Excel Office

Cara Menghitung Akar Di Excel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berbicara soal hitungan matematika, tentu pembaca disini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rumus akar.

Hitungan akar merupakan kebalikan dari rumus pangkat, contohnya adalah akar 16 merupakan hasil dari hitungan 4 pangkat 2. Hal ini juga akan berlaku dengan angka penyebut seterusnya.

Berdasarkan bekal ilmu yang pernah diajarkan waktu kita duduk di bangku sekolah dulu, hitungan akar memang ada rumus penjabarannya.

Namun, dewasa ini kita sering kali lupa dengan ajaran yang sudah pernah diberikan dulu, alhasil semua orang lebih menginginkan hitungan secara cepat dan instan.

Bukan tanpa alasan juga, karena jika kita sudah menyangkut soal urusan pekerjaan, maka kita harus dituntut untuk kerja cepat dan efisien.

Dan dijaman yang serba canggih ini sudah banyak penemuan device yang dapat membantu pengerjaan dalam soal hitungan matematika jadi makin mudah.

Contohnya seperti kalkulator ilmiah, aplikasi kalkulator di handphone hingga sekelas software pengolah data seperti Excel pun sanggup memecahkan masalah hitungan matematika ini.

Keunggulan dari Microsoft Office Excel memang dapat menghitung beberapa persoalan matematika, salah satu rumus yang mereka miliki yaitu menghitung akar dari sebuah bilangan.

Untuk bisa menemukan hasilnya, kamu harus menginput terlebih dahulu rumus atau kode tertentu, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak cara menghitung akar di Excel berikut ini.

Cara Menghitung Akar Di Excel

Ada dua buah cara menghitung akar di Excel, pertama bisa menggunakan Syntax atau penulisan rumus akar kuadrat dan yang kedua bisa menggunakan simbol kombinasi.

Namun, kita akan mulai dengan Syntax atau penulisan rumus akar kuadrat.

1. Cara Menghitung Akar Kuadrat Menggunakan Rumus

Bagi yang terbiasa memasukkan rumus di Office Excel, syntax untuk menghitung akar kuadrat dapat menggunakan rumus =SQRT.

Tapi yang perlu diingat, =SQRT ini hanya berlaku untuk hitungan akar kuadrat, selain akar kuadrat seperti akar pangkat 3 atau akar pangkat 4 tentu tidak bisa.

  1. Buka Office Excel.
  2. Siapkan bilangan angka yang akan dihitung.Siapkan Data Angka Yang Akan Dihitung
  3. Kemudian ketik di sel kosong ā€œ=SQRT(sell angka)ā€ misalnya angka yang kamu ingin hitung berada di sell C6, tinggal ketuk saja C6.Masukan Kombinasi Rumus SQRT Dengan Sel
  4. Terakhir tekan tombol Enter untuk melihat hasil.Hasil Hitungan Rumus SQRT
  5. Selamat mencoba.
Mau mengurutkan data nama? Ikuti panduan tutorial cara mengurutkan data abjad di Excel.

2. Cara Menghitung Akar Menggunakan Simbol

Sayang cara diatas hanya berlaku untuk hitungan kuadrat saja, dan bagi yang ingin menghitung akar diatas 2, misalnya seperti akar 3 atau 4, silahkan gunakan kombinasi simbol seperti dibawah ini.

  1. Buka Office Excel.
  2. Siapkan angka yang akan dihitung.Siapkan Data Angka Yang Akan Di Hitung
  3. Tulis rumus =Cells^(1/n), cells yang dimaksud yaitu posisi cells dari angka yang akan kamu hitung, kemudian ā€œnā€ adalah penyebut dari akar kuadrat, misalnya kamu ingin membuat akar pangkat 3, rumusnya yaitu =B4^(1/3). Jika ingin akar 4, tinggal ā€œnā€ diganti dengan 4.Masukan Rumus Kombinasi Simbol
  4. Terakhir tekan Enter.Masukan Rumus Kombinasi Dengan Pangkat Berbeda
  5. Selesai.
Bagaimana mengubah tulisan kompiwin menjadi KOMPIWIN di Excel ? Ikuti cara mengubah huruf kecil menjadi besar di Excel.

Akhir Kata

Sekarang kamu gak perlu lagi mengoperasikan dua cabang device dalam sekali kerja untuk melakukan hitungan di dalam Excel, cukup gunakan fitur seperti diatas, cara menghitung akar di Excel sudah bisa teratasi. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar