Cara Reset Epson L1800

Cara Reset Epson L1800 13
Cara Reset Epson L1800

Melanjutkan artikel resetter Epson kemarin, kali ini kita akan membahas lebih detail soal cara reset Epson L1800. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya jika dalam pembukaan artikel ini akan kita sampaikan penyebab dan faktor utama kenapa Epson L1800 minta untuk di reset.

Printer Epson L1800 itu merupakan printer yang paling mumpuni di kelas L Series, meski secara fitur dan fungsi hanya bisa melakukan perintah print saja, tetapi Epson memaksimalkan fungsi tunggal tersebut menjadi prioritas permintaan konsumennya.

L1800 memang tidak sembarang orang pakai, segmentasi printer ini terlalu sempit yakni khusus untuk digunakan pada bidang usaha percetakan menengah kebawah.

Sebab dinilai dari kemampuannya yang kompleks tersebut, serta dimensi dan ukuran yang tidak ergonomis, membuat printer dengan harga 8 jutaan ini ogah dipilih sebagai kebutuhan perkantoran atau pengguna rumahan.

Penyebab Epson L1800 Minta Reset

Ada beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi di dalam printer merk Epson. Sebenarnya tidak bisa dibilang kerusakan juga, tetapi lebih tepatnya permasalahan error di dalam program Epson.

1. Ink Run Out Error

Permasalahan ini sangat lumrah terjadi di setiap seri Epson, banyak yang salah paham membaca penyebab ink run out error, kenapa?

Sebelum itu permasalahan terjadi karena sistem tidak dapat mendeteksi tinta yang ada di dalam cartridge, faktanya tinta di dalam cartridge itu masih ada dan penuh bahkan kondisinya cenderung normal, siapa yang gak bingung coba.

Ternyata usut punya usut, program printer ini mendeteksi banyak atau sedikitnya tinta di dalam cartridge itu berdasarkan kuantiti tinta yang tersedia.

Artinya kalau memang semua kondisi di dalam cartridge itu normal, jika sudah saatnya reset maka chip akan memberikan indikator warning.

Pabrikan sendiri telah memberikan program dengan membatasi jumlah main pad counter tertentu, jika batas tersebut sudah tercapai atau terlampaui, maka sistem secara otomatis memberikan sinyal untuk mereset.

2. Ink Waste Is Full

Pada seri printer L1800, permasalahan utama dalam resetter bisa terjadi karena poin kedua ini. Error bukan terjadi akibat dari kesalahan user, atau bahkan kerusakan komponen internalnya.

Tetapi printer sendiri sudah memiliki program lalu program tersebut akan dikalkulasikan dengan perhitungan chip EEPROM yang telah membaca semua data seperti jumlah Head Cleaning.

Ada saatnya EEPROM sudah mencapai ambang batas atau melebihi jumlah program dari pabrikan. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba printer L1800 suka muncul gejala error tanpa sebab yang pasti.

3. General Error

Error yang terakhir bisa kita kategorikan sebagai kerusakan berat. Persentase kerusakan sebenarnya sangat kecil, tetapi jika sudah terjadi di printer kamu, penanganannya akan sangat ribet.

Kenapa? Komponen yang diserang hampir komponen utama, seperti motherboard, sensor dan perangkat krusial lainnya. Jika diperbaiki, bisa dipastikan harganya akan sangat mahal.

Cara Reset Epson L1800

Setelah tahu poin-poin diatas, kita akan langsung masuk ke pembahasan utama yakni cara reset Epson L1800. Jika kalian baca artikel sebelumnya, pasti sudah ada yang tahu kalau metode reset ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama dengan cara manual, dan yang kedua lewat bantuan aplikasi.

Namun sebelum itu ada baiknya kamu cek kondisi printer seperti level tinta, cartridge kotor, selang tinta terjepit dan kabel kendor sudah dipastikan tidak ada masalah. Selanjutnya silahkan ikuti cara dibawah ini untuk reset printer.

1. Cara Reset Epson L1800 Manual

Yang pertama ini bisa dibilang sangat mudah, karena kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol yang ada di printer, dan tunggu sampai perangkat memberikan respon reset. Silahkan ikuti cara berikut:

  1. Hidupkan printer sampai sempurna.
  2. Silahkan tekan tombol Resume yang ada icon tinta-nya selama 5 detik, setelah itu lepas.Tekan Tombol Resume Beberapa Detik
  3. Tekan sekali lagi tombol Resume selama 3 detik, kemudian lepas.
  4. Tunggu sampai printer memberikan respon reset, kurang lebih selama 1 menit.
  5. Jika lampu indikator merah mati, artinya reset manual berhasil dilakukan.Epson L1800 Kondisi Normal
  6. Reboot printer Epson L1800.

2. Cara Reset Epson L1800 Lewat Aplikasi

Terakhir cara yang dinilai cukup akurat adalah lewat bantuan aplikasi bernama Epson Adjustment Program. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut lewat link yang kita berikan dibawah ini.

⬇️ Download Resetter Epson L1800

  1. Download dulu aplikasi Resetter Epson L1800.
  2. Jik sudah selesai ekstrak filenya.
  3. Buka aplikasi bernama AdjProg, caranya klik kanan Run as administrator.
  4. Pada tampilan awal klik tombol Select.Silahkan Pencet Tombol Select
  5. Ubah Model Name menjadi seri L1800, lalu ubah bagian Port menjadi Auto Selection.Ubah Model Name dan Ganti Port
  6. Setelah itu tekan OK.
  7. Berikutnya ketuk tombol Particular adjustment mode.Jika Sudah Kembali Tekan Particular Adjustment Mode
  8. Scroll ke menu Maintenance, tekan tools bernama Waste ink pad counter.Pilih Waste Ink Pad Lalu Pencet OK
  9. Centang kotak Main pad counter, setelah itu klik tombol Check.Centang Main Pad Counter Lalu Tekan Check
  10. Centang lagi kotak Main pad counter, lalu klik tombol Initialization.Centang Main Pad Counter Lagi dan Tekan Initialize
  11. Jika reset berhasil akan muncul jendela notifikasi please turn off/turn on printer. Artinya silahkan reboot printer untuk digunakan kembali.
  12. Selesai.

Akhir Kata

Bagaimana cara reset Epson L1800 sangat mudah bukan? silahkan pilih salah satu metode yang sekiranya gampang dan praktis. Semua tutorialnya sudah kita berikan diatas, semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.