Word Office

Cara Menghitung Kata di Word

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam membuat tugas atau suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen, kita sering menggunakan software yang namanya Microsoft Word.

Jaman sudah berubah, jika dulu orang menggunakan mesin ketik dalam membuat suatu dokumen, sekarang jadi lebih mudah dan gampang berkat software yang satu ini.

Developer semakin kesini telah melakukan banyak upgrade khsusnya dalam segi fitur yang makin membuat proses pembuatan dan pengolahan data semakin gampang.

Seperti ketika kamu membuka aplikasi Word, laman pertama yang akan kamu lihat adalah free template, disini si pengguna dapat memanfaatkan untuk menggarap tanpa harus repot-repot mengatur format terlebih dahulu.

Tidak hanya pengolahan dokumen saja, Word juga dapat mengolah angka, membuat tabel atau grafik, sampai memasukan gambar.

Word Count di Microsoft Word
Word Count di Microsoft Word

Tak perlu khawatir soal ukuran layout kertas yang kamu garap, karena disini kamu juga dapat mengatur ukuran kertas sesuai dengan keinginan atau tuntutan syarat pengerjaan.

Kadang ada tugas yang harus diprint menggunakan kertas A4 ada juga yang pakai F4 dan selain itu banyak yang menuntut ukuran margin harus sesuai dengan aturan juga.

Tuntutan lain sering diberikan ketika kamu menggarap tulisan yang mengharuskan dalam suatu jumlah kata tertentu. Biasanya seperti minimal harus 500 kata atau ada juga yang memberikan tuntutan maksimal 1000 kata, tentu kita selalu memantau tulisan kita agar dapat mengira-ngira sudah memenuhi batas minimal atau melebihi batas maksimal yang ditentukan.

Lalu cara memantau jumlah kata dalam tulisan yang sudah dibuat bagaimana?

1. Dengan Word Count

Untuk menghitung jumlah kata dalam 1 halaman kerja di Microsoft Word, dapat menggunakan fitur Word Count. Lalu bagaimana menggunakan fitur tersebut, oke silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka project Word kamu.
  2. Pilih menu ribbon “Review”.

    Klik Tab Review
    Klik Tab Review
  3. Kemudian klik bagian “Word Count” bagian Proofing.

    Klik Menu Word Count
    Klik Menu Word Count
  4. Nanti akan muncul dialog informasi dari “Word Count” termasuk jumlah kata, halaman, karakter dan masih banyak lainnya.

    Kotak Informasi Jumlah Kata di Word
    Kotak Informasi Jumlah Kata di Word
  5. Jika kamu sudah tahu hasilnya, klik tombol “Close” untuk menutup dialog

2. Dengan Shortcut (CTRL+SHIFT+G)

Jika dirasa cara diatas cukup rumit, kamu bisa gunakan tombol shortcut untuk menampilkan dialog Word Count. Cukup tinggal tekan “CTRL+SHIFT+G” nanti akan muncul infomasi seperti dibawah ini :

Hitung Jumlah Kata Word dengan Ctrl+Shift+G
Hitung Jumlah Kata Word dengan Ctrl+Shift+G

Masih ada cara yang lebih simple lagi, coba kamu lihat dibagian bawah, disitu akan tertera jumlah kata yang sudah kamu ketik. Untuk melihat informasi lebih detail bisa klik box tersebut.

3. Dengan Status Bar

Status Bar merupakan jendela  di Microsoft Word yang terletak di pojok kiri bawah. Status Bar berfungsi untuk memberikan informasi tentang dokume yang sedangdikerjakan.

Mengetahui Jumlah Kata Word dengan Status Bar
Mengetahui Jumlah Kata Word dengan Status Bar

Salah satu informasi yang disediakan oleh Status Bar adalaah jumlah kata.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar