3 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11

Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11

Mengunci perangkat laptop dengan password merupakan suatu bentuk proteksi dalam melindungi perangkat kita dari jangkauan orang lain.

Hal ini sangat efektif bila kalian terapkan pada kondisi situasi umum, dimana kalian sedang melakukan aktivitas dalam ruang terbuka, atau ruang perkantoran yang berisi banyak anggota.

Tujuannya jelas supaya pengguna selain kita tidak bisa sembarang masuk apalagi mengoperasikan komputer tanpa sepengetahuan pemilik.

Login otomatis ini muncul setelah perangkat dihidupkan, aktif dari hibernasi alias sleep hingga restart Windows.

Usai melakukan booting, terlihat bahwa Windows akan memberikan akses konfirmasi login ke dalam user password sebagai langkah proteksi awal.

Namun fitur keamanan ini terasa kurang praktis ketika tidak begitu kita butuhkan. Andai saja kamu adalah orang tunggal yang hanya mengoperasikan perangkat, begitupun pada kondisi lingkup area tertutup, sebetulnya fitur login Windows ini menjadi opsional untuk diaktifkan atau dimatikan.

Nah bagi pengguna yang tidak begitu menginginkan fitur login otomatis pada sistem Windows mereka, dibawah ini sudah kita rangkum pembahasan mengenai cara menonaktifkan login otomatis di Windows 11. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini hingga akhir.

Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11

Windows 11 termasuk ke dalam sistem operasi Windows terbaru dengan segudang kelengkapan fitur yang berlimpah.

Tanpa mengurangi segi fungsi dari versi generasi sebelumnya, pengguna Windows 11 masih akan tetap mendapatkan fasilitas keamanan login otomatis setingkat lebih baru.

Hal ini merupakan suatu bentuk layanan dan fitur di Windows dalam melindungi perangkat penggunanya dari jangkauan orang lain. Apabila terpaksa kondisi terburuk menimpa laptop kalian, setidaknya orang yang memegang akses tanpa izin ini tidak bisa sembarang masuk apalagi mengoperasikannya sampai ke bagian dalam-dalam.

Nah cara menonaktifkan login otomatis di Windows 11 berikut kita harap telah melalui sebagian pertimbangan kalian termasuk perlindungan privasi komputernya.

Cara berikut kita rekomendasikan bila kalian hanya sebagai pengguna tunggal dari perangkat Windowsnya, lalu sering menggunakan di dalam area tertutup misalnya rumah, ruangan kantor privat yang sekiranya aman dari jangkauan orang lain.

1. Melalui User Account

Dalam jendela User Account kita dapat mengatur segala bentuk manajemen terkait user yang terdaftar di Windows perangkat kita, seperti mengatur password, mereset password serta menghapus daftar user tersebut.

Pada tutorial kali ini, trik mematikan akses login otomatis bisa dilakukan cukup dengan mematikan perintah user must enter a username and password to user this computer. Dengan syarat kamu harus tahu kombinasi password sebagai perintah verifikasi bila pengaturan ini sedang dilakukan oleh user bersangkutan.

  1. Pertama kalian tekan shortcut Windows + R.
  2. Setelah keluar jendela Run, ketikkan “netplwiz“.1 Ketikkan Netpwiz - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  3. Setelah itu akan terbuka pengaturan User Accounts, masuk ke bagian Users.2 Masuk Ke User - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  4. Matikan menu User must enter a username and password to use this computer.2 Matikan User Must Enter - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  5. Pilih daftar username yang kalian atur di kotak bawah.3 Pilih User Dan Apply - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  6. Terakhir ketuk tombol Apply.
  7. Bila muncul Sign in automatically, silahkan kamu masukkan Username, Password dan konfirmasi sekali passwordnya. Tujuannya ini sebagai langkah otentifikasi untuk memastikan user utama yang mengambil andil ubahan pada pengaturan.
  8. Kemudian pencet OK.
  9. Klik lagi tombol OK.
  10. Kalau sudah silang jendela User Accounts ini.
  11. Dan coba restart perangkat komputer kalian.

2. Melalui Windows Hello Windows 11

Banyak hal baru yang dapat kita temukan di pengaturan Windows 11, termasuk Windows Hello. Mereka telah menyempurnakan banyak hal termasuk dari segi keamanan.

Dan satu keunggulan Windows Hello berikut, kita bisa mendapatkan fasilitas sign in otomatis.

Ketika fitur diaktifkan, maka sistem proteksi akan mencakup autentikasi pengenalan wajah, sidik jari, dan juga PIN.

Kalau kalian ingin mematikan login otomatis, maka kita harus menghapus sistem konfigurasi ini dari pengaturan Windows 11.

  1. Pertama silahkan ketuk tombol Start.
  2. Kemudian kamu pilih menu Settings.12 Pilih Settings - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  3. Kalau sudah terbuka, arahkan ke sub menu Accounts.13 Masuk Ke Account - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  4. Scroll ke bawah sampai ke bagian Additional Settings. Disini lihat untuk bagian For improved security, only allow Windows Hello sign-in for Microsoft accounts on this device berada di posisi Off.14 Matikan Fitur Hello Windows - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  5. Lalu atur juga bagian If you’re been away, when should Windows require you to sign in again? Menjadi Never.
  6. Scroll ke bawah lagi dan temukan PIN Windows, tekan untuk membuka pengaturannya. Lalu kamu bisa pilih Remove.15 Ketuk Tombol Remove - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  7. Masukkan kode password atau PIN untuk memverifikasi ubahan guna memastikan kamu adalah user utama yang sedang mengubah konfigurasi ini.16 Masukkan Password Pin - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  8. Kalau sudah tinggal kalian restart komputer atau laptopnya.

3. Melalui Group Policy

Adapun cara menonaktifkan login otomatis di Windows 11 bisa melalui jendela program Group Policy. Didalamnya kita dapat mengatur segala urusan terkait sistem program di dalam Windows.

Memang terlihat rumit, tetapi apapun jenis konfigurasi yang terdapat di Windows 11 sangat memungkinkan untuk kita ubah secara mudah.

Salah satu hal tersebut adalah mematikan login otomatis ini. perlu membutuhkan sedikit langkah seperti mengunjungi folder-folder file, hingga sampai kamu temukan program bernama Do not display the Getting Started welcome screen at logon. Penjelasan detail telah kita rangkum dibawah ini.

  1. Pertama ketuk lagi shortcut Windows + R.
  2. Kalau jendela Run sudah muncul, ketikkan “gpedit.msc“. Setelah itu tap OK.5 Ketikkan GP Edit - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  3. Pertama pencet panah samping Computer Configuration.6 Computer Configuration - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  4. Pencet lagi panah disamping Administrative Templates.7 Administrative Template - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  5. Tap lagi panah di samping folder System.8 Panah System - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  6. Gulir ke bawah dan temukan folder Logon, klik untuk membukanya.9 Ketuk Folder Logon - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  7. Cari menu program di sisi kanan bernama Do not display the Getting Started welcome screen at logon. Lalu double klik untuk membukanya.10 Do Not Display - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  8. Ubah mode menjadi Enable.11 Enable Dan Apply - Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 11
  9. Terakhir klik Apply kemudian OK.
  10. Dan restart perangkat kalian.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menonaktifkan login otomatis di Windows 11, silahkan kamu ikuti langkah-langkah tersebut untuk menghilangkan akses login ketika setelah booting Windows.

Namun, ketahui juga konsekuensi bila mematikan sistem keamanan ini, perangkat menjadi kurang safety dan tidak bisa melindungi akses orang tidak dikenal. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang