Excel Office

Cara Mengurutkan Abjad Di Excel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi sebagian orang yang sudah umum bergelut di dunia pengolahan dokumen, pasti mereka gak akan jauh-jauh dengan aplikasi yang bernama Microsoft Office.

Disini pengguna bisa banyak memanfaatkan fasilitas pembuatan dokumen, seperti penyimpanan database, pengolah angka, presentasi sampai mengolah grafik.

Setiap aplikasi memiliki fungsinya masing-masing, seperti Wordmenjalankan tugasnya sebagai software pengolah data. Sedangkan PowerPoint digunakan sebagai media persiapan presentasi dan Excel dipakai untuk menghitung angka termasuk hitungan statistika.

Dalam Excel ini, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan workspace dalam bentuk sel, jika pengguna dapat menempatkan data dengan runtut, mereka bisa membentuk semacam pola tabel khusus.

Karena menggambar tabel di dalam Excel ini tidak serumit software lainnya, kamu cukup blok beberapa kolom dan baris yang akan dibuatkan tabel, kemudian pilih salah satu style tabel pada fitur Borders, setelah itu garis tepi secara otomatis akan membuat seperti kerangka.

Namun, dalam menyusun tabel di Excel, terkadang ada beberapa data yang masih berantakan dan tidak sesuai dengan tempatnya, salah satunya seperti memasukkan keterangan nama secara acak.

Padahal jika menggunakan metode pengurutan data berdasarkan abjad akan lebih mudah untuk mencari atau menyeleksi data tersebut.

Lalu bagaimana cara mengurutkan abjad di Excel yang sudah terlanjur di input?

Cara Mengurutkan Abjad Di Excel

Mengurutkan abjad A-Z biasa disebut dengan istilah Ascending, dan sebaliknya jika mengurutkan data Z-A disebut dengan Descending.

Dan cara mengurutkan abjad di Excel ini terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur di menu Data. Selanjutnya ikuti langkah dibawah ini :

  1. Pertama-tama, silahkan buka Microsoft Excel.
  2. Siapkan data dalam bentuk tabel yang ingin dijadikan bahan.Siapkan Data Dalam Bentuk Tabel
  3. Selanjutnya blok tabel tersebut, kecuali nomor.Blok Tabel Kecuali Kolom Nomor
  4. Masuk ke menu Data kemudian tekan tombol Ascending (A-Z) seperti yang kita tandai di bawah ini.Masuk Menu Tab Data dan Pilih Descending Untuk Mengurutkan
  5. Untuk menekan tombol Descending (Z-A) silahkan tekan tombol dibawah ini.Masuk Ke Menu Data dan Tekan Descending Untuk Mengurutkan Terbalik
  6. Silahkan dicoba dulu ya.
Ingin membuat diagram lingkaran, batang, atau yang lain? Coba ikuti cara membuat diagram di Excel.

Untuk mengatur lebih kompleks, misalnya mengurutkan data selain nama seperti jumlah, barang atau nomor urut yang masih dalam satu tabel, bisa tekan tombol bernama Sort.

  1. Buka Office Excel.
  2. Siapkan tabel data yang memiliki keterangan beragam.
  3. Blok tabel tersebut.
  4. Masuk ke menu Data ➜ Sort.Untuk Mengatur Urutan Lebih Kompleks Bisa Tekan Sort
  5. Disini kamu bisa memilih bagian mana yang ingin kamu urutkan berdasarkan abjad, buka kotak Column dibawah ini yang kita tandai untuk memilih data yang ingin diurutkan.Sesuaikan Urutan Data Di Kotak Column
  6. Sesuaikan urutan abjad pada kotak Order.Pilih Urutan Abjad Di Kotak Order
  7. Terakhir tekan OK.
Mengetik angka 0 tidak bisa tampil di Excel? Coba ikuti panduan cara menampilkan angka 0 di Excel.

Akhir Kata

Begitulah ulasan kita tentang cara mengurutkan abjad di Excel, kamu bisa menggunakan metode yang simpel yakni cukup menekan tombol Ascending dan Descending di menu Data.

Atau jika ingin pengaturan lebih advance bisa masuk ke fitur Sort. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar