Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja

Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja

Dalam masa pandemi ini apapun pekerjaan dan kegiatan yang ingin dilakukan berubah menjadi online. Hal ini menjadi alasan besar mengapa aplikasi video meeting seperti Zoom menjadi sangat populer dan banyak dipakai. 

Segala kegiatan menggunakan Zoom, belajar, meeting, les, bekerja, dan lain-lain. Tidak jarang orang mulai merasa bosan akibat hal ini dan mencari cara untuk menghibur atau sekadar iseng belaka. Salah satu kegiatan yang cukup viral dilakukan oleh orang-orang di zoom adalah prank menghilang di zoom seperti ninja.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menghilang di Zoom seperti ninja. Kebosanan memang terkadang mendorong orang menjadi lebih kreatif. Prank ini sering dilakukan oleh pekerja atau mahasiswa saat sedang bergabung dalam Zoom meeting. 

Jadi biasanya saat Zoom meeting, seseorang akan melakukan gerakan ninja seperti dalam serial anime populer Naruto dan tiba-tiba menghilang menjadi asap. Beberapa orang sontak terkejut atau bahkan merasa terhibur. Hal ini yang mendorong banyak orang untuk mencoba membuat prank ini. Caranya untuk membuatnya juga tidak sulit, cukup pastikan kamu memiliki aplikasi video editor dan aplikasi Zoom.

Makin penasaran nih bagaimana sih cara menghilang di Zoom seperti ninja? Kalau begitu langsung saja kita simak caranya, agar di meeting Zoom selanjutnya kamu bisa segera menghilang dan mengejutkan teman-teman atau rekan kerjamu!

Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja

Tidak perlu khawatir, cara menghilang di Zoom ini sama sekali tidak berhubungan dengan ilmu hitam atau jurus ninja seperti di Naruto. Agar kamu bisa menghilang di Zoom kamu cukup menggunakan teknologi dan beberapa trik lainnya.

Ada banyak prank lain yang bisa dilakukan di Zoom, tetapi prank satu ini menjadi populer karena banyaknya orang yang melakukannya dan semua orang ingin menjadi seperti ninja. 

Untuk memberikan efek hilang, kamu bisa menggunakan efek asap seperti yang akan ditunjukkan dalam tutorial kali ini atau dengan efek lainnya seperti api, air, menjadi kayu, dan lain-lainnya.

Intinya gunakanlah kreativitasmu untuk mendapatkan hasil yang sesuai kamu inginkan.

Bagi kamu yang sudah ketakutan tidak bisa mengedit video prank ini tidak perlu khawatir karena untuk mengedit video ini tidak sulit.

Kami juga akan memberikan langkah-langkah edit untuk cara menghilang di Zoom seperti ninja agar hasil yang kamu dapatkan maksimal dan semaksimal mungkin akan mengejutkan rekan-rekan kamu.

Kami juga akan memberikan langkah-langkah untuk memasukan hasil video yang sudah kamu edit ke dalam Zoom dan bagaimana supaya video tersebut muncul saat meeting.

Jadi jangan khawatir, dengan mengikuti langkah-langkah ini kamu pasti bisa memberikan hasil yang maksimal untuk prank ini.

1. Menggunakan Filmora

Cara hilang di Zoom seperti ninja yang kami sampaikan kali ini hanya bisa dilakukan menggunakan komputer atau laptop. Bagi kamu yang ingin mengedit video menggunakan handphone juga bisa.

Tetapi pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan cara menghilang di Zoom seperti ninja melalui laptop atau komputer.

Oleh karena itu sebelum memulai mengikuti tutorial ini, sebelumnya kamu memerlukan aplikasi video editor.

Dalam tutorial kami menggunakan video editor Filmora yang dapat diunduh secara gratis. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Siapkan beberapa video ini terlebih dahulu. Nantinya video-video ini akan digabungkan dalam aplikasi video editing.
    Buat video gerakan tangan jurus ninja sesukamu, background putih, dan efek asap dengan
    green screen. Video efek asap bisa kamu dapatkan di Youtube. Green screen ini tujuannya agar mempermudah mengedit serta menghapus background.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 17
  2. Setelah semua video ini siap, buka aplikasi video editing kamu.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 18
  3. Memasukkan video-video tadi dengan cara klik kanan mouse dan tarik video ke dalam aplikasi dan letakan video sesuai posisi ini.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 19
  4. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuat green screen menjadi transparan dengan cara klik 2x video efek asap dan klik tulisan efek. Setelah itu cetak tulisan “make this background transparent”. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 20
  5. Selanjutnya kamu tinggal memperbaiki posisi tiap-tiap video untuk memperhalus transisi kamu saat menghilang. 
  6. Setelah puas dengan hasil video tersebut, klik eksport dan klik create video. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 21
  7. Perlu diperhatikan kalau saat ini Zoom belum bisa menerima video dengan kualitas yang terlalu tinggi. Jadi pastikan kamu mengunduh video yang kamu buat dengan kualitas HD atau 1280.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 22
  8. Selanjutnya buka aplikasi Zoom di laptop kamu dan klik tombol setting.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 23
  9. Klik menu virtual background dan klik tanda tambah. Selanjutnya kamu tinggal memencet menambah video atau “add video” untuk memasukan video yang sudah kamu edit.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 24
  10. Cara menghilang di Zoom seperti ninja selesai! Video tersebut secara otomatis akan muncul di Zoom meeting kamu. Tinggal kamu setel saja sesuai waktu yang kamu mau. 

2. Menggunakan OBSProject (Tanpa Edit)

Bagi kamu yang tidak pandai mengedit video atau yang ingin melakukan prank ini secara live bisa banget untuk menggunakan cara yang satu ini.

Namun, untuk melakukan hal ini, kamu perlu menggunakan komputer atau laptop karena akan menggunakan sofware OBS.

Jadi pastikan kamu terlebih dahulu sudah mengunduh dan install OBS yang bisa langsung kamu unduh di link ini https://obsproject.com/download.

  1. Kumpulkan dulu footage yang diperlukan, greescreen asap, screeshot background Zoom, dan webcam liveCara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 25
  2. Buka OBS lalu pada scene 1 tambahkan video capture device, kemudian atur ukuran dari capture device yang muncul dan lock scene tersebut. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 26
  3. Tambahkan scene 2 dan tambahkan green screen efek asap yang berisi foto background tempat kamu meeting, lalu lock scene tersebut. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 27
  4. Hilangkan background hijau video asap dengan cara klik filter, lalu pilih Chroma Key. Selanjutnya Lock scene asap tersebut.Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 28
  5. Klik contol dan klik studio mode dan buat transisi menjadi fade dan percepat waktunya untuk memperhalus transisi saat kamu menghilang. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 29
  6. Klik settings tap Hotkeys, kemudian pada Scene 1 atur switch to Scene nya menjadi angka 1. Lalu atur pula pada Scene 2 switch to Scene nya menjadi angka 2. Pengaturan hotkeys pada switch to scene ini bermanfaat untuk melakukan perpindahan scene dengan menekan tombol pada keyboard. Klik menu Tools yang ada di bagian atas, tap Virtual Cam dan tekan
  7. Buka Zoom dan klik tanda panah kecil di start video dan pilih OBS Camera. Cara Menghilang Di Zoom Seperti Ninja 30
  8. Setelah melakukan gerakan ninja, maka kamu bisa tekan tombol 2 pada keyboard. Dengan begitu maka asap akan muncul dan Anda akan menghilang. Agar kamu bisa kembali muncul di meeting Zoom tekan tombol 1.
  9. Selesai! Kamu berhasil melakukan cara menghilang di zoom seperti ninja.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah kalian semua sudah siap untuk mengeluarkan jurus ninja kalian untuk menghilang di meeting Zoom selanjutnya?

Semoga tutorial cara menghilang di Zoom seperti ninja ini bermanfaat untuk para pembaca dan selamat mencoba, semoga sukses!

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.