Cara Reset Epson L210

Cara Reset Epson L210 10
Cara Reset Epson L210

Merespon artikel kita kemarin yakni resetter Epson L210, di akhir ulasan kita sudah sebutkan jika ingin mengetahui cara reset Epson L120 bisa klik link yang sudah disediakan.

Nah, bagi kalian yang memang butuh untuk reset Epson L210, berikut akan kami sediakan ulasan serta metode-metodenya jauh lebih detail.

Tetapi sebelum itu ada baiknya jika kita kenali terlebih dahulu penyebab atau munculnya gejala error pada sebuah printer Epson khususnya L Series. Karena ternyata tidak semua gejala error tersebut dapat diatasi dengan metode resetter.

Indikasi Error Printer Epson

Bagi pengguna printer Epson, kalian sepertinya harus tahu poin-poin dibawah ini karena kemungkinan besar kamu juga bakal mengalami masalah yang sama, apalagi buat seri printer L Series.Printe Kembali Normal

Kurang lebih ada 3 jenis indikasi error yang menyebabkan printer Epson itu memberikan sinyal warning, pertama printer bakal mengirimkan pesan kedip warna merah di panel cluster dekat tombol resume. Dan yang kedua printer akan mengirimkan pesan notifikasi di layar PC pengguna yang kurang lebih isinya seperti ini, “Ink pad is at the end of its service live“, “Ink waste is full“, “Service required“, “it is nearly time to reset the ink levels“, “it is time to reset the ink levels“, dan lainnya.

Kenali 3 jenis permasalahan yang umum terjadi pada printer Epson.

1. Ink Run Out Error

Banyak yang jadi salah paham karena poin permasalahan pertama ini. kenapa begitu? Penyebab dari ink run out error itu sebenarnya merupakan kondisi dimana printer tidak dapat membaca status tinta yang ada di dalam cartridge.

Dan fakta sebenarnya jika kamu cek tinta didalam cartridge masih penuh. Tidak sedikit yang kemudian bilang kalau terjadi masalah pada sensor printernya.

Padahal tidak seperti itu, chip EEPROM memang sengaja mengirimkan pesan error, karena alat ini sudah menghitung batas main pad counter yang telah di program oleh pusat.

Jika sebuah printer melebihi batas main pad counter yang biasanya itu berjumlah 6.000 –  10.000 lembar, maka sudah saatnya untuk perangkat direset.

2. Waste Ink Pad Counter

Didalam sebuah printer itu ada yang namanya tempat penampungan tinta sisa hasil kegiatan printing. Tidak hanya sisa printing saja, namun kebanyakan tempat penampungan sisa tinta ini lebih didominasi oleh aktivitas head cleaning.

Coba kamu intip pada bagian dasar printer terdapat semacam busa berwarna putih, dan itulah yang disebut waste ink.

Terkadang ada pengguna yang menambahkan tempat pembuangan berupa tank eksternal, disinilah chip akan membaca terdapat manipulasi waste ink, hingga device akhirnya menyuruh untuk melakukan reset.

3. General Error

Jangan sampai printer kamu menemui permasalahan yang terakhir ini. Sebab general error itu menyerang ke beberapa bagian komponen utama yang sifatnya krusial.

Seperti kerusakan pada motherboard, sensor dan sejenisnya. Biaya pembetulannya pun tidak bisa dikatakan murah, untuk lebih pasti kamu harus mengkonsultasikan ke tempat servis printer terpercaya.

Cek Sebelum Reset Printer Epson L210

Sebelum kita singgung cara reset Epson L210, gak ada salahnya kalau kamu cek beberapa poin dibawah ini. Karena tidak semua permasalahan itu jalan keluarnya yaitu direset.

  1. Periksa bagian cartridge, pastikan pada komponen ini terbebas yang namanya kotoran ataupun debu. Jika ada yang menyumbat silahkan dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Cek kondisi tinta, terkadang pemakaian rutin itu suka bikin pengguna lalai untuk mengecek kondisi level tinta di dalam tempat penyimpanan, jika habis silahkan kamu isi ulang.
  3. Paper jam, terjadinya paper jam ini menyebabkan kondisi roller didalam print bisa terselip potongan kertas kecil, alhasil dapat menghambat masuknya kertas dan bikin proses printing terganggu. Silahkan kamu bersihkan rollernya.
  4. Pastikan semua kabel terpasang dengan sempurna, jangan ada bagian yang kendor apalagi kabel USB yang terhubung dengan PC.
  5. Jangan ada selang tinta yang terjepit. Dikhawatirkan selang tersebut bisa menyebabkan indikasi tersumbat, kalau seperti ini maka printer akan memberikan sinyal notifikasi error.

Cara Reset Epson L210

Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya, cara reset Epson L210 itu ada dua metode, yang pertama bisa dengan cara manual dan yang kedua bisa dengan metode bantuan aplikasi, simak ulasan berikut dan kita mulai dengan cara manual terlebih dahulu.

1. Cara Reset Epson L210 Manual

Cara manual ini dinilai lebih gampang, karena pengguna hanya perlu menekan tombol kombinasi lewat langkah-langkah perintah dibawah ini.

  1. Hidupkan printer sampai nyala sempurna.
  2. Setelah itu tekan tombol Resume selama 5 detik kemudian lepas.Tekan Tombol Resume Dan Tahan Beberapa Detik
  3. Tekan lagi tombol Resume selama 3 detik lalu lepaskan.
  4. Biasanya printer akan langsung memberikan respon untuk perintah reset, silahkan kamu tunggu kurang lebih 1 menitan.
  5. Jika sudah blinking warna merah akan hilang, dan reboot untuk jalankan kembali.

2. Cara Reset Epson L210 Lewat Bantuan Aplikasi

Terakhir metode yang banyak juga digunakan oleh pengguna diluar sana adalah dengan bantuan aplikasi. Pertama kamu harus download dulu link yang akan kita berikan dibawah ini.

Nanti kamu ekstrak dan jalankan aplikasi AdjProg. Untuk kamu yang mencari resetter Epson seri lain bisa klik link ini.

⬇️ Download Resetter Epson L210

  1. Download Resetter Epson L210.
  2. Ekstrak filenya, lalu jika sudah buka folder tersebut.
  3. Jalankan aplikasi Epson Adjustment Program, dengan cara klik kanan Run as administrator.
  4. Pada tampilan awal kamu bisa tekan tombol Select.Tekan Tombol Select
  5. Setelah terbuka jendela baru, silahkan atur Model Name menjadi L210, kemudian ubah bagian Port menjadi Auto Selection.Atur Model Name dan Port
  6. Kemudian tekan tombol OK.
  7. Setelah itu kamu akan kembali ke tampilan awal, dan disini silahkan tekan tombol Particular adjustment mode.Tekan Particulan Adjustment Mode
  8. Scroll lalu pilih tools bernama Waste ink pad counter. lalu tekan OK.Pilih Waste Ink Pad Counter Kemudian Tekan OK
  9. Silahkan centang kotak main pad counter, kemudian tekan Check.Centang Main Pad Counter Lalu Tekan Check
  10. Centang lagi kotak main pad counter, lalu tekan Initialize.Centang Main Pad Counter Lagi Kemudian Tekan Initialization
  11. Nanti akan muncul jendela konfirmasi, dan jika berhasil kamu bakal mendapatkan perintah untuk reboot printer.

Akhir Kata

Bagaimana ternyata cara reset Epson L210 itu sangat mudah bukan? diatas sudah kita berikan 2 metode dan silahkan pilih salah satu yang menurut kalian itu mudah serta efisien. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.