Cara Menghilangkan Watermark Di Photoshop

Cara Menghilangkan Watermark Di Photoshop 1
Cara Menghilangkan Watermark Di Photoshop

Melihat dari sisi fungsinya, watermark memang memiliki peranan yang penting untuk menandai sebuah karya. Dengan adanya watermark ini, karya seseorang jadi lebih dihargai dan aman atas tindakan plagiat atau penggunaan tanpa izin.

Namun terkadang ada beberapa model watermark yang sampai mengganggu isi tampilan visual yang diperlihatkan. Contohnya seperti foto atau gambar dengan jumlah watermark yang hampir menutupi sebagian objek utamanya.

Secara otomatis, kondisi seperti diatas ini hanya akan mengganggu pandangan seseorang untuk menikmati hasil foto tersebut.

Jenis watermark juga beragam, ada yang menggunakan tulisan, logo, stempel, dan semacam garis-garis sampai membentuk pola tertentu.

Bagi yang merasa tampilan watermark ini mengganggu, kamu bisa kok menghilangkannya dengan beberapa sentuhan cara, salah satunya lewat aplikasi seperti editing Photoshop.

Langsung saja yang sudah penasaran dengan langkah-langkahnya, berikut kami akan sediakan panduan cara menghilangkan watermark di Photoshop.

Cara Menghilangkan Watermark Di Photoshop

Sebelum kita mulai langkah-langkah menghilangkan watermark atau tanda air menggunakan aplikasi editing Photoshop, ada baiknya jika kamu perhatikan terlebih dahulu poin-poin berikut.

Pertama, ukuran atau resolusi gambar yang ini kamu dihilangkan watermarknya diusahakan memiliki size yang besar. Karena jika memiliki kualitas gambar yang kecil, akan dapat mempengaruhi hasil gambar yang sudah diedit nantinya.

Kemudian tingkat transparansi watermark juga berpengaruh, dan watermark pun beragam banyak jenisnya, ada yang pakai logo, ada juga yang menggunakan tulisan, tetapi ada juga jenis watermark yang menyerupai garis-garis coretan. Jadi yang paling ideal untuk menghapus jenis watermark adalah, memiliki tingkat transparansi yang sedang.

Langsung saja setelah selesai menyinggung poin-poin diatas, kita akan mulai cara menghilangkan watermark di Photoshop.

Langkah 1. Buka file gambar

Klik File dan Buka Tombol Open

Buka aplikasi Photoshop, setelah itu kamu bisa tekan File โžค Open untuk membuka gambar di dalam project aplikasi editing ini. Atau langsung bisa drag file tersebut ke dalam Photoshop untuk langsung memasukan foto.

Langkah 2. Gunakan Spot Healing Brush Tool

Aktifkan Fitur Spot Healing Tools

Untuk memulai kamu bisa tekan tools bernama Spot Healing Brush. Jika tools sudah aktif, maka kamu bisa atur ukuran kuas termasuk ukuran dan model kuas yang akan dipakai.

Besar kecil kuas ini akan mempengaruhi proses Spot Healing ketika kamu mulai menghapus watermark foto. Jadi cara kerja alat Spot Healing Brush ini yaitu mengambil tone warna sekitar untuk kemudian menambal noda atau jenis warna yang kontras yakni watermark.Sesuaikan Ukuran Brush

Langkah 3. Gunakan Spot Healing pada watermark di gambar

Tap Tap Spot Healing Dari Samping

Lakukan Spot Healing dengan cara mengetap bagian watermark dimulai dari paling samping ke tengah. Tap-tap perlahan sampai tulisan watermark mulai menyatu dengan tone warna sekitar.

Karena jika kamu mulai spot healing dari titik tengah watermark, hasilnya bakal abstrak dan hancur. Untuk mempermudah editing, silahkan manfaatkan fitur Zoom dan perbesar untuk mendapatkan hasil mendetail.

Mau edit gambar di Photoshop tapi file tidak bisa dibuka ? Ikuti tutorial kami sebelumnya tentang cara mengatasi gambar tidak bisa di Photoshop.

Langkah 4. Aktifkan Lasso Tools

Aktifkan Lasso Tools

Menghilangkan watermark ini memang perlu ketelitian dan kesabaran yang ekstra untuk menghasilkan gambar yang rapi. Namun, jika dirasa terlalu lama dan kurang efektif, kamu bisa menggunakan fitur bernama Lasso Tools.

Langkah 5. Gunakan Lasso Tools pada watermark gambarLingkari Lasso Tools Pada Bagian Hyperlink

Setelah Lasso Tools aktif, silahkan gambar melingkari bagian watermark. Cara menggambarnya yaitu dengan menekan tahan cursor lalu geser mengelilingi objek watermark. Jangan terlalu jauh melingkarinya agar hasilnya lebih halus.

Langkah 6. Gunakan Fill pada menu Edit

Kemudian masuk ke menu tab Edit jika objek sudah terseleksi dengan garis titik-titik. Pada menu Edit kamu bisa pilih Fill. Atau akses cepatnya, klik kanan seleksi dan tekan kotak Fill.Buka Menu Edit Lalu Tekan Fill

Bagaimana cara hapus background foto di Photoshop ? Ikuti tutorial cara menghapus background di Photoshop.

Langkah 7. Gunakan opsi Content-Aware

Nantinya akan muncul jendela Fill seperti yang muncul dilayar kamu, sebelum menekan OK kamu harus mengatur bagian kotak Use menjadi Content-Aware. Tinggal setelah itu kamu tekan tombol OK.Ubah Use Menjadi Content-Aware

Secara otomatis bagian yang terseleksi tadi mengikuti warna disekitarnya, alhasil watermark yang tadinya terlihat kontras di dalam tampilan gambar, kini sudah bisa kamu manipulasi dengan cara diatas. Untuk menghilangkan titik-titik seleksi, tekan shortcut CTRL + D.Secara Otomatis Watermark Akan Hilang
Hasil Setelah Watermark Hilang

Namun, masih ada satu metode lagi yang bisa untuk menghapus watermark didalam gambar, cara tersebut menggunakan Clone Stamp Tools. Pengoperasian alat tersebut lebih rumit, tetapi hasilnya bisa lebih rapi.

Dengan mengandalkan tombol ALT untuk mengcopy spot area yang ada disekitar watermark, lalu tempel ke dalam watermark tersebut untuk memanipulasinya.

Sedang belajar bikin poster ? Tutorial cara membuat poster di Photoshop untuk pemula ini akan memandumu.

Akhir Kata

Teknik atau cara menghilangkan watermark di Photoshop kini sudah bisa kamu kuasai. Tinggal sekarang mulai diterapkan dengan bahan gambar atau foto yang akan kamu jadikan objek percobaan untuk menghilangkan watermark di Photoshop. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *