Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10

Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10 7
Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10

Sebagai user PC yang baik dan benar, tugas kita selain mengoperasikan perintah di dalam device tersebut, juga harus memahami maintenance serta tools dalam fungsi operasional tertentu.

Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang pernah mendengar istilah Hardware Acceleration. Atau ada yang tidak tahu sama sekali Hardware Acceleration bahkan belum pernah melihat seperti apa wujud programnya.


Wajar saja, tools ini memang bukan termasuk yang menonjol dalam bentuk fisik, dan fungsinya lebih ke arah membackup sistem PC dan laptop di saat kondisi tertentu. Jadi tidak seperti icon start yang muncul di bagian pojok kiri bawah, dimana bentuk tools seperti itu lebih mudah dikenali oleh banyak user, namun Hardware Acceleration letak operasionalnya berada di belakang sistem.

Nah, bagi yang belum tahu tentang Hardware Acceleration, pada kesempatan kali ini kita akan sajikan ulasan seputar sistem tersebut dan sekaligus memberikan cara menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10.

Pengertian Hardware Accelerations

Diatas kita sudah berikan sedikit gambaran tentang fungsi Hardware Acceleration. Dimana telah dijelaskan tools ini akan berfungsi membackup PC disaat kondisi tertentu, dan kondisi yang dimaksud adalah ketika PC diperintahkan untuk menjalankan software lebih berat maka beberapa hardware yang bersangkutan segera mendorong agar jalannya lebih efisien.

Simpelnya Hardware Accelerations ini mengacu pada hardware atau perangkat keras didalam PC untuk menjalankan beberapa tugas yang sifatnya berat.

Misalnya ketika kamu membuka sebuah program atau software dalam PC, maka CPU akan memberikan kemampuan standar dari PC.

Tetapi jika batas tugas yang dijalankan berat, disinilah Hardware Accelerations akan aktif untuk memaksimalkan jalannya program.

Idenya adalah untuk mempercepat kebutuhan rendering dan peningkatan kinerja grafis agar lebih efisien dengan memindahkan dari CPU ke GPU. Aktivitas tersebut bisa kamu munculkan ketika bermain game HD dan mengedit video.

Untuk bagian yang termasuk kedalam Hardware Accelerations itu mencakup komponen seperti sound dan video card. Tetapi untuk komputer jaman sekarang, rata-rata sudah dibekali dengan GPU khusus.

Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10

Fitur Hardware Acceleration semuanya sudah secara otomatis aktif sebagai settingan default tiap Sistem Operasi didalam PC, namun sangat memungkinkan juga bagi pengguna yang menonaktifkan tools tersebut untuk membiarkan proses perenderan dilakukan oleh perangkat lunak CPU tidak melalui GPU lagi.

Metode cara menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10 itu dilakukan karena ada alasan tertentu, seperti PC kamu memaksa kondisi untuk mematikan Hardware Acceleration sementara, ada beberapa perangkat keras yang bermasalah dan tidak dapat berfungsi semestinya serta masih banyak lain-lain.

Namun disisi lain kamu harus siap terima konsekuensinya. Coba bayangkan, Hardware Acceleration sudah disetting sebagai pengaturan default tiap Sistem Operasi Windows, artinya sistem sangat butuh program tersebut dan berpotensi serta kemungkinan besar user akan menjalankan perintah yang berat.

Jika Hardware Acceleration Windows dimatikan, siap-siap kinerja PC akan terasa lemot dan kurang optimal. Contoh simpelnya saja kita buka Google Chrome perlu bantuan Hardware Accelerations.

Berikut cara menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10 yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah.

Metode 1

  1. Hidupkan PC kamu.
  2. Setelah kondisi PC nyala sempurna, klik kanan pada area kosong di tampilan dekstop.
  3. Arahkan kursor dan tekan bagian menu Display Settings.Klik Kanan Layar Dekstop, Lalu Pencet Display Settings
  4. Jika sudah terbuka jendela Display Settings, scroll kebawah lalu ketuk tombol Advanced Display Settings.Ketuk Dan Cari Advance Display Settings
  5. Lalu cari Display adapter properties for Display 1, dan tekan untuk membuka selanjutnya.Ketuk Display Adapter Properties
  6. Disini akan memunculkan kembali jendela properties Display PC kamu.
  7. Silahkan buka menu tab berjudul Troubleshoot.
  8. Ketuk tombol Change Settings.Masuk Menu Trobleshot Lalu Ketuk Change Settings
  9. Selanjutnya ketuk bagian tombol Display Adapter Troubleshooter.
  10. Cari menu Hardware Acceleration kemudian tekan matikan.
  11. Terakhir Apply.

Catatan, kita tidak bisa pukul rata program Hardware Acceleration ini sudah tersedia hampir di setiap PC. Jika cara diatas berhenti sampai poin ke 7, dimana jendela properties Display tidak tersedia menu Troubleshoot, kemungkinan Hardware Acceleration tidak didukung di PC kamu.

Metode 2

  1. Luncurkan perintah Registry Editor lewat Tombol Win + R.
  2. Masukkan perintah regedit, kemudian tekan OK.Ketuk Windows R Lalu Masukkan Perintah Regedit
  3. Silahkan pergi ke alamat HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft.Masuk Ke Alamat Folder Sesuai Keterangan
  4. Scroll dan temukan folder graphics card PC kamu, biasanya ditandai dengan nama folder Avalon.Graphics.Masuk Folder Avalon.Graphic
  5. Coba cek apakah di dalam folder tersebut sudah tersedia “DisableHWAcceleration” atau tidak, jika belum kamu bisa membuatnya dengan cara klik kanan ➤ New ➤ Dword.Klik Kanan New Kemudian Pilih DWord
  6. Rename menjadi “DisableHWAcceleration“.Ubah Nama Sesuai Keterangan
  7. Bila sudah double klik program baru tersebut, dan ubah value data dari 0 menjadi 1.Double Klik Dan Ubah Value Menjadi 1
  8. Terakhir tekan OK.

Kedua pengaturan diatas akan berpengaruh jika memang perangkat PC kamu sudah mendukung Hardware Acceleration, jika tidak maka tidak ada perubahan yang signifikan.

Akhir Kata

Bagaimana cara menonaktifkan Hardware Acceleration Windows 10 sangat mudah bukan? sekarang tinggal terapkan sesuai kebutuhan di dalam PC kamu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.