Cara Reset Epson L110

Cara Reset Epson L110 13
Cara Reset Epson L120

Melanjutkan pembahasan artikel kita kemarin yakni resetter printer Epson, disana kami telah memembagikan berbagai aplikasi resetter epson untuk berbagai macam seri. Dan pada artikel ini, kita akan ulas cara reset untuk salah satu seri printer Epson yaitu L110. Jadi untuk pengguna printer Epson L110, wajib menyimak artikel ini sampai selesai ya 😄

Epson L110 merupakan seri printer kelas entry yang memiliki fungsi tunggal sebagai alat print saja, pengguna tidak akan mendapatkan alat semacam scan apalagi digunakan untuk fungsi copy.

Layaknya seri printer keluaran Epson L Series lainnya, L110 sudah dibekali dengan tank tinta eksternal. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengisi dengan cara refil hanya lewat membuka katup reservoir tanpa perlu repot suntik atau melepas catridge lagi.

Namun kita tidak akan membaca ulasan review soal printer ini lagi, kalau kamu ingin mengetahui kelebihan serta kekurangan dari printer Epson L110, silahkan buka ulasan artikel Resetter Epson L110 yang sudah kita post kemarin.

Penyebab Printer Minta Di Reset

Printer meski tergolong sebagai alat berteknologi canggih dan sanggup merespon permintaan dalam bentuk cetakan print out, tetapi namanya buatan manusia pasti secanggih-canggihnya printer tersebut tidak akan luput dari yang namanya error.Printer Epson L110

Sebenarnya sangat banyak jenis error yang muncul di dalam sebuah printer, namun umumnya untuk printer merk Epson kurang lebih ada 3 jenis error yang akan sesekali sering kita temui. Apa saja? ada Ink Run Out Error, End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full, dan yang terakhir adalah General Error.

Kita kenali dulu masing-masing error atau kerusakan yang sudah disebutkan diatas, dengan mengenal ini paling tidak pengguna akan terbiasa dan tahu bagaimana langkah tindakan dalam memperbaikinya.

  1. Ink Run Out Error

Yang pertama ini sering sekali terjadi pada printer Seri L. Penyebab utamanya adalah program tidak dapat mendeteksi tinta yang ada di Cartridge, indikator errornya beragam dari mulai muncul notifikasi pesan di layar PC kamu, sampai printer memunculkan sinyal kedipan berwarna merah. Tetapi faktanya tidak selamanya program gagal mendeteksi tinta yang ada di dalam cartridge, jika kamu bongkar sebenarnya masih ada tinta di dalam alat tersebut, hanya saja printer memang sengaja melakukan respon ini berdasarkan perintah dari chip yang sudah memprogram warning dari pengaturan pabrikan.

Biasanya dihitung dari jumlah pemakaian alat dalam kebutuhan mencetak, dan chip akan mengkalkulasi antar jumlah tinta yang keluar dengan hasil lembar yang dikeluarkan. Sampai ketika error ini muncul dan hanya bisa diatasi dengan cara reset.

  1. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Jika kalian tahu di bagian dasar printer terdapat semacam benda yang terbuat dari bahan busa, dimana benda berikut difungsikan sebagai alat penyerap tinta sisa pencetakan. Nah jika alat penampung tinta tersebut penuh, maka printer akan memberikan sinyal error. Untuk mengatasinya bisa diganti dengan yang baru, atau untuk model tank silahkan dikuras sampai habis.

  1. General Error

Jangan sampai printer kamu mengalami general Error, karena kerusakan ini bisa dibilang paling berat karena menyangkut urusan komponen di dalam printernya tersebut. Seperti motherboard rusak, lalu sensor tidak berfungsi, dan masih banyak kemungkinan buruk lainnya.

Cara Reset Epson L110Blinking Warna Merah Muncul

Seperti yang sudah kita singgung diatas yakin poin permasalahan Ink Run Out Error, dimana kondisi ini membuat printer melakukan siklus perbaikan berkala di setiap masa pakai tertentu hanya bisa dengan melakukan metode reset.

Istilah ini sering disebut dengan Resetter, nah cara reset Epson L110 sendiri ada dua jenis, pertama dengan cara manual dan yang kedua dengan cara lewat aplikasi.

1. Cara Reset Epson L110 Manual

Pertama kamu bisa lakukan reset dengan metode yang mudah tanpa memerlukan alat bantu seperti software atau aplikasi PC. Cukup gunakan kombinasi tombol yang ada di printer kurang lebih caranya seperti ini :

  1. Hidupkan Printer.
  2. Jika sudah menyala sempurna, silahkan tekan tombol resume yang ada di sebelah tombol power selama 5 detik, setelah itu lepas.Tekan Tombol Resumen
  3. Kemudian yang kedua tekan tombol resume lagi selama 3 detik lalu lepas.
  4. Tunggu sampai printer memberikan respon.
  5. Jika indikator merah telah mati tandanya printer sudah normal kembali.

2. Cara Reset Epson L110 Lewat Aplikasi

Selanjutnya, kita lanjut untuk cara kedua mereset printer Epson L110. Pada cara kedua ini kamu perlu mendownload aplikasi bernama Epson Adjustment Program. Kemudian untuk langkah-langkahnya, silahkan langsung kamu ikuti di bawah ini:

⬇️ Download resetter printer Epson L110

  1. Hidupkan printer dihubungkan ke PC/Laptop.
  2. Download dulu filenya diatas, jika sudah silahkan ekstrak.
  3. Buka hasil ekstrak, kemudian cari aplikasi bernama AdjProg, nanti kamu bisa klik kanan program tersebut dan pilih Run as administrator.
  4. Setelah terbuka pencet tombol Select untuk memilih seri printer.Buka Aplikasi Dan Tekan Tombol Select
  5. Pada kotak Model Name silahkan isi L110, kemudian pada kotak Port silahkan atur Auto Selection.Ubah Model Name Dengan L110 dan Atur Port Auto
  6. Lalu pencet OK.
  7. Disini kamu bisa ketuk tombol Particular adjustment mode.Setelah Itu Pencet Particular Adjustment Mode
  8. Arahkan pada menu Maintenance, dan pilih tools bernama Waste Ink Pad Counter, pencet OK.Pilih Tools Waste Ink Pad dan Pencet OK
  9. Centang bagian Main Pad Counter, lalu klik tombol Check.Centang Main Pad dan Pencet Check
  10. Centang lagi Main Pad Counter dan pencet Initialization.Centang Main Pad Lagi dan Tekan Initialization
  11. Jika berhasil akan muncul jendela kecil untuk konfirmasi turn off printer.
  12. Reboot printernya.

Akhir Kata

Bagaimana cara reset Epson L110 mudah bukan? silahkan gunakan salah satu metode ditas, jika yang pertama tidak berhasil bisa pilih metode yang kedua. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.