Cara Merge Cell (Menggabungkan Sel) Tabel Di Word

Cara Merge Cell Di Word
Cara Merge Cell Di Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna dalam pekerjaan khususnya dalam bidang pengolahan dokumen.

Segala aktivitas yang berhubungan dengan data, dapat diolah dengan sangat mudah hanya menggunakan Microsoft Office.

Di dalam Word sendiri tersedia banyak fitur, salah satu fitur paling sering digunakan adalah Tabel. Fitur ini dapat memudahkan penggolongan data, pengumpulan variabel, data statistik, serta masih banyak fungsi lainnya.

Dan berkaitan dengan tabel, Tim Kompiwin punya satu bahasan menarik yakni cara melakukan merge cell di Word. Bagi pengguna baru mungkin saja mereka kebingungan dalam memanfaatkan fasilitas di dalam Microsoft Word.

Untuk membuat tabel di dalam Word, kita sudah pernah membuatkan langkah-langkah yang sudah kami lengkapi dengan gambar. Jadi untuk yang baru saja belajar Word, wajib untuk membaca tutorial tersebut sebelum menggabungkan sel tabel.

Cara Merge Cells (Menggabungkan Sel) Tabel Di Word

Untuk menggabungkan sel sering dilakukan pada sebuah tabel untuk merapikan kolom dengan baris atau membuat keduanya menjadi satu.

Misalnya kamu ingin buat tabel dengan judul di baris pertama adalah Hari dan baris kedua berisi Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu.

Kita bisa lihat bahwa baris nomor dua berisi kolom sebanyak 7 karena masing-masing nama hari menempati satu kolom. Sedangkan di baris pertama kita menaruh judul “Hari” dimana judul tersebut hanya mengisi satu kolom saja.

Agar baris pertama dari judul “Hari” tersebut terlihat rapi, kita bisa gabungkan dari 7 kolom tersebut menjadi satu.

Hasilnya judul “Hari” akan berada di tengah dan dapat mendeskripsikan bahwa baris pertama adalah judul, dan baris kedua sub judul.

Jadi fitur Merge Cells di Word kurang lebih seperti itu, kemudian untuk penggunaannya kalian bisa menemukan Merge Cells di tab “Layout“. Setelah kamu klik tabel yang terdapat di lembar kerja, akan muncul menu tab ribbon baru bernama Layout.

Untuk alternatif, pengguna dapat langsung tekan klik kanan pada mouse lalu pilih “Merge Cells“.

Cara 1 : Merge Cells Melalui Menu Tab Layout

Untuk melakukan merge cells di Word yang pertama, kita bisa menggunakan menu tab “Layout“. Menu tersebut akan secara otomatis muncul setelah kamu mengklik pada tabel di lembar kerja.

Di menu tab “Layout” terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk melakukan pengeditan tabel, mengatur tinggi dan lebar, split (memisahkan) tabel, dan lain sebagainya.

  1. Silahkan buka Office Word.
  2. Pastikan berada di menu Home.
  3. Lalu tap tombol Borders untuk membuat tabel.Pencet Borders Dan Buat Tabel
  4. Silahkan gambar tabel sesuai isi data yang kamu buat.
  5. Untuk yang kita contohkan kurang lebih seperti di bawah ini.Kita Contohkan Tabel Seperti Ini
  6. Blok bagian kotak tabel yang ingin di merge cells, ingat pada dasarnya merge cells adalah menggabungkan dua atau lebih tabel menjadi satu.Blok Bagian Calon Merge Cell
  7. Setelah tabel terblok, masuk ke menu ribbon Layout.
  8. Klik tombol Merge Cells.Masuk Ke Layout Dan Merge Cell
  9. Secara otomatis tabel tersebut akan menyatu.Hasil Merge Cells
  10. Selamat mencoba.
Baca Juga:

Mau mengatur spasi di lembar dokumen Microsoft Word kamu? Ikuti langkah-langkah mengatur spasi di Microsoft Word dengan mudah dan cepat.


Cara 2 : Merge Cells Klik Kanan

Untuk panduan merge cells tabel di Word yang kedua ini akan jauh lebih praktis dan mudah. Kamu cukup memblok sel pada tabel mana yang ingin kamu gabungkan. Kemudian klik kanan dan pilih “Merge Cells“.

Adapun langkah-langkah selengkapnya dapat kamu ikuti di bawah ini:

  1. Silahkan buka Microsoft Word.
  2. Pastikan kamu sudah berada di menu Home.
  3. Ketuk tombol borders lalu buat tabel yang kamu inginkan.Pencet Borders Dan Buat Tabel
  4. Setelah itu blok beberapa tabel yang ingin di jadikan satu.Blok Bagian Calon Merge Cell
  5. Kalau sudah diblok, klik kanan di atas tabel tersebut.
  6. Langsung saja pilih tombol Merge Cells.Klik Kanan Dan Merge Cells
  7. Secara otomatis tabel akan menjadi satu.Hasil Merge Cells
  8. Selesai.
Baca Juga:

Mau membuat catatan kaki untuk skripsi di dokumen Word? Kami sudah membuat panduan lengkap cara membuat footnote di Word dengan mudah.


Akhir Kata

Demikian adalah langkah-langkah cara untuk merge cells (menggabungkan sel) pada tabel di Microsoft Word.

Tutorial di atas sebenarnya mirip dengan kita melakukan merge cells di Microsoft Excel.

Perbedaannya hanya bentuk lembar kerjanya saja, apabila Microsoft Excel memiliki lembar kerja berbentuk Worksheet (terdiri dari sel) sedangkan di Microsoft Word berupa Blank Page (lembar putih kosong).

Mungkin cukup sekian informasi serta tutorial yang dapat kami sampaikan, sampai jumpa di panduan Microsoft Word selanjut dan semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.