3 Cara Menghapus PIN di Windows 11 secara Lengkap

Cara Menghapus PIN di Windows 11

Memproteksi komputer atau laptop merupakan sebuah langkah prioritas dalam melindungi perangkat dari jangkauan orang asing.

Windows telah membekali sistem operasinya dengan segudang fasilitas keamanan tingkat tinggi. Salah satu fitur yang bisa kalian aktifkan maupun nonaktifkan adalah PIN  login Windows saat ketika booting ke dalam desktop.

Namun dengan mengaktifkan PIN sebagai akses login, sedangkan kalian hanyalah user tunggal pengguna perangkat komputer atau laptop tersebut, sepertinya cara menghapus PIN di Windows 11 kali ini bisa kamu jadikan opsi.

Mengapa? Terkadang kita membutuhkan respon cepat saat menggunakan komputer atau laptop, ketika diminta memasukkan PIN lalu kalian lakukan berulang kali, rasanya terdengar sangat kurang praktis.

Untuk menghemat waktu dan efisien kerja, coba kamu ikuti penjelasan cara menghapus PIN di Windows 11 berikut ini. Siapa tahu kalian tidak begitu membutuhkan keamanan privasi yang ekstra.

Cara untuk Menghapus PIN di Windows 11

Sebelum kalian menonaktifkan fungsi keamanan satu ini, pertam pastikan sudah melalui beberapa pertimbangan apa lagi konsekuensi terhadap privasi perangkat milikmu.

Fungsi proteksi PIN adalah untuk menjaga komputer dari jangkauan orang asing selain pemilik utama. Tips cara menghapus PIN di Windows 11 cocok bagi kalian pemilik tunggal perangkat tersebut.

Misalnya penggunaan komputer atau laptop hanya dalam lingkup rumah atau tempat privasi oleh kalian sendiri. Bisa dimatikan karena kecil kemungkinan orang lain menjangkau komputer kita.

Kecuali jika kamu berada di lingkup kantor, dimana sekeliling kalian adalah meja rekan kerja…maka tips menghapus PIN berikut bukan solusi yang tepat buat kalian lakukan.

Jadi hal utama yang jadi pertimbangan besar adalah keamanan komputer, jika dipastikan semuanya tidak ada masalah, maka kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini.

Cara 1 : Melalui Program Netplwiz

Yang akan kita butuhkan pada cara pertama ini adalah program User Accounts. Untuk membukanya bisa melalui pencarian netplwiz…tetapi sebelumnya, kalian harus tau kombinasi PIN perangkat, karena sistem akan meminta verifikasi ubahan dari privasi.

  1. Pencet tombol Windows + R.
  2. Setelah muncul silahkan kamu ketikkan “netplwiz“.1 Ketikkan Netplwiz - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  3. Kemudian klik OK.
  4. Kalau sudah muncul jendela User Accounts, pilih dulu User yang muncul di kotak tersedia.2 Masuk Ke User - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  5. Lalu matikan centang User must enter a username and password to use this computer.3 Pilih User Dan Apply - Cara Menghapus PIN di Windows 112 Matikan User Must Enter - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  6. Bila kamu diminta untuk memasukkan PIN, silahkan konfirmasi PINnya.4 Ketikkan Password PC - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  7. Terakhir klik saja OK.

Baca Juga :

Mau main game Android tanpa emulator di komputer ? Begini panduan installasi APK di Windows 11 tanpa emulator.

Cara 2 : Melalui Windows Hello

Windows 11 telah banyak melakukan update terhadap fitur-fiturnya, termasuk yang mereka tingkatkan seperti Windows Hello. Dari beberapa fungsi lainnya, satu keunggulan Windows Hello berikut, kita bisa mendapatkan fasilitas sign in otomatis.

Kalau kalian mengaktifkan fitur satu ini, maka sistem proteksi akan mencakup autentikasi pengenalan wajah, sidik jari, dan juga PIN. Kalau kalian ingin mematikan login otomatis, maka kita harus menghapus sistem konfigurasi ini dari pengaturan Windows 11.

  1. Pertama silahkan ketuk tombol Start.
  2. Kemudian kamu pilih menu Settings.3 Cara Menghapus PIN di Windows 11 secara Lengkap 3
  3. Kalau sudah terbuka, arahkan ke sub menu Accounts.13 Masuk Ke Account - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  4. Scroll ke bawah sampai ke bagian Additional Settings. Disini lihat untuk bagian For improved security, only allow Windows Hello sign-in for Microsoft accounts on this device berada di posisi Off.14 Matikan Fitur Hello Windows - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  5. Lalu atur juga bagian If you’re been away, when should Windows require you to sign in again? Menjadi Never.
  6. Scroll ke bawah lagi dan temukan PIN Windows, tekan untuk membuka pengaturannya. Lalu kamu bisa pilih Remove.15 Ketuk Tombol Remove - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  7. Masukkan kode password atau PIN untuk memverifikasi ubahan guna memastikan kamu adalah user utama yang sedang mengubah konfigurasi ini.16 Masukkan Password Pin - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  8. Kalau sudah tinggal kalian restart komputer atau laptopnya.

Cara 3 : Melalui Menu Settings

Terakhir cara menghapus PIN di Windows 11 bisa gunakan menu Settings lagi. Cari bagian Sign-in Options, setelah itu konfirmasi password lama dan masukkan password PIN baru.

Untuk PIN baru ini cukup kamu kosongkan saja, selengkapnya ada dibawah ini :

  1. Buka Start.
  2. Pencet tombol Settings.3 Cara Menghapus PIN di Windows 11 secara Lengkap 4
  3. Kemudian arahkan ke menu tab Account.13 Masuk Ke Account - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  4. Scroll kebawah lalu klik tombol Sign-in Options.
  5. Setelah itu pencet bagian Password.6 Buka Menu Password - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  6. Pencet tombol Change pada tulisan You’re all setup.7 Pencet Tombol Change - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  7. Masukkan password saat ini. dan tap Next.8 Masukkan Password Ini - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  8. Masukkan password baru, karena kita ingin menghilangkannya maka kosongkan saja semua kolom kotak disini. Dan tap Next.9 Masukkan Password Kosong Baru - Cara Menghapus PIN di Windows 11
  9. Terakhir pencet Finish.

Baca Juga :

Mau kirim-kirim emoji di Windows 11 ? Gunakan tutorial menambahkan emoji di Windows 11 secara lengkap.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan cara menghapus PIN di Windows 11. Ikuti langkah-langkah diatas untuk mematikan sistem keamanan pada komputer kalian. Terakhir pastikan semua pertimbangan privasi sudah kalian pikirkan, dan semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar