฌ‡๏ธ Download Resetter L360

  1. Ekstrak file yang sudah diunduh.
  2. Setelah itu buka aplikasi bernama AdjProg.exe.Buka Aplikas AdjProg
  3. Pada tampilan awal kamu bisa tekan tombol Select terlebih dahulu.Pencet Tombol Select Untuk Mengatur Model Printer
  4. Disini silahkan ubah bagian Model Name dengan seri printer L360, lalu biarkan Port di posisi Auto Selection. Disini pastikan printer kamu dalam kondisi hidup dan terhubung dengan PC.Ubah Model Name Mengikuti Model Printer Dan Posisikan Port Di Auto Selection
  5. Jika sudah tekan tombol OK.
  6. Kembali ke tampilan awal, silahkan pencet Particular adjustment mode.Pencet Particular Adjustment Mode
  7. Scroll sampai menu Maintenance, dan arahkan kursor ke bagian tools Waste ink pad counter. lalu pencet OK.Pilih Tools Waste Ink Pad Counter
  8. Centang Main pad counter, kemudian klik tombol Check.Aktifkan Centang Main Pad Lalu Pencet Check
  9. Centang lagi bagian Main pad counter, dan tekan tombol Initialization.Centang Main Pad Lagi Lalu Tekan Initialize
  10. Tunggu sampai proses selesai, nanti akan muncul pesan turn off/turn on your printer.Reebot Printer Kamu
  11. Silahkan matikan dan hidupkan kembali printernya.
  12. Selesai.

Akhir Kata

Cara reset Epson L360 jika berhasil akan ditandai dengan matinya lampu indikator warna merah yang berhenti berkedip. Itu artinya printer dalam kondisi normal dan sudah bisa digunakan kembali. Silahkan ikuti metode diatas untuk reset program printer Epson kamu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.