Cara Menstabilkan Video Di Google Foto

Cara Menstabilkan Video Di Google Foto 1
Cara Menstabilkan Video Di Google Foto

Sebagian orang ada yang sudah tahu apa itu Google Foto, bisa dibilang Google Foto merupakan layanan berbasis penyimpanan cloud namun hanya khusus untuk mengunggah file multimedia.

Secara teknis sebenarnya hampir sama dengan Galeri foto HP, yang membedakannya yaitu jenis penyimpanan file tersebut, yang mana pengguna akan mengunduh semua file tersebut ke dalam cloud Google Foto, dan membiarkan layanan Google menggunakan penyimpanannya.

Tetapi tidak hanya digunakan dalam menyimpan foto saja, ternyata Google Foto sekarang sudah banyak memiliki fungsi lain yang canggih.

Dan salah satu kemampuan dari layanan Google Foto ini adalah dapat menstabilkan sebuah video yang goyang.

Metode teknisnya simpel, jadi pengguna hanya perlu mengirim video mereka yang kualitas tangkapannya kurang stabil atau shaking, kemudian diunggah di Google Foto untuk diedit menggunakan tools khusus.

Bagi yang penasaran kita akan berikan cara menstabilkan video di Google Foto dibawah ini, silahkan simak terus ulasan artikel sampai habis.

Google Foto

Layanan ini sudah eksis sejak tahun 2015 silam, tidak cuma tersedia di Android saja, namun Google telah memberikan izin akses di program iOS dan juga PC.

Itu artinya jangkauan Google Foto sudah sangat luas, gak heran kenapa belakangan ini layanan cloud Google Foto makin banyak yang pakai.

Dan berikut adalah 5 keunggulan Google Foto yang banyak dicari orang-orang adalah berikut.

1. Memiliki sistem pencarian yang canggih

Sistem internal Google Foto memiliki kemampuan yang canggih dan dapat mengelompokkan berdasarkan dengan lokasi, facial recognition dan terakhir berdasarkan jenis file.

Nantinya foto-foto tersebut akan dikelompokkan jadi kategori tertentu yang memudahkan pengguna mencari tanpa perlu repot scroll-scroll kebawah.

2. Sharing foto lebih mudah

Karena Google Foto ini berbasis digital, memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan berupa link kepada orang lain.

Nantinya tautan tersebut dapat diunduh dan bahkan antara pengguna satu dengan lainnya dapat membuat album bersama yang mungkin digunakan dalam kepentingan tertentu.

3. Penyimpanan Google Foto

Sebelumnya Google memberikan layanan penyimpanan gratis tanpa batas untuk mengunggah foto ke dalam layanan cloud ini.

Namun, rumornya tahun 2021, ruang penyimpanan gratis tersebut akan dibatasi menjadi 15GB. Meski demikian, penyampaian ini masih bisa difungsikan sebagai alat backup file media dari memori device ke penyimpanan cloud.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi semua foto di dalam HP bakal hilang, tinggal buka file backup di Google Foto untuk memunculkannya lagi.

4. Sistem Share Album Otomatis

Fitur canggih lainnya di dalam Google Foto adalah kamu bisa mengirim salah satu kategori media kepada pengguna lain, contohnya kategori fotor selfie, foto binatang, atau foto-foto spesifik lainnya.

Nantinya Google foto akan menambahkan semua file yang relevan tanpa perlu menambahkan satu persatu lagi.

5. Mempunyai tools editing profesional

Gak kalah dengan platform media digital lainnya, Google Foto yang notabene itu merupakan layanan penyimpanan online juga sudah menyediakan fitur editing yang gak kalah profesional dengan lainnya.

Pengguna dapat memanfaatkan alat seperti crop, rotate, memperbaiki warna, sudah ada preset filter, menambahkan efek tanggal, dan menggabungkan beberapa foto untuk jadi animasi.

Eits ada satu yang ketinggalan, kini Google Foto juga bisa menstabilkan video yang shaking.

Mau download di IDM lebih cepat? Ikuti tutorial cara mempercepat download di Internet Download Manager (100% berhasil).

Cara Menstabilkan Video Di Google Foto

Setelah kita tahu semua keunggulan utama dari layanan Google Foto diatas, selanjutnya langsung ke pembahasan inti yakni cara menstabilkan video di Google Foto.

Sesuai dengan namanya, teknik menstabilkan ini ditujukan agar hasil video yang banyak bergetar atau shaking dapat distabilkan seperti memakai alat stabilizer, sehingga tangkapan gambar jauh lebih halus dan enak dilihat.

  1. Buka aplikasi Google Photo.
  2. Lalu cari video yang sudah kamu unggah disini. Jika belum silahkan unggah dulu.
  3. Cara unggah video, masuk ke Galeri HP ➤ ketuk tahan videonya ➤ tekan Share ➤ pilih Unggah Foto yang lambangnya Google Foto.Share Lewat Unggah Ke Foto
  4. Jika video sudah terbuka, tap satu kali di atas videonya sampai nanti muncul tools edit di bagian bawah seperti ini.Buka Aplikasi Google Foto Dan Klik Video Yang Ingin Distabilkan
  5. Pencet tools editnya.Klik Icon Editing
  6. Kemudian tekan tombol Stabilise.Klik Tools Stabilize
  7. Tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil memproses.Tunggu Prosesnya Sampai Selesai
  8. Terakhir tinggal tekan tombol Save di pojok kanan atas.
  9. Selamat mencoba.
Mau download di IDM lebih cepat? Ikuti tutorial cara mempercepat download di Internet Download Manager (100% berhasil).

Akhir Kata

Sekarang kamu gak perlu lagi menggunakan alat seperti stabilizer untuk menghasilkan video yang smooth, cukup mengikuti cara menstabilkan video di Google Foto diatas.

Kamu sudah dapat membuat tangkapan video gak kalah keren dari alat-alat mahal tersebut. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.