Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11

Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11

Aplikasi default (Default Apps) di Windows merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengatur aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah ekstensi file atau melakukan sebuah kegiatan seperti mendengarkan musik, menonton film, dan browsing di internet.

Windows mulai memperkenalkan fitur ini mulai dari versi Windows 8, sehingga kalian mungkin tidak asing dengan keberadaan fitur Default Apps di Windows 11.

Kami berikan fungsi dari Default Apps ini, apabila kalian ingin browsing di internet tetapi menginstall aplikasi browser komputer apapun. Windows 11 memiliki Default Apps untuk browsing dengan menggunakan Microsoft Edge.

Kemudian ketika kita ingin mendengarkan musik atau file audio lainnya. Tetapi kita belum menginstall aplikasi pemutar musik seperti Winamp atau AIMP3.

Maka Windows 11, akan membuka musik atau file audio tersebut menggunakan aplikasi bawaan mereka yang bernama Groove Music.

Jadi setiap membuka musik atau file Audio maka aplikasi tersebutlah yang akan berjalan.

Terkadang kita tidak begitu familiar dengan tampilan atau menu-menu dari aplikasi bawaan Windows 11. Dan kita ingin mengganti aplikasi Default (Default Apps) dengan aplikasi lain.

Apakah bisa ?

Tentu saja bisa, kami akan berikan langkah-langkah mengubah aplikasi Default di Windows 11 secara lengkap pada konten artikel dibawah ini.

Untuk pengguna Windows 11, yang belum mengetahuinya silahkan ikuti panduan secara urut ya. Mudah kok, dapat kamu lakukan sendiri di rumah atau kantor.

Cara Mengubah Aplikasi Default Di Windows 11

Untuk mengubah aplikasi Default di Windows 11 sering digunakan ketika kalian hendak memilih aplikasi yang akan dijalankan ketika kita membuka sebuah file.

Seperti kita ingin membuka foto, biasanya foto akan terbuka dengan aplikasi bawaan Windows, tetapi kita tidak suka dan memilih aplikasi PhotoScape sebagai media galerinya.

Berikut adalah panduan lengkap untuk mengubah Default Apps melalui menu Settings atau Context Menu di Windows Explorer.

Cara 1 : Mengubah Default Apps Melalui Settings

  1. Silahkan buka Start.
  2. Kemudian masuk ke menu Settings.
  3. Setelah itu arahkan kursor ke sub menu Apps.Ketuk Menu Apps - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  4. Silahkan pencet Default apps.Masuk Ke Bagian Default Apps - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  5. Disini kita gunakan saja tombol pencarian Set a default for file type or link type. Misalnya kita ingin foto kita diubah dengan aplikasi default lainnya, maka ketikkan format foto yaitu “.jpg“, nanti akan keluar aplikasi default yang bertugas saat kalian buka foto.Ketik Di Pencarian Set a Default - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11Ketikkan.jpg - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  6. Untuk mengubah aplikasi tersebut, klik tombol Opsi yang ada di samping.Pencet Tombol Pengaturan Default Apps - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  7. Silahkan pilih rekomendasi aplikasi default yang ingin kamu gunakan.Pilih Aplikasi Lain - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  8. Selesai.
Tutorial Lain:

Mau membuang icon shortcut di desktop Windows 11? Kami sudah buatkan panduan lengkapnya di cara menghapus icon shortcut di Windows 11 (dilengkapi gambar).


Cara 2 : Mengubah Default Apps Melalui Context Menu di Windows Explorer

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Cari file yang ingin kamu buka.
  3. Misalnya kita ingin buka video, klik kanan file video tersebut.Pilih Salah Satu Aplikasi - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  4. Pencet tombol Open With.
  5. Tap Choose another app.Ope With Dan Choose Another - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
  6. Pilih aplikasinya yang ingin kalian ganti.
  7. Dan Centang Always use the app to open files.Pilih Aplikasi Dan Centang Always - Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 11
Tutorial Lain:

Kalian juga bisa untuk mengganti Default Apps di Windows 8.1. Untuk panduan lengkapnya silahkan kunjungi cara mengganti aplikasi Default di Windows 8.1 secara lengkap.


Akhir Kata

Sangat mudah bukan cara mengubah aplikasi default di Windows 11?

Silahkan kalian pilih dan sesuaikan aplikasi di dalam komputer dan laptop dalam membuka sebuah file tertentu. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang