Cara Reset Epson L3110

Cara Reset Epson L3110 4
Cara Reset Epson L3110

Melanjutkan dari artikel Resetter Epson L3110 sebelumnya, disini kita akan mengupas tentang cara reset Epson L3110 lebih dalam.

Namun, sebelum itu, kita akan singgung lagi tentang permasalahan error yang umum terjadi di dalam jenis printer Epson.

Singkatnya cara reset Epson L3110 itu bisa terjadi karena siklus program yang telah diatur oleh pabrik untuk memerintahkan user dalam maintenance berupa reset program chip printer, sudah jatuh waktunya.

Error Dalam Printer Epson

Untuk lebih lengkap silahkan simak penjelasan beberapa jenis-jenis error dalam printer Epson khususnya seri L ini.

1. Ink Run Out Error

Permasalahan yang pertama ini sangat lazim ditemui di Epson L Series, dan sangat kemungkinan terjadi juga pada Epson L3110.

Sebenarnya jenis error berikut yang merupakan dasar permasalahan dari resetter printer.

Jadi kondisi printer tidak dapat mendeteksi tinta didalam cartridge, dan kemudian printer akan memberikan sinyal pesan notifikasi di layar PC sekaligus keterangan dari errornya.

Printer minta di reset itu sudah jadi hal yang lumrah dan umum diketahui banyak orang, sebab pabrikan secara sengaja memprogram chip di dalam printer untuk melakukan siklus reset jika sudah memenuhi standar hitungan tertentu.

Hitungan tersebut diambil dari jumlah halaman yang sudah dicetak, chip akan merekam setiap printer melakukan perintah cetak lalu secara otomatis program akan menghitung berapa jumlah tinta yang sudah terpakai dan berapa lembar yang sudah di print.

Jika kondisinya seperti ini maka kamu harus melakukan reset pada printernya.

2. End Of Service Life atau Ink Absorber Is Full

Refil Tinta Epson L3110

Di beberapa seri L ada jenis printer yang menggunakan tinta penampungan dalam bentuk busa di bagian dasar.

Kalau kalian intip biasanya pada lantai dasar print terdapat semacam busa berwarna putih yang didesain memiliki daya serap tinggi untuk menampung tinta.

Lama pemakaian akan mempengaruhi penampungan tinta tersebut menjadi penuh, umumnya tinta yang tertampung akibat dari head cleaning.

Jika kondisinya sudah seperti ini, pengguna harus mengganti busa tersebut dengan busa yang baru. Tetapi ada juga model tabung pembuangan khusus, jadi waste ink hasil print akan dialirkan ke tabung dan jika tabung penuh silahkan kuras agar error tidak terus muncul.

3. General Error

Permasalahan yang terakhir ini bisa dibilang jenis kerusakan yang paling fatal. Sebab General Error itu sudah menyerang kerusakan perangkat keras pada jeroan printer, diantaranya yakni motherboard, sensor print dan lain-lain.

Solusinya yakni harus mengganti komponen baru, namun sayang harga komponen yang tidaklah murah jadi hambatan utama kerusakan berikut.


Cek Kondisi Printer Sebelum Di Reset

Tidak selamanya solusi kerusakan pada printer Epson itu dapat diselesaikan dengan cara reset. Sebelum itu perhatikan beberapa bagian seperti dibawah ini, siapa tahu tanda-tanda error pada printer L3110 bisa teratasi.

  1. Perhatikan bagian tinta printer, untuk seri L3110 sudah dibekali dengan tank eksternal, sehingga kamu bisa mengecek status tinta printer kamu lebih mudah. Jika memang tinta habis, silahkan isi kembali dengan tinta baru.
  2. Cek area Roller, jika ada kereta yang nyempil akibat paper jam silahkan bersihkan agar tidak menghambat jalannya kertas.
  3. Tabung tinta pembuangan penuh, jika bagian tank tinta ini penuh biasanya akan memberikan sinyal error untuk segera dilakukan pembersihan. Kuras bagian tabung dan pasang kembali.
  4. Terakhir jangan ada colokan printer yang kendor, termasuk pada bagian colokkan power, colokan USB dan colokan ke port printernya.

Cara Reset Epson L3110

Ada dua cara reset Epson L3110, yang pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan resetter ataupun secara manual. Adapun langkah-langkah detailnya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

Cara 1 : Mereset Printer Epson L3110 Dengan Resetter

Tutorial pertama untuk mereset printer Epson L3110 adalah dengan menggunakan aplikasi resetter. Kita sudah menyediakan link download resetter Epson L3110 beserta tutorial penggunaannya.

  1. Pertama-tama, silahkan download aplikasi resetternya di link download resetter Epson L3110.
  2. Setelah itu ekstrak filenya dan jalankan file Keygen.
  3. Selanjutnya silahkan copy license code.
  4. Buka aplikasi bernama AdjProg dengan cara klik kanan Run as administrator dan masukkan license code untuk proses aktivasi.
  5. Setelah itu silahkan klik tombol Select.Pencet Tombol Select
  6. Ubah Model Name menjadi seri L3110, lalu ubah Port di bagian Auto.Ubah Model Name dan Atur Port
  7. Setelah itu tekan OK.
  8. Berikutnya ketuk tombol Particular adjustment mode.
  9. Scroll sampai menu Maintenance, lalu pilih tools bernama Waste ink pad counter.Pilih Waste Ink Pad Counter dan Pencet OK
  10. Centang kotak Main pad counter, setelah itu klik tombol Check.Centang Main Pad Lalu Tekan Check
  11. Centang lagi kotak Main pad counter, lalu klik tombol Initialization.Centang Main Pad Lagi Lalu Tekan Initialization
  12. Bila berhasil akan muncul tulisan please turn off/turn on printer. Artinya matikan dan nyalakan kembali
  13. Selesai.

Cara 2 : Mereset Printer Epson L3110 Dengan Manual

Cara manual dinilai lebih mudah dan praktis, karena pengguna hanya perlu menekan tombol kombinasi yang ada di printer, silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Hidupkan printer sampai sempurna.
  2. Setelah itu tekan tombol Resume yang memiliki icon tinta selama 5 detik setelah itu lepas.Pencet Tombol Resume
  3. Tekan sekali lagi tombol Resume selama 3 detik lalu lepas.
  4. Tunggu sampai printer memberikan respon reset.
  5. Jika lampu indikator merah mati, artinya reset manual sudah berhasil dilakukan.
  6. Reboot printer Epson L3110 kamu.


Akhir Kata

Diatas kita sudah berikan cara sekaligus tanda-tanda printer Epson bermasalah, setelah ini silahkan terpakai lewat salah satu metode yang menurut kalian paling cepat dan ringkas. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.