Cara Menghapus MSA Di Xiaomi

Cara menghapus msa di Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone asal Tiongkok yang populer di berbagai negara lainnya salah satunya di Indonesia.

Pada tahun 2019 brand yang satu ini telah mengumumkan kehadiran iklan atau ads ke antarmuka MIUI yang digunakan di gawai produksinya. Kehadiran iklan bagi sebagian pengguna cukup mengganggu yang sebenarnya bisa dihapus.

Hal ini dilakukan oleh perusahaan Xiaomi untuk mendapatkan keuntungan lebih, salah satu caranya adalah lewat iklan.

Bagi pengguna handphone Xiaomi, hal ini bisa dikatakan cukup mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menghentikan iklan salah satunya adalah dengan menghapus MSA.

Nah, lewat artikel kali ini kami akan memberitahu bagaimana cara menghapus MSA di Xiaomi.

Produk HP Xiaomi dan Redmi memang cukup terkenal karena dapat memberikan harga yang lebih murah dibandingkan brand lainnya.

Xiaomi, sebagai perusahaan, hanya mendapatkan margin yang sedikit dari setiap penjualan produk ponselnya. Keuntungan pun didapatkan dengan cara lain, yakni dengan menghadirkan iklan di MIUI.

Tentu saja, kehadiran iklan di handphone Xiaomi ini mengganggu kenyamanan penggunaan. Betapa tidak, tiap menggunakan berbagai layanan atau aplikasi yang dibawa MIUI, selalu muncul iklan. Tentu hal ini tidaklah menyenangkan.

Apakah kamu juga termasuk sebagai salah satu pengguna handphone Xiaomi atau Redmi yang merasa terganggu dengan kehadiran iklan ini?

Kalau jawabannya iya, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna handphone Xiaomi dan Redmi yang merasa cukup terganggu dengan kehadiran iklan tersebut. Ditambah lagi iklan yang dihadirkan dalam handphone Xiaomi ini jumlahnya cukup banyak. 

Kabar baiknya, seperti yang sudah disebutkan di atas ada cara yang dapat pengguna lakukan untuk menghentikan iklan tersebut. Mari kita simak berikut ini bagaimana cara menghapus MSA di Xiaomi.

Apa Itu MSA?

MSA merupakan pusat kendali dari iklan di aplikasi bawaan Xiaomi. MSA berasal dari kata MIUI System Ads.

Aplikasi ini digunakan untuk menganalisa dan mengoleksi data tentang penggunaan handphone Xiaomi yang berguna untuk menyeleksi program marketing yang cocok untuk masing-masing pengguna handphone.

Hal ini mirip dengan user generated content, dimana iklan yang ditampilkan pada handphone Xiaomi milik kamu akan disesuaikan dengan hal-hal yang kamu search. Misalnya kamu sedang mencari-cari tour untuk jalan-jalan ke luar negeri, iklan yang ditampilkan akan banyak memunculkan tour yang sesuai dengan apa yang kamu search.

Mungkin banyak orang yang tidak pernah mendengar soal MSA yang berada dalam handphone Xiaomi.

Hal ini memang karena MSA merupakan aplikasi bawaan yang berada dalam handphone Xiaomi dan tidak dapat digunakan secara langsung oleh pengguna. Oleh karena itu, tidak sedikit yang tidak mengetahui kehadiran aplikasi yang satu ini. 

Nah, karena MSA merupakan dalang dibalik munculnya iklan pada handphone Xiaomi yang kamu miliki. Maka dengan menonaktifkan atau menghapus aplikasi ini, maka kamu akan segera terbebas dari segala iklan yang muncul.

Cara menghapus MSA di Xiaomi juga tidak sulit untuk dilakukan, kamu bisa melakukan hal ini dengan cepat dalam hitungan menit saja. Untuk mengetahui langkah-langkah. Kamu bisa simak panduannya di bawah ini.

Cara Menghapus MSA Di Xiaomi

Untuk menghapus MSA kamu perlu membuka pengaturan dan kemudian akan muncul tanda untuk menghentikan paksa aplikasi ini. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Buka pengaturan handphone milik kamu.
  2. Selanjutnya buka “Additional settings” atau “Pengaturan lainnya” dan klik tombol tersebut.Cara Menghapus MSA Di Xiaomi 13
  3. Langkah selanjutnya adalah cari dan buka menu “Otorisasi & pencabutan“.Cara Menghapus MSA Di Xiaomi 14
  4. Sehabis itu cari aplikasi MSA dan tekan tombol disamping untuk mengnonaktifkan fungsi tersebut.Cara Menghapus MSA Di Xiaomi 15
  5. Setelah selesai, kamu sudah berhasil menghapus MSA dari handphone milikmu. Setelah itu, iklan-iklan tidak akan muncul lagi.

Akhir Kata

Jadi begitulah cara menghapus MSA di Xiaomi. Bagaimana menurut kalian semua? Tidak sulit untuk dilakukan bukan? Dan langkah-langkah yang perlu dilakukan juga tidak memusingkan.

Perlu diperhatikan jika iklan masih muncul di handphone milikmu, kamu bisa mencoba berbagai cara lainnya untuk menghentikan iklan di handphone Xiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan selamat mencoba masing-masing.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.