Excel Office

Cara Mengurutkan Tanggal Di Excel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebuah dokumen atau data yang bagus merupakan konten yang isinya dikemas dalam bentuk rapi dan runtut.

Dengan kita menyusun data yang rapi dan runtut, seseorang akan lebih mudah membaca pesan yang disampaikan. Begitupun sebaliknya, jika data yang disampaikan cenderung berantakan atau tidak beraturan, yang ada si pembaca akan sulit menelaah pesan isi dokumen tersebut.

Aplikasi yang sering jadi langganan dalam mengolah data secara runtut adalah Microsoft Office Excel. Biasanya Excel sangat memiliki peran besar disini, karena proses pengurutan tabel baik berdasarkan nama, angka, bulan, tahun hingga tanggal, sangat berkaitan dengan sistem pengurutan statistika.

Kemarin kita sudah membahas cara mengurutkan nama berdasarkan alfabet, dan selanjutnya kita gak akan jauh-jauh dari pembahasan tersebut karena masih seputar Office Excel juga yakni cara mengurutkan tanggal di Excel.

Sekilas metode yang dilakukan hampir sama, dan Excel pun telah menyediakan fitur yang bisa kamu gunakan dalam mengurutkan data seperti nama, bulan, sampai tanggal. Untuk melakukannya sangat mudah, yang terpenting kamu sudah menyiapkan data dalam bentuk tabel, nanti tinggal blok data tersebut, kemudian urutkan berdasarkan tanggal.

Cara Mengurutkan Tanggal Di Excel

Mengurutkan tanggal di Excel ini biasanya didasari oleh beberapa kebutuhan, yang pertama bisa didasari untuk menentukkan riwayat urutan teratas.

Misalnya ada sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan, mereka akan membuat data tersebut dalam tabel. Namun, saat proses menginput data, hasilnya justru tidak rapi dan berantakan.

Jika diketik ulang yang ada akan buang-buang waktu saja, dam jika di hapus satu per satu pun ujung-ujungnya akan lama.

Kemudian kasus yang kedua yaitu, sebuah toko ingin menginput data hasil kaos yang berhasil terjual bulan ini. Namun, mereka mengurutkan data berdasarkan jenis kaosnya, artinya ada tanggal acak yang masuk kedalam data tersebut, sedangkan toko ini ingin tahu berapa pemasukan tiap harinya.

Alhasil mereka akan menggunakan cara mengurutkan tanggal berdasarkan urutan kecil. Cara mengurutkan tanggal di Excel ini kurang lebih ada 2 metode yang bisa kamu lakukan, ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya? Silahkan simak penjelasan dibawah ini :

1. Cara Mengurutkan Tanggal Di Excel Secara Cepat

Namanya juga mengurutkan, kegiatan ini bisa dibilang membuat data yang semula berantakan menjadi runtut berdasarkan awalan yang dipilih.

Jika kita menggunakan acuan tanggal, secara otomatis angka yang paling kecil, bulan dan tahun yang paling awal akan jadi urutan yang pertama. Untuk melakukannya silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Buka Office Excel.
  2. Siapkan data yang ingin kamu urutkan.Siapkan Data Yang Ingin Diurutkan
  3. Setelah itu blok data tersebut, pastikan data tanggal yang kamu masukkan sudah berada di Number Format : Date. Jika belum silahkan atur di menu Home -> More Number Format. Setelah muncul jendela pengaturan, silahkan tekan masuk ke menu Date ubah menjadi English Singapore.Set Number Format Menjadi Date Ubah Local Menjadi Singapore dan Pilih Typenya
  4. Jika sudah blok data tersebut, lalu tekan tombol Short & Filter ➜ Sort Oldest to Newest di menu Home.Blok Data dan Tekan Tombol Sort & Filter
  5. Secara otomatis tanggal akan urut dari mulai bulan Januari sampai berikutnya.Siapkan Data Tabel Yang Akan Diurutkan
Mau bikin stuktur organisasi menggunakan Excel ? Ikuti cara membuat struktur organisasi di Excel dengan mudah dan cepat.

2. Cara Mengurutkan Tanggal Di Excel Lewat Fitur Filter

Selanjutnya kamu bisa menggunakan fitur Filter yang ada di menu Date untuk mengurutkan tanggal di Excel.

Fitur ini sangat berguna jika data tersebut dalam format tabel, nantinya kamu hanya perlu menekan tombol pada judul dan ganti mode urutan di kotak jendela kecil sesuai kebutuhan.

  1. Buka Office Excel.
  2. Siapkan data dalam bentuk tabel.
  3. Kemudian klik sel yang tertulis tanggal.Klik Sel Judul Yang Ada Tanggalnya
  4. Lalu masuk ke menu Date, dan silahkan tekan tombol Filter.Tekan Tombol Filter Di Menu Data
  5. Secara otomatis tiap judul tabel akan memiliki panah seperti dibawah ini.Akan Muncul Panah Seperti Gambar Ini
  6. Tekan panah tersebut pada judul Tanggal, lalu tekan Sort Oldest to Newest.Klik Panah Yang Ada Di Judul Tabel, Urutkan Sesuai Pilihan
  7. Secara otomatis tanggal akan urut dari lama ke baru.
  8. Selamat mencoba.
Bikin diagram di Excel masih bingung ? Inilah tutorial mudah cara membuat diagram di Microsoft Excel.

Akhir Kata

Terkadang cara mengurutkan tanggal di Excel suka mengalami kegagalan. Point kegagalan tersebut biasanya ada di tanggalnya, sistem Excel tidak dapat mendeteksi tanggal secara otomatis ke dalam format number Date.

Maka dari itu kamu harus hati-hati ketika menginput tanggal, kalau bisa masukkan format dd-mmm-yyyy (13-Oct-2020 dalam inggris), jika sudah tinggal urutkan seperti metode yang kita buat diatas. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar