Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660/F609

Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609

Era modern dan digital dapat ditandai dengan berkembangnya akses internet sangat pesat. Terbukti dari mudahnya kita mendapatkan jaringan WiFi, hampir di setiap daerah sekarang sudah terfasilitasi jalur fiber optic.

Sehingga memungkinkan bagi para pelanggan diluar sana, dapat menikmati layanan internet kencang tanpa ada masalah jaringan.

Disisi lain banyak juga perusahaan provider yang telah menyediakan layanan WiFi ini. Dari mulai harga yang paling murah hingga harga tinggi.

Tetapi ada satu provider ternama dari beberapa jenis penyedia layanan wifi di Indonesia, yaitu Indihome.

Mereka telah menawarkan berbagai jenis layanan dari seperti penyedia router, speed koneksi yang bervariatif, hingga penawaran harga relatif terjangkau.

Tetapi fakta menyatakan bahwa layanan WiFi Indihome ini hanya sebatas memberikan fasilitas jaringan saja, selebihnya alat termasuk router akan kembali kepada server bila pelanggan putus berlangganan. Istilahnya adalah hanya sewa alat.

Gak heran, mengapa Telkom sering menggunakan jenis merk router itu-itu saja. Salah satu yang paling sering ditemui adalah seri ZTE F660/F690.

Pada pembahasan kali ini, kita ingin mengupas mengenai reset dan ganti router ZTE F660/F690 milik Indihome secara lengkap dan tuntas.

Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660/F609

Router Modem adalah perangkat utama dalam layanan Indihome, perangkat ini memiliki tugas untuk pemancar untuk menyalurkan sinyal kepada perangkat lain seperti komputer, laptop, dan gadget milik pengguna.

Router ini yang menentukan seberapa kuat pemancar sinyal, lalu seberapa banyak client list yang dapat ditampung router, hingga menentukan stabil atau tidaknya jaringan WiFi kalian.

Dalam kasus tertentu Indihome sering terkena komplain pengguna atas menurunnya performa jaringan WiFi.

Dikatakan bahwa, untuk menstabilkan kembali, pengguna dapat melakukan reset atau restart router dengan harapan semua gangguan menjadi stabil kembali.

Kemudian pada kondisi tertentu, kita juga membutuhkan akses masuk ke dalam pengaturan router. Tujuannya untuk mengatur konfigurasi router, namun yang paling utama adalah mengubah kata sandi lama.

Dari dua permasalahan di atas, sudah kita rangkum secara lengkap cara reset dan ganti kata sandi WiFi Indihome F660/F609 dibawah ini. Silahkan ikuti ulasannya langkah-langkah dibawah ini sampai akhir.

Cara Reset ZTE660/F609

Yang pertama kita awali dengan mereset modem ZTE…cara ini termasuk metode paling gampang. Jadi ada dua tipe reset yang sering orang-orang gunakan…pertama reset ringan, lalu satunya lagi hard reset.

Kenali satu per satu fungsinya, dari mulai reset ringan sering digunakan untuk merestart aktivitas router demi mengembalikan kondisi stabil bila kalian merasa jaringan wifi sering lemot.

Caranya pun mudah, cukup tekan sekali tombol Power Off, tunggu kurang lebih 30 detik router mati, dan hidupkan kembali tombol Power On.

Terus yang kedua hard reset diperlukan kalau kalian lupa username dan kata sandi router lalu ingin meresetnya kembali ke settingan default. Tombol reset ini dapat kamu temukan di bagian belakang router, bentuknya seperti lubang kecil, dengan tulisan Reset.

Tekan tombol reset menggunakan benda seperti jarum peniti selama 3-5 detik. Tunggu sampai router meresponnya.

Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660/F609

Berikutnya bila kalian merasa keamanan WiFi sudah tidak privasi lagi, contohnya seperti banyak orang mengetahui password akses jaringan…silahkan untuk pengguna mengubah password dengan yang baru.

Karena sebenarnya, provider menganjurkan untuk selalu ganti password setiap satu bulan sekali. Tujuannya jelas untuk menghindari WiFi dibobol orang lain.

Ada dua langkah, yang pertama login ke dalam router terlebih dahulu, dan kalau sudah masukkan password baru di tampilan menu router tersebut. Berikut langkahnya :

  1. Sambungkan WiFi terlebih dahulu ke perangkat kalian.
  2. Kalau sudah buka browser apapun, kita rekomendasikan pakai Google Chrome.
  3. Ketikkan alamat routernya di kotak URL, 192.168.1.1.1 Masuk IP Router - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  4. Kemudian login ke dalam router tersebut, akses login username dan password kalian dapatkan dari teknisi ketika memasang router karena mereka yang awalnya mensetting modem tersebut. Tetapi biasanya mereka memberikan akses default seperti username : admin, password : user.2 Login Ke Router - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  5. Setelah berhasil masuk, silahkan pergi ke menu Administration.3 Tap Administrative - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  6. Klik bagian User Management.4 User Management - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  7. Pada bagian Old password, silahkan kamu isi dengan password yang lama.5 Masukkan Old Password - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  8. Lalu isikan New Password pada kolom dibawahnya. Lalu ketikkan sekali lagi password baru di Confirm Password.6 Msukkan New Password - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  9. Dan tap Submit.
  10. Kalau sudah kamu bisa logout.7 Klik Logout - Cara Reset dan Ganti Sandi WiFi Indihome ZTE F660F609
  11. Password WiFi baru sudah terkonfirmasi.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita seputar cara reset dan ganti sandi WiFi Indihome ZTE F660/F609 diatas. Silahkan ikuti tutorial tersebut, untuk mengatasi berbagai persoalan pada router milikmu. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang