Cara Reset Epson L120

Resetter Epson L120

Printer merupakan alat cetak yang dapat melakukan perintah dalam bentuk data digital untuk kemudian diversifikasikan menjadi cetakan kertas bertinta entah itu dalam bentuk tulisan atau gambar.

Printer memiliki satu buah komponen yang wajib terpasang untuk menyokong kemampuannya dalam mencetak sebuah tulisan atau gambar, komponen yang dimaksud adalah tinta.

Tinta print hanya terdiri dari 4 warna basic saja, nantinya ke empat warna tersebut akan diolah oleh chip atau otak printer untuk menghasilkan tone warna yang beragam. Kemudian tinta disemprotkan menggunakan inject print atau DOT menyesuaikan pola perintah data yang dikirimkan.

Sepertinya teknis printer memang terdengar sangat rumit bukan? Apakah selamanya perangkat hardware ini selalu berhasil tanpa ada kendala? contohnya seperti error atau malfungsi yang bikin seketika printer tidak bekerja.

Tentu ada, bahkan bisa dikatakan printer memiliki siklus khusus untuk melakukan healing dalam memperbaiki error atau kesalahan dalam chip menangkap perintah data. Sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini, dimana kita akan memberikan metode khusus untuk seri printer yakni resetter Epson L120.

Beberapa waktu lalu kita sempat mengupas metode tentang cara reset printer Canon MP237, bagi yang mungkin butuh tutorial teknis memperbaiki Canon MP237 yang sedang error, bisa mampir ke ulasan diatas.

Cara Reset Epson L120

Sebelum memperbaiki dengan cara reset Epson L120, ada baiknya jika kita kenali terlebih dahulu tanda-tanda printer Epson L120 ini mulai tidak berfungsi dengan baik. Pertama gejala yang sering ditimbulkan adalah print tidak mau melakukan perintah untuk mencetak, kemudian kamu bisa melihat lampu indikator yang terus berkedip, tanda tersebut mengartikan print sedang tidak baik-baik saja.

Kemudian indikator lain akan muncul di layar laptop kamu yang bertuliskan service required atau waste ink full. Artinya sama, printer ingin memberikan pesan kepada si pengguna kalau sedang bermasalah atau error.

Kondisi seperti ini tentu sangat menjengkelkan dan merepotkan, apalagi jika kita sedang sangat butuh data print out saat itu juga, dan solusi sementara kita harus keluar untuk mencetak di tempat lain seperti warnet atau fotocopy-an.

Pertanyaanya adalah, apakah ada solusi untuk mengatasi masalah diatas? Jawabannya sangat ada. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu pergi ke tukang service printer. Berikut cara resetter Epson L120 dengan dua metode yang berbeda.

1. Secara Manual

Penyebab printer bermasalah itu sangat beragam, oleh karena itu jika printer kamu sedang mengalami masalah yang serupa, bisa menggunakan solusi yang pertama ini yaitu cara reset printer Epson L120 secara manual.

Sesuai dengan teknis penyebutannya yakni manual, kamu gak perlu membutuhkan seperti yang namanya aplikasi khusus dalam melakukan reset. Bahkan cara ini dapat berlaku di beberapa jenis Epson lainnya seperti seri L110, L120, L200, L210, L220, L300, L310 sampai seri 500.

Ikuti langkah dibawah ini untuk reset printer secara manual :

  1. Hidupkan printer dengan menekan tombol Power.
  2. Setelah hidup, kamu bisa tekan tombol power dan tombol resume serta tahan selama 5 detik.Tekan Dua Tombol Berikut Selama 5 Detik
  3. Lepaskan dan tekan lagi kedua tombol tersebut selama 3 detik.
  4. Biarkan beberapa saat printer tersebut.
  5. Jika sudah gunakan kembali maka printer Epson sudah kembali normal lagi.Printer Kembali Normal

2. Menggunakan Resetter

Berikutnya kita dapat melakukan reset terhadap printer Epson ini dengan menggunakan aplikasi resetter Epson khusus.

Printer jika error akan memunculkan gejala yang aneh, seperti tidak dapat melakukan perintah print, muncul lampu indikator, dan terakhir printer akan mengirimkan pesan ke dalam komputer tanda menunjukkan kondisi print sedang tidak baik-baik saja.

Silahkan lakukan cara dibawah ini :

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Resetter Epson L120.
  2. Kemudian ekstrak filenya.Ekstrak File Yang Kamu Download
  3. Setelah berhasil buka folder kemudian tekan file bernama AdjProg_L120_RAW.Buka Aplikasinya
  4. Nyalakan printer serta hubungkan ke PC.
  5. Bila aplikasi sudah terbuka tekan tombol Select.Setelah Masuk Aplikasi Tekan Tombol Select
  6. Pilih seri printer kamu di bagian Port, jika seri L120 maka sesuaikan. Bila sudah kembali.Ubah Port Menyesuaikan Seri Printer
  7. Selanjutnya ketuk bagian Particular Adjustment Mode.Tekan Kotak Adjusment Particular
  8. Lalu pilih Waste ink pad counter pada sub menu Maintenance. Klik OK.Pilih Waste Ink Pad Counter Lalu Tekan Klik OK
  9. Centang bagian Main pad counter, lalu klik Check.Centang Main Pad Selection dan Tekan Check
  10. Nanti akan muncul angka poin dan persen, klik cenang lagi Main pad counter lalu pencet tombol Initialize.Centang Main Pad Lagi Lalu Klik Initialize
  11. Jika muncul pesan popup, tekan OK saja.Klik OK
  12. Terakhir restart printer kamu.

Akhir Kata

Sekarang masalah printer Epson L120 kamu sudah bisa teratasi, tinggal kini terapkan dan pilih ingin pakai metode yang mana, manual atau menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.