Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam

Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam 7
Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam

Memaksimalkan aktivitas daring tanpa perlu upgrade webcam laptop atau komputer, adalah opsi yang paling bijak dan dicari banyak orang.

Kita berikan satu tips yakni cara merubah kamera HP Android menjadi Webcam, cukup bermodal aplikasi lalu kalian sudah mendapatkan kualitas video yang bagus.

Kemarin kita sudah membahas tengan aplikasi Camo, namun aplikasi ini hanya berfungsi untuk perangkat Apple yang memiliki sistem operasi iOS serta MacOS.

Kurang lebih teknis penggunaannya hampir sama, hanya yang membedakan kita disini akan coba di perangkat Android dan Windows.

Kita akan menggunakan salah satu aplikasi pengubah kamera HP Android menjadi webcam yaitu DroidCam.

Opsi satu ini dapat mengatasi masalah jika komputermu belum memiliki Webcam eksternal. Cara merubah kamera HP Android menjadi webcam juga efektif meningkatkan resolusi bagi laptop yang kualitas kamera bawaan masih kurang bagus.

Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam

Memang navigasi dan tools di dalam aplikasi ini tidak se-komplit pengaturan didalam Camo. Namun ada satu keunggulan utama yakni aktivitas pairing dapat dilakukan via koneksi Wi-Fi.

Sehingga gak ada lagi koneksi kabel yang mengganggu atau membuat repot aktivitas pengguna.

Sebelum itu kalian perlu siapkan beberapa printilan untuk melakukan pairing kamera HP ke dalam PC. Beberapa tools tersebut diantaranya adalah :

  1. Universal ADB Driver | Download Universal ADB Driver
  2. DroidCam (Windows) | Download DroidCam (Windows)
  3. DroidCam (Android)
    DroidCam - Webcam for PC
    DroidCam - Webcam for PC
    Developer: Dev47Apps
    Price: Free

Setelah semua tools dipersiapkan, langsung saja kita eksekusi cara merubah kamera HP menjadi Webcam lewat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Silahkan download terlebih dahulu Universal ADB Driver untuk komputer.Install ADB Driver Install ADB Driver
  2. Setelah itu Install aplikasinya di dalam komputer.Ikuti Install ADB
  3. Kemudian download aplikasi DroidCam untuk komputer melalui link download di atas.Install DroidCam PC
  4. Setelah selesai mendownload, silahkan Install aplikasinya dan ikuti langkah-langkah pemasangan DroidCam.Ikuti Install DroidCam
  5. Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut.
  6. Berikutnya kamu install aplikasi DroidCam di Android melalui link di atas.Install DroidCam Android
  7. Kalau sudah diinstall silahkan buka aplikasi.
  8. Kembali ke software DroidCam komputer, disini akan disediakan menu Connect antara antara Wifi dan USB.
  9. Untuk koneksi Wifi, kamu bisa masukkan nomor IP yang tersedia di layar android ketika membuka DroidCam.Pencet Wifi
  10. Masukkan nomor IP tersebut di kolom Device IP, lalu centang tombol Video, centang juga Audio bagi yang ingin mengubah perangkat ponsel menjadi microphone. Lalu Start.Masukkan IPCentang Video Dan Start
  11. Sedangkan bagi yang ingin menggunakan kabel USB, arahkan ke tombol USB.Pencet USB
  12. Aktifkan USB debugging HP kalian, caranya masuk ke Menu Setting HP. Ketik saja di pencarian USB Debugging. Jika sudah aktifkan.Aktifkan Debugging
  13. Buka DroidCam android.
  14. Kemudian hubungkan android ke komputer dengan kabel USB, jika berhasil maka akan muncul jenis device di aplikasi DroidCam komputer.Device Akan Terdeteksi
  15. Tinggal Start.
Pengguna iOS :

Jika kamu pengguna perangkat Apple dengan sistem operasi iOS dan Macintosh. Kamu bisa menggunakan cara merubah kamera iPhone menjadi webcam dengan bantuan aplikasi Camo.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara merubah kamera HP Android untuk menjadi webcam. Tips ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang belum memiliki kamera webcam dan belum ada budget untuk membeli.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan alternatif untuk kalian yang akan mengikuti Zoom Meeting / Video Conference. Sampai bertemu di tips teknologi selanjutnya.  

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.