Komputer dan Laptop

Cara Mengubah Resolusi Gambar DPI

Pinterest LinkedIn Tumblr

Istilah DPI mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sering bergelut didunia grafis. Terus sebenarnya apa itu DPI? Format ini memiliki kepanjangan dari “dots- per-inch“, dan format ini sangat lazim digunakan di suatu percetakaan untuk mengatur resolusi gambar.

Seberapa penting DPI mempengaruhi hasil cetakan gambar kamu? Didalam sebuah printer didalamnya terdapat jutaan titik tinta kecil, dan settingan DPI ini dapat mempengaruhi titik yang disemprotkan oleh tinta untuk setiap inci persegi gambar.

Semakin besar ukuran DPI di dalam sebuah gambar tentu akan semakin bagus juga kualitas hasil cetakannya. Ada beberapa perbedaan antara DPI yang memiliki format lebih besar dibanding dengan format DPI yang rendah.

Gambar DPI yang tinggi akan memunculkan karakter gradient yang lebih halus, bagian tepinya juga terlihat jelas. Sedangkan sebaliknya, jika DPI pada gambar tersebut kecil maka hasilnya akan kurang maksimal, seperti cetakan terlihat pecah, tepian kurang begitu jelas.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk selalu menyimpan hasil file mentah dalam bentuk resolusi yang tinggi. Karena ketika kamu membutuhkan kualitas gambar yang besar dengan file beresolusi kecil, maka akan sulit untuk memaksimalkan hasil cetak.

[toc]

Umumnya format ukuran DPI yang biasa digunakan yakni 300 dpi, hasil cetak untuk 300 dpi sudah dinilai bagus untuk sebuah foto, pamflet dan majalah. Tetapi jika bisa lebih tinggi maka akan lebih baik juga hasilnya.

1. Melihat Ukuran DPI Suatu Foto

Cara Melihat DPI File FotoPasti diluar sana banyak yang bertanya, bagaimana caranya kita bisa melihat ukuran suatu DPI dalam gambar? Sebenarnya sangat simple, kamu cukup memilih gambarnya kemudian klik KananPropertiesDetails dan disana kamu bisa lihat DPI pada bagian Horizontal Resolution serta Vertical Resolution.

Mau bikin foto mozaik ? Ikuti tutoril cara membuat foto mozaik dengan Photoshop.

2. Cara Mengubah Resolusi Gambar DPI

Setelah kamu mengetahui ukuran DPI di gambarnya, berikut kami sajikan cara untuk mengubah resolusi gambar DPI. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan hasil gambar yang maksimal, atau sesuai target permintaan.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan aplikasi bernama Photoshop.

  1. Silahkan buka Photoshop.
  2. Tekan menu File ➤ Open.Klik File lalu pilih Open
  3. Pilih salah satu gambarnya, kemudian tekan Open.
  4. Selanjutnya buka menu Image ➤ Image Size.Klik Image lalu pilih Image Size
  5. Hapus tanda centang di bagian Resample.Klik Check Resample
  6. Ubah format menjadi Pixel/Inch.Ubah Format ke Pixel atau Inch
  7. Silahkan ganti angka di bagian Resolution sesuai keinginan kamu.Ubah Resolusi
  8. Save dengan cara membuka menu File ➤ Save As ➤ simpan dalam folder.Klik File lalu pilih Save As
  9. Selesai.
Mau cetak foto dengan berbagai ukuran ? Ikuti cara cetak foto dengan berbagai macam ukuran menggunakan Photoshop.

3. Cara Mengubah Resolusi Gambar DPI Online

Jika kamu tidak memiliki Photoshop, cara berikutnya ini sangat efektif digunakan karena kamu bisa mengubahnya secara online.

  1. Masuk ke wesite https://convert.town/image-dpi.
  2. Pilih format ukuran DPI terlebih dahulu, disana sudah disediakan template ukuran yang umum digunakan, namun jika kamu ingin menggunakan ukuran custom bisa pilih bagian Other.Pilih DPI yang diinginkan
  3. Tekan Choose Image.Klik Choose Image
  4. Pilih gambar yang ingin digunakan.
  5. Tunggu beberapa saat, jika berhasil sistem akan memberikan perintah untuk menyimpan gambarnya.Tunggu File selesai proses
  6. Tekan Save.
  7. Selesai.
Siapa bilang bikin Twibbon itu susah ? Kamu cukup ikuti panduan cara membuat Twibbon menggunakan Photoshop dan Canva.

Akhir Kata

Jangan sampai kamu merubah ukuran DPI terlalu rendah karena bisa menurunkan kualitas hasil cetakannya. Sekarang kamu sudah bisa mengatur ukuran DPI untuk membuat hasil cetakan yang maksimal, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar