Cara Reset Epson L1300

Cara Reset Epson L1300 13
Cara Reset Epson L1300

Melanjutkan ulasan artikel Resetter Epson L1300 kemarin, di akhir kata kita telah kutip kisi-kisi untuk mengupas “cara reset Epson L1300”. Untuk menepati janji tersebut, berikut akan kami buatkan tutorial cara reset Epson L1300 secara lengkap dan rinci.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, bagi yang belum menyimak isi artikel Resetter Epson L1300 kemarin, gak ada salahnya kalau kita ulangi lagi penyebab kenapa printer Epson L1300 mengalami error.

Penyebab Epson L1300 Minta Reset

Ada beberapa masalah yang sering muncul di printer Epson, apalagi khusus untuk seri L Series…pengguna akan sering menghadapi kondisi dimana printer selalu memberikan notifikasi tanda error berupa blinking lampu merah.Tombol Blinking Merah

Selain lampu indikator merah menyala dan berkedip beberapa kali, chip dalam program printer juga memberikan sinyal notifikasi pesan ke layar komputer/PC bertuliskan ‘it is nearly time to reset the ink levels‘, ‘error service required‘, ‘it is time to reset the ink levels‘, ‘Ink pad is at the end of its service live‘, ‘Ink waste is full‘, dan ‘Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life‘.

Umumnya permasalahan error yang sering terjadi di printer Epson yakni ada 3 jenis :

1. Ink Run Out Error

Permasalahan ini terjadi di bagian cartridge printer, dimana sensor yang ada di dalam alat tersebut tidak dapat mendeteksi tinta di dalamnya. Setelah sistem gagal membaca, secara otomatis perangkat akan memberikan sinyal error berupa kedipan blinking dan notifikasi pesan software. Sebenarnya error ini bukan terjadi karena alasan kerusakan tertentu, tetapi printer sendiri seperti memiliki lifetime kapan waktunya untuk direset. Dan faktor ini termasuk salah satunya kenapa printer minta direset. Chip di dalam perangkat sudah membaca dan menghitung seberapa banyak tinta serta halaman yang sudah dikeluarkan, jika telah mencapai batas yang diprogram oleh pabrikan, maka printer secara otomatis akan meminta treatment seperti reset.

2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Error ini disebabkan oleh kapasitas penyimpanan tinta sisa printer penuh, cara mengatasinya yaitu bisa dengan mengganti yang baru jika kapasitas tersebut modelnya seperti busa, lalu kamu bisa dengan menguras jika model penyimpanannya seperti tank. Tinta sisa tersebut dapat penuh akibat didominasi akibat Head Cleaning.

3. General Error

Terakhir jenis error ini termasuk kedalam kerusakan yang berat, karena printer berpotensi terjadi problem pada motherboardnya. Komponen tersebut lah yang menjalankan semua perintah di dalam kegiatan percetakan, jika terjadi kerusakan pada motherboard dan sensor print, bisa dikatakan kamu akan mengganti komponen yang harganya sangat mahal.

Cek Sebelum Reset Epson L1300

Selain yang kita sebutkan diatas, terkadang orang salah mengartikan kalau munculnya blinking indikator merah pada print itu merupakan salah satu tanda-tanda kerusakan. Faktanya ada beberapa masalah yang bisa dibilang ringan itu dapat memicu blinking pada alat printer ini.

Maka dari itu cek sebelum kamu melakukan reset, siapa tahu ternyata printernya hanya error ringan.

  1. Cek kondisi tinta, pada jenis printer L1300 sudah dilengkapi dengan tank eksternal. Kamu bisa dengan mudah mengecek status tinta tersebut tanpa perlu membuka casingnya. Jika tingkat level tinta sudah menipis, silahkan isi kembali dengan tinta yang baru.
  2. Periksa roller akibat paper jam, printer memang sangat rawan terjadi paper jam, kondisi ini akan memunculkan masalah seperti potongan kertas kecil yang nyempil di bagian roller. Silahkan ambil potongan kertas yang nyangkut tersebut supaya lembar yang masuk tidak ada hambatan.
  3. Perhatikan tabung sisa pembuangan tinta, ada printer yang menggunakan model penampungan sisa tinta menggunakan busa, jika sudah terlihat penuh silahkan ganti baru, jika yang pakai model tabung eksternal bisa dikuras isinya.
  4. Terakhir pastikan colokan kabel tidak ada yang kendor, dan satu hal lagi yakni jangan sampai selang tinta terjepit, karena hal tersebut dapat menghambat suction ketika print melakukan inject.

Cara Reset Epson L1300Printer Epson L1300

Setelah semua dipastikan bahwa printer memang menunjukkan indikasi minta untuk di reset, silahkan lakukan cara dibawah ini dan pilih salah satu metode yang ingin kamu pakai, entah itu metode manual atau menggunakan aplikasi.

1. Cara Reset Epson L1300 Manual

Pertama cara reset Epson L1300 bisa dilakukan dengan metode manual, cara ini dinilai lebih gampang dan praktis karena pengguna tidak perlu membuka aplikasi bantuan atau sejenisnya. Cukup lakukan sentuhan kombinasi tombol yang ada di printer, untuk lebih lengkap silahkan simak ulasan berikut.

  1. Hidupkan printer sampai sempurna.
  2. Kemudian tekan tombol Resume yang ada logo tintanya selama 5 detik, kemudian lepaskan.Pencet Tombol Resume
  3. Tekan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  4. Jika berhasil printer akan memberikan respon untuk melakukan reset, tunggu sampai selesai.
  5. Terakhir blinking warna merah akan hilang dan sekaligus menandakan kondisi printer sudah kembali normal.
  6. Reboot untuk menggunakan kembali.

2. Cara Reset Epson L1300 Lewat Aplikasi

Kemudian kamu bisa melakukan reset printer L1300 menggunakan aplikasi bantuan yang ada di PC atau laptop. Pastikan sebelum itu kamu hidupkan printernya, kemudian hubungkan kabel ke PC, dan jalankan aplikasinya.

Siapkan aplikasinya, silahkan download dulu resetter printer Epson yang bernama Epson Adjustment Program lewat link yang sudah kita berikan dibawah ini. Bila sudah di download, selanjutnya ikuti cara-caranya :

⬇️ Download Resetter Epson L1300

  1. Pertama silahkan resetter Epson L1300 pada link di atas.
  2. Ekstrak file tersebut, lalu jalankan aplikasi bernama AdjProg dengan cara klik kanan lalu pencet Run as administrator.
  3. Pada tampilan pertama, kamu bisa klik tombol bertuliskan Select.Tekan Tombol Select Untuk Mengatur Model Name Dan Port
  4. Setelah itu ubah Model Name menjadi L1300, dan biarkan posisi Port ada di Auto Selection.
  5. Terakhir tekan OK.
  6. Disini kamu bisa pencet tombol Particular adjustment mode.Setelah Itu Tekan Particular Adjustment Mode
  7. Arahkan ke menu Maintenance, pilih bagian Waste ink pad counter ➤ Tekan OK.Pencet Waste Ink Pad Counter
  8. Silahkan centang Main pad counter, kemudian pencet Check.Centang Main Pad Counter Lalu Pencet Check
  9. Centang sekali lagi kotak Main pad counter, dan tekan Initialize.Centang Main Pad Counter Lagi Lalu Tekan Initialize
  10. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  11. Jika berhasil akan muncul notifikasi popup pesan untuk melakukan perintah turn off printer.
  12. Silahkan reboot printer.

Akhir Kata

Demikianlag cara reset Epson L1300 itu bisa dilakukan dengan dua cara, silahkan pilih salah satu dan untuk langkah-langkah sudah kita sediakan semua diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.