Cara Mengunci Whatsapp Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci Whatsapp Tanpa Aplikasi 1
Cara Mengunci Whatsapp Tanpa Aplikasi

Keamanan privasi adalah salah satu alasan kenapa mereka diluar sana memasang device miliknya dengan fitur pengunci. Jenis fitur pengunci ini sangat beragam, ada yang berupa PIN, kata sandi, Pola, face lock dan sidik jari.

Biasanya satu lapis keamanan tidak cukup, meski sudah memasang standar pengunci untuk lockscreen, ada beberapa pengguna yang memberikan pengamanan di setiap aplikasi di dalam HPnya. Terlebih untuk aplikasi yang sifatnya sensitif seperti M-Banking, Akun Gmail, Galeri dan aplikasi messenger seperti Whatsapp.

Tentu kamu gak mau dong kalau isi chat di dalam aplikasi WhatsApp dibaca orang lain, nah untuk mengantisipasi hal tersebut mungkin ketika HP dipinjam seseorang atau teman dekat kamu, paling tidak mereka gak bisa membuka akses aplikasi tertentu karena kita sudah memasang fitur pengunci.

Banyak aplikasi atau penyedia layanan di Playstore seputar pengunci aplikasi HP, namun akan lebih praktis dan simpel kalau kita gunakan fitur bawaan di dalam HP alias tanpa perlu aplikasi eksternal lagi.

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu cara mengunci Whatsapp tanpa aplikasi, silahkan simak ulasan berikut untuk melihat informasi lebih dalam.

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Beberapa model HP jaman sekarang rata-rata sudah dibekali dengan fitur privasi dan enkripsi aplikasi. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna dapat memberikan keamanan pada mode lock screen dan juga ketika membuka aplikasi.

Namun, sebelum kita mengaktifkan fitur keamanan ini, biasanya sistem akan memprogram dengan cara mengumpulkan data informasi dari si pemilik lewat kuesioner seputar kehidupan pribadi.

Hal ini ditunjukkan jika suatu ketika kunci dibobol atau pengguna lupa kata sandi, paling tidak ada solusi untuk membukanya lewat jawaban kuesioner yang sudah disimpan sebelumnya, misal seperti nama Ayah, pekerjaan Ayah, SD dimana dan sebagainya.

Langsung saja kita mulai cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi di beberapa model merk HP.

1. Cara Mengunci Di HP Samsung

Bisa dibilang Samsung memiliki fitur yang cukup unik dibanding dengan program sistem HP lainnya dalam soal pengamanan aplikasi.

Nah, model penguncinya ini bentuknya seperti folder, dan folder tersebut dapat menampung beberapa aplikasi yang dapat dikunci dengan pin dan juga sidik jari.

Untuk mengaktifkannya ikuti cara dibawah :

  1. Buka pengaturan HP.
  2. Kemudian masuk ke menu Biometrik dan Keamanan.Masuk Pengaturan Samsung Lalu Pilih Biometrik dan Keamanan
  3. Setelah itu scroll kebawah lalu klik kotak Folder Aman.Selanjutnya Masuk Ke Folder Aman
  4. Bagi yang pertama kali mengaktifkannya, tampilan awal akan menunjukkan pesan konfirmasi dan persetujuan, tekan saja Agree atau Setuju.
  5. Lalu kamu disuruh untuk masuk ke akun Samsung, jika belum punya silahkan daftar dulu.
  6. Setelah berhasil login, pilih salah satu model pengunci untuk folder aman, bisa pola, pin dan password.
  7. Aktifkan juga finger print untuk lebih aman.
  8. Bila sudah silahkan masukkan aplikasi yang ingin kamu taruh ke dalam Folder Aman lewat tombol Tambahkan Aplikasi, termasuk WhatsApp.

Jadi nanti aplikasi WhatsApp akan hilang dari menu Home, kamu hanya bisa membukanya lewat Folder Aman.

2. Cara Mengunci Di HP Vivo

Berbeda dengan Samsung, sistem di dalam HP Vivo ini sudah dibekali khusus fitur pengunci di dalam pengaturan HPnya. Sehingga cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi jauh lebih mudah dan praktis.

  1. Buka menu Pengaturan.Tekan Tombol Pengaturan HP Vivo
  2. Ketik bagian Keamanan dan Privasi.Ketuk Menu Keamanan Dan Privasi
  3. Lalu klik Privasi dan Enkripsi Aplikasi.Selanjutnya Pilih Privasi dan Enkripsi Aplikasi
  4. Silahkan atur terlebih dahulu kata sandi sesuai dengan selera.Silahkan Masukkan Kata Sandi
  5. Nanti kamu akan diarahkan ke menu kuesioner, silahkan isi sesuai dengan data diri kamu. Dan klik Selanjutnya.Isi Kuesioner Sesuai Jawaban Kamu
  6. Terakhir tinggal kamu centang beberapa aplikasi yang ingin dikunci termasuk WhatsApp.
  7. Selamat mencoba
Mau kirim pesan WhatsApp ke nomor baru tanpa harus save nomornya ? Tutorial cara chat WhatsApp tanpa save nomor dengan berbagai metode.

3. Cara Mengunci Di HP Xiaomi

Selanjutnya bagi pengguna HP Xiaomi, kalian dapat menggunakan fasilitas pengunci aplikasi yang sudah disediakan oleh sistem program aslinya. Sehingga pengguna tidak perlu lagi yang namanya download aplikasi khusus untuk mengunci aplikasi seperti WhatsApp.

  1. Buka pengaturan HP.
  2. Scroll ke bawah dan ketuk bagian Kunci Aplikasi.Buka Pengaturan Lalu Tekan Kunci Aplikasi
  3. Untuk memulai pencet tombol Hidupkan.Tekan Tombol Hidupkan
  4. Selanjutnya pengguna disuruh untuk membuat pola sandi minimal 4 titik untuk pengunci aplikasi. Konfirmasi pola sekali lagi untuk konfirmasi.
  5. Disini pengguna bisa menambahkan akun Mi atau tidak, saran admin silahkan tambahkan akun untuk memudahkan jika terjadi lupa sandi.Tambahkan Akun Mi Dengan Menekan Tombol Tambah
  6. Terakhir tinggal pilih aplikasi yang ingin kamu kunci, termasuk WhatsApp.Centang Whatsapp Untuk Menambahkan Kunci

4. Cara Mengunci Di HP Oppo

Terkahir cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi di HP Oppo dapat dilakukan dengan settingan dari bawaan HPnya itu sendiri. Kurang lebih metode pengaktifannya hampir sama dengan Vivo, langsung saja ikuti cara dibawah ini untuk memulai :

  1. Tekan atau buka menu Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Keamanan.Masuk Ke Pengaturan Oppo Lalu Pilih Keamanan
  3. Selanjutnya ketuk bagian Enkripsi Aplikasi.
  4. Silahkan atur kode sandi yang ingin digunakan, jika sudah masuk ke langkah selanjutnya.
  5. Pilih aplikasi yang ingin kamu berikan kunci.
  6. Ketuk Aktifkan Verifikasi Kode Sandi.Pilih Salah Satu Aplikasi Lalu Aktifkan Verifikasi
  7. Selamat mencoba.
Nomor akun WhatsApp kamu sudah hangus ? Tutorial cara login WhatsApp di nomor yang sudah tidak aktif.

5. Cara Mengunci Lewat Fitur WhatsApp

Sudah banyak aplikasi messenger yang menawarkan fitur pengunci, hal ini untuk memberikan fasilitas atau pelayanan ekstra kepada para pengguna dalam melindungi privasi mereka. Nah, ternyata aplikasi WhatsApp juga sudah menyediakan fitur pengunci juga loh, tetapi mereka hanya memberikan layanan berupa pengunci sidik jari.

Bagi HP yang sudah ada sensor sidik jari, mereka dapat dengan mudah mengaktifkannya sebab sudah memiliki akses utama. Silahkan ikuti cara dibawah ini untuk memulai tutorial.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk icon menu tambahan yang bentuknya seperti titik tiga.Ketuk Opsi Tambahan
  3. Lalu pencet Setelan.Selanjutnya Tekan Tombol Setelan
  4. Silahkan masuk ke menu Akun.Masuk Ke Setelan Whatsapp Dan Tekan Akun
  5. Pilih tombol Privasi, dan pencet bagian Kunci sidik jari di bagian paling bawah.Aktifkan Kunci Dengan Menekan Kunci Sidik Jari
  6. Ubah posisi menjadi ON, lalu kamu bisa konfirmasi sidik jari kamu diatas sensor.Aktifkan Sidik Jari
  7. Selesai.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi kini sudah bisa kamu lakukan, diatas kita telah sediakan beberapa pengaturan untuk segala jenis HP.

Sekarang tinggal kamu aplikasikan sesuai dengan jenis dan fitur di HP kamu. Jika pengaturan asli tidak tersedia, tidak ada salahnya juga kalau kamu download dan install pengunci aplikasi untuk HP Android.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *