Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel 1
Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Spasi memiliki peran penting dalam sebuah pengolahan data, tulisan akan mudah terbaca dengan jelas jika memiliki spasi yang sesuai dengan porsi dan dan pembagian yang imbang.

Karena dengan menggunakan tanda baca spasi ini, kita bisa memberikan makna intonasi, pelafalan yang jelas, kemudian memberikan arti suatu kalimat yang sesuai. Jika pengaturan spasi sangat berantakan, alhasil si pembaca juga tidak dapat memahami penyampaian yang dituliskan

Banyak kasus sering terjadi yaitu penggunaan spasi tidak beraturan akibat salah ketik, convert data sembarangan dan main copas tanpa memperhatikan tulisannya. Jika kondisinya sudah seperti ini, langkah yang harus kita lakukan adalah memodifikasi tulisan tersebut agar mudah untuk dibaca kembali.

Tetapi kendalanya adalah, bagaimana jika tulisan yang diubah hampir menyeluruh, apa tidak capek dan buang-buang waktu kalau kita edit satu persatu?

Konklusinya yaitu, bagaimana cara menghilangkan spasi di Excel? apa metode yang harus digunakan agar dapat merapikan tulisan atau angka di dalam sel yang terlihat berantakan tersebut?

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Siapkan Data Yang Memiliki Spasi Berantakan

Kondisi spasi berantakan di dalam sebuah aplikasi pengolah data itu merupakan suatu hal yang wajar terjadi.

Seperti yang kita sebutkan di atas, hal ini bisa dipicu karena kesalahan teknis dalam menginput data, melakukan kompres pada sebuah file, dan kurang teliti dalam copy-paste.

Kebetulan fokus pembahasan kita disini yaitu tentang Microsoft Office Excel, disisi lain aplikasi ini memang sering digunakan sebagai software pembantu dalam mengolah hitungan angka matematis, statistik dan lain-lain.

Kira-kira apakah ada formula khusus di dalam Excel yang dapat menghilangkan spasi entah itu pada suatu kalimat atau angka? Jawabannya adaโ€ฆuntuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak artikel cara menghilangkan spasi di Excel dibawah ini.

1. Cara Menghilangkan Spasi Angka Menggunakan Rumus

Ada keterangan kategori angka yang jika diberlakukan spasi akan memunculkan makna lain, mungkin bisa saja hasil hitungan matematika, keterangan NIP, keterangan NIK, masih masih banyak jenis data lainnya.

Nah, dalam proses kesalahan penginputan data, terkadang angka tersebut akan memunculkan spasi yang berantakan atau tidak sesuai dengan tempatnya.

Untuk mengembalikannya sebagai fungsi normal, ada cara yang bisa digunakan yakni rumus fungsi SUBSTITUTE.Masukkan Rumus SUBSTITUTION Untuk Menghapus Spasi Angka

Maka akan didapatkan formula seperti dibawahย ini =SUBSTITUTE(seldata;yangakandiganti;pengganti). langsung saja kita berikan contoh rumus nyata =SUBSTITUTE(G6,โ€ โ€œ,โ€โ€). Bagi yang bingung berikut keterangan dari rumusnya :

G6 = merupakan posisi data di dalam sel, jika angka yang berantakan ingin kamu hilangkan spasinya berada di G6, silahkan klik sel tersebut. Namun bila berada di sel lain bisa menyesuaikan.

โ€œ โ€œ = merupakan representasi simbol dari spasi, karena sesuai dengan rumus kita akan mengganti spasi ini dengan tanpa spasi.

โ€œโ€ = merupakan representasi simbol dari tidak ada spasi, mengacu dengan rumus bagian ini merupakan bagian penggantinya.

Untuk contoh datanya bisa kalian lihat dibawah ini, setelah itu kamu dapat melakukannya sendiri dengan mengacu data masing-masing.Hasil Fungsi Rumus SUBSTITUTION

Jika penggunaan tanda koma โ€œ,โ€ tidak berfungsi di dalamย rumus, kamu bisa menggunakan kode pengganti yaitu titik dua koma โ€œ;โ€. Karena ada beberapa jenis komputer yang settingannya berbeda-beda.

Mau filter data di Excel ? Ikuti panduan cara filter data di Excel secara lengkap.

2. Cara Menghilangkan Spasi Di Dalam Kalimat Menggunakan Rumus

Berikutnya cara menghilangkan spasi di Excel dapat berlaku juga di sebuah kalimat atau paragraf. Sama seperti diatas, disini kita akan menggunakan rumus formula khusus yakni sintax =TRIM.

Penggunaan rumus ini sebenarnya lebih simpel dan sederhana, dapat berlaku untuk kalimat yang memiliki spasi tidak beraturan, seperti ekstra spasi, kemudian spasi pada awal, spasi pada bagian akhir yang dapat memicu kesalahpahaman ketika membaca tulisan tersebut.

Menggunakan rumus =TRIM ini dapat mengembalikan kalimat menjadi normal dari seperti menghapus spasi yang ekstra dan mengembalikan fungsi kalimat ke posisi normal, yakni menjadikan 1 spasi rata.

Langsung saja rumus sintak menghapus spasi dini dapat ditulis =TRIM(sel). Rumus nyata bisa ditulis dengan =TRIM(B6).

  1. Silahkan siapkan data yang memiliki banyak spasi.
  2. Klik salah satu sel, kemudian isi dengan =TRIM(sel), sel disini mengacu pada kotak sel yang ingin kamu hapus spasinya.Masukkan Rumus Trim Untuk Menghilangkan Spasi Kalimat
  3. Kemudian tekan tombol enter.
  4. Jika sudah copy kalimat hasil formula =TRIM tersebut.Klik Kanan Hasil Fungsi Rumus dan Tekan Copy
  5. Kemudian klik kanan di sel aslinya, lal pilih Values di kotak Paste Options.Klik Kanan Sel Yang Akan Di Paste dan Tekan Paste Value
  6. Hapus sel hasil hitungan tadi.Delete Sel Hasil Hitungan Rumus
  7. Selesai.
Bagaimana membuat tanda ceklist di Excel ? Tutorial cara membuat tanda centang di Excel ini akan membantumu.

Akhir Kata

Bagaimana, cara menghilangkan spasi di Excel ternyata sangat mudah bukan?

Sekarang kamu gak perlu lagi melakukan edit secara manual, tetapi cukup dengan dua rumus di atas, ekstra spasi yang ingin kamu hapus dapat kembali normal. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *