Cara Menghitung Umur Di Excel

Cara Menghitung Umur Di Excel 13
Cara Menghitung Umur Di Excel

Selain digunakan sebagai aplikasi pengolah data dalam bentuk angka, entah itu untuk keperluan statistika, hitungan matematika, atau pembuatan grafik, ternyata Microsoft Office Excel juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah umur seseorang.

Jika dalam keseharian kamu pernah ditanya soal “berapa umur kamu“, mungkin kamu akan menjawabnya dengan sangat mudah tanpa perlu menghitung mundur dari tahun kelahiran sampai tahun saat ini.

Karena hampir setiap orang hafal dengan usianya saat ini terhitung dari periode di setiap tahunnya yang mungkin turut dimeriahkan atau dirayakan sebagai wujud simbolis.

Tetap pertanyaan tersebut akan berbeda jawabannya ketika berlaku di suatu bagan atau lembaga tertentu yang ingin mengetahui usia setiap anggotanya.

Mereka tidak mungkin menanyakan satu persatu anggotanya, namun mereka hanya berbekal data tanggal kelahiran setiap per kepala anggota tersebut.

Nah, konklusinya adalah bagaimana jika semua data yang diperlukan hampir mencakup keseluruhan anggota. Tentu pihak pengelola harus memiliki cara yang efektif dalam menghitung usia dari mungkin ribuan anggota yang terdaftar.

Dan seperti yang kita sebutkan diatas, Excel dapat membantu pengumpulan data seperti ini untuk menghitung umur seseorang. Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam, berikut cara menghitung umur di Excel.

Cara Menghitung Umur Di Excel

Siapkan Data Dalam Bentuk Tabel

Umur seringkali dijadikan sebagai syarat ketentuan tertentu, untuk mengetahui berapa usia seseorang hanya berbekal data tanggal kelahiran saja, kamu bisa mengetahui umur tersebut dengan menghitung menggunakan formula khusus di dalam Office Excel.

Kamu bisa mengatasi masalah yang terlihat rumit ini cukup hanya dengan formula sederhana hasil hitungan sistem di Excel. Cara menghitung umur di Excel dapat menggunakan kombinasi fungsi YEARFRAC(), TODAY() dan INT().

Jadi inti dari hitungan formula ini yaitu menggunakan data tanggal lahir seseorang yang kemudian akan diselisihkan dengan fungsi TODAY() untuk melihat usia saat ini. Jumlah selisih tersebut nantinya akan dibagi dengan jumlah hari dalam setiap tahun yakni 365 hari untuk mengetahui detail usia.

1. Dengan Rumus TODAYMasukkan Rumus Today

Seperti yang sudah kita singgung diatas, rumus TODAY ini untuk mengetahui umur dalam satuan tahun dari hasil bagi selisih tanggal sekarang dengan tanggal lahir menggunakan angka 365 (hari dalam setahun).

Sintak yang digunakan dalam fungsi TODAY yaitu =(TODAY()-sel tanggal lahir)/365. Keterangan Sel Tanggal Lahir yang kita sebutnya diatas mengacu pada data tabel tanggal lahir seseorang. Jadi jika umur yang akan kamu hitung berada di sel E8, maka masukkan sel E8 menggantikan keterangan Sel Tanggal Lahir.

Sehingga rumusnya akan terbentuk seperti ini =(TODAY()-E8)/365.

Kamu bisa melihat fungsi TODAY seperti hitungan tabel dibawah ini. Hasil umurnya akan membentuk angka desimal, untuk umurnya sendiri ada di depan koma.Hasil Menghitung Umur Menggunakan Rumus Today Hasil Menghitung Umur Menggunakan Rumus Today

Mau buat simbol centang di Excel ? Ikuti tutorial cara membuat simbol centang di Excel.

2. Dengan Rumus YEARFRAC

Selain rumus fungsi diatas, kamu bisa menggunakan fungsi lain yakni YEARFRAC untuk menghasilkan bilangan atau angka desimal yang menunjukkan periode tahun dari selisih dua tanggal.

Berbeda dengan TODAY yang menggunakan hitungan pembagian jumlah hari setiap tahunnya yakni 365, disini kamu hanya perlu menggunakan sintaks rumus angka bulat 1 tahun di paling ujung hitungan.

1 disini mengartikan untuk hitungan periode tahun didasarkan jumlah aktual pada setiap bulan.

Keunggulannya adalah kamu dapat menghindari permasalahan jumlah kabisat dalam rumus TODAY yang sekarang dapat dibulatkan dalam jumlah periode tahun.Hasil Hitung Dengan Rumus YEARRAC

Sintaks rumus yang digunakan adalah =YEARFRAC(tanggal lahir,TODAY(),1), keterangan tanggal lahir mengacu pada sel yang berisi data tanggal lahir orang bersangkutan.

Sehingga sintak tersebut menghasilkan rumus nyata =YEARFRAC(E8,TODAY(),1). Jika penggunaan simbol “,” tidak berfungsi, kamu bisa mengganti dengan “;”.

Kurang lebih rumusnya akan menghasilkan seperti dibawah ini.Hasil Hitung Umur Semuanya Dengan Rumus YEARRAC

3. Menggunakan Rumus INT

Jika cara-cara diatas kamu masih bingung dengan penggunaan angka desimal, untuk membulatkannya bisa menggunakan rumus fungsi INT. Dengan ini kamu bisa melihat hasil umur seseorang bulat hanya hitungan tahunnya saja, tanpa ada angka dibelakang koma seperti diatas.Menghitung Umur Dengan Rumus INT

Sintak yang bisa kamu tuliskan yaitu =INT((TODAY()-tanggal lahir)/356), sehingga didapatkan rumus nyata =INT((TODAY()-E8)/365).

Berikut adalah hitungan akhirnya.Hasil Hitung Umur Menggunakan INT

Bingung mengurutkan data berdasarkan tanggal ? Tutorial cara megurutkan data berdasarkan tanggal di Excel.

Akhir Kata

Dalam membulatkan angka desimal tersebut sebenarnya masih bisa menggunakan fungsi ROUNDDOWN, namun sintak yang ditulis cukup panjang dan bikin rumit.

Sementara cara menghitung umur di Excel bisa kamu lakukan dengan beberapa metode diatas, silahkan pakai salah satu sintaks yang menurut kamu sangat berguna dalam pengumpulan data. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.