Cara Menjual NFT Di Opensea Secara Lengkap

Cara Menjual NFT Di Opensea
Cara Menjual NFT Di Opensea

Belakangan NFT sedang naik daun, ditambah dengan ramainya berita viral oleh selfie wajah seorang pengguna media sosial yang terjual di NFT senilai puluhan juta rupiah. Nama akun Opensea dari orang tersebut nama Ghozali Everyday.

Terus apa itu NFT? Dan bagaimana cara menjual NFT di Opensea? Sistem bisnis yang berlaku pada perekonomian dunia kini seakan berubah menyesuaikan perkembangan teknologi serta inovasi era modern.

Banyak orang perlahan mulai beralih ke saham entah hanya sekedar sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan menjadi pekerjaan utama.

Fakta tentangan dunia investasi saham digital ini sudah banyak terbukti di masyarakat. Salah satu influencer sekaligus pegiat investasi saham di dunia digital adalah Doni Salmanan. Dia salah satu trader saham yang sukses di Indonesia yang dapat menghasilkan milyaran setiap bulan.

Begitulah hukumnya, jika satu bidang sukses akan muncul beberapa cabang bidang lain entah itu pesaing atau cabang ilmu dari sumber acuan.

Termasuk hadirnya NFT, dimana lahan bisnis ini termasuk bagian dari pengembangan model investasi baru dalam bentuk seni digital.

Untuk lebih lengkapnya kita akan membahas sedikit mengenai NFT serta memberikan langkah-langkah untuk menjual NFT di platform Opensea.io

Pengertian NFT

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara menjual NFT di Opensea, sebaiknya kita perlu mengulas apa pengertian dari NFT atau Non-Fungible Token itu sendiri. 

Jadi secara sederhana, NFT adalah aset digital yang sama fungsinya seperti hasil karya berupa lukisan, foto, seni musik, game, hingga video.

Untuk sekedar memberikan gambaran, bahkan sistem NFT itu sama seperti orang/kolektor yang ingin membeli sebuah karya namun platform perantaranya dalam bentuk digital.

Produk digital sangat beragam, seperti yang kita sebutkan diatas seperti lukisan, foto, seni musik, game, karya grafis dan video.

Namun yang membedakan adalah kita hanya membeli file bukan membeli item berupa bentuk fisik. Setelah kalian beli nanti lisensi NFT tersebut akan menyatakan bahwa karya digital ini sudah milik kamu dan hanya satu di dunia. Dijelaskan bahwa lisensi tersebut dinyatakan dalam bentuk kode.

Sehingga dunia sah menulis bahwa karya digital dalam bentuk grafis animasi bergambar kucing ini dimiliki oleh seseorang bernama A, dan seseorang tersebut sekaligus pemilik aset satu-satunya secara legal serta sah.

Karena pemilik memiliki lisensi, artinya dia juga berhak untuk menjualnya kembali. Dan inilah yang dinyatakan sebagai bentuk investasi baru.


Perbedaan NFT Dengan Cryptocurrency

Banyak yang mengira bahwa NFT sama dengan Cryptocurrency, namun sebenarnya pandangan tersebut salah.

Keduanya tidak bisa kita nyatakan sama sebab pada NFT terletak kata fungible, yang artinya dapat ditukar dengan objek yang mempunyai nilai serupa.

Untuk memberikan gambaran mudah, dalam kripto/cryptocurrency, tidak memiliki keunikan. Misalnya kita membeli Bitcoin dan 2 tahun kedepan kita akan menukar bitcoin tersebut. Nilai bitcoin akan sama jika semua orang menukarnya di 2 tahun tersebut.

Sedangkan sifat NFT lebih unik, misalnya dalam satu tempat ada dua orang yang memvideo aktor Dwayne Johnson, keduanya menjual hasil video tersebut sebagai NFT.

Orang satu dengan orang kedua bisa saja memiliki nilai jual yang berbeda. Aspek penilaian ini berdasarkan siapa yang membuat/merekam, bagaimana kualitasnya, dan sudut pandang penangkapan gambar.

Jadi ada tingkat relatif di dalam NFT itu. Lalu yang bikin spesifik lainnya adalah NFT mempunyai blockchain sebagai data verifikasi, kepemilikan memfasilitasi transaksi atau perdagangan NFT. Seakan tiap produk NFT memiliki kode unik yang khusus sebagai bentuk pembelian lisensi.

Baca Juga:

Ingin menjadi trader saham? Kamu bisa mempercayakan kegiatan jual beli saham di broker IPOT. Untuk memulainya, silahkan ikuti langkah-langkah pendaftaran IPOT yang tepat.


Cara Menjual NFT Di Opensea

Salah satu platform yang menyediakan layanan transaksi NFT adalah Opensea. Disana kalian bisa melakukan aktivitas pembelian dan juga penjualan karya NFT.

Untuk menjawab rasa penasaran banyak orang, berikut adalah cara menjual NFT di Opensea.

  1. Pastikan kalian sudah memiliki akun MetaMask atau Wallet yang dapat menjadi dompet digital untuk transaksi uang ETH.
  2. Setelah itu buka website OpenSean.io.  
  3. Pencet tombol Create.Ketuk Tombol Create
  4. Disini kalian akan disediakan pilihan dompet digital, pilih salah satu yang kalian miliki.Pilih Salah Satu WalletSilahkan Login Ke Wallet
  5. Nanti akan keluar jendela Create New Item.
  6. Tap kotak Image untuk memasukkan foto, video, audio atau 3D animasi hasil karya yang ingin dijual.Ketuk Tombol Image
  7. Scroll kebawah dan masukkan informasi NFT seperti Nama, Deskripsi, pilih Collection jika ada.Silahkan Isi Nama NFTSilahkan Isi Deskripsi
  8. Untuk Collection biarkan saja.Biarkan Saja Collection
  9. Pada bagian Blockchain, ubah pilihan Ethereum/ETH menjadi Polygon.Ubah Menjadi Polygon
  10. Setelah itu scroll kebawah dan klik Create.
  11. Lalu langkah selanjutnya tap tombol Sell.Ketuk Tombol Sell
  12. Masukkan harga dalam nominal ETH, lihat kurs ETH di Google sebagai acuan.Atur Harga NFT
  13. Atur Durasi penjualan.Atur Jadwal Waktu Jual
  14. Pencet Complete Listing.Tap Tombol Complete Listing
  15. Langkah terakhir Sign in NFT tersebut dengan akun wallet yang kamu pilih tadi, misalnya MetaMask.Ketuk Tombol Sign
  16. Tunggu NFT-mu dibeli orang.
  17. Selamat mencoba, semoga NFT kamu laku keras seperti Ghozali Everyday.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara menjual NFT di Opensea, silahkan kalian ikuti tutorial di atas untuk mengembangkan ide kreativitasmu dan sekaligus berpeluang untuk mendapatkan cuan banyak. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.